Events

No events

Latest News

Kuliah Umum dari Makoto Nakano

Kuliah Umum dari Makoto Nakano

Kuliah Tamu Bersama Makoto Nakano (Kanan), didampingi oleh Ketua Program Studi Hubungan Internasion...

Kuliah Tamu bersama Wamenlu-RI Bapak AM Fachir

Kuliah Tamu bersama Wamenlu-RI Bapak AM Fachir

Program Studi Hubungan Internasional melalui matakuliah Negosiasi dan Resolusi Konflik menyelenggar...

Short Diplomatic Course

Short Diplomatic Course

Program Studi Hubungan Internasional menyelenggarakan Short Diplomatic Course yang merupakan program...

Kegiatan Role Play Sistem Politik Indonesia

Kegiatan Role Play Sistem Politik Indonesia

Kegiatan Role Play untuk pembelajaran partai politik dan pemilu dimana mahasiswa dibagi menjadi 9 p...

TENTANG PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL

 
Studi Hubungan Internasional (HI) adalah suatu studi dengan fokus mencakup dinamika hubungan antar aktor negara dan aktor non negara yang melewati batas-batas wilayah geografis dalam berbagai aspek yaitu politik, ekonomi, budaya, sejarah dan ideologi. Fenomena konflik dan perdamaian merupakan kajian utama mahasiswa HI. Kajian tersebut ipaparkan dalam bentuk teori, studi kasus dan diskusi. Format kelas kecil (30 siswa per-kelas) memungkinkan terciptanya iklim perkuliahan yang interaktif antara mahasiswa dengan para dosen.

Program Studi (Prodi) HI mengadakan serangkaian kunjungan studi ke berbagai lembaga asing yang ada di dalam dan luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan mereka dalam berdiplomasi serta menganalisa kawasan Asia Tenggara dan kawasan lain termasuk Amerika Serikat, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, serta Australia dan Pasifik. Untuk memahami peradaban dunia, penguasaan bahasa Inggris serta Bahasa Asing lain merupakan bagian dari kurikulum program studi HI.

Visi

Program Studi Hubungan Internasional menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang studi Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara di lingkup nasional, regional dan internasional pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat Strata 1 secara kreatif dan inovatif dibidang Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan maupun keterampilan dalam bidang Hubungan Internasional termasuk keterampilan berkarya,  kecakapan organisasi,  kemandirian jiwa, kematangan berfikir, kepekaan dan kritis dalam memahami dan menganalisa fenomena dan masalah internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasasan Asia Tenggara.
  3. Mengembangkan penelitian dalam bidang Hubungan Internasional yang didasarkan pada analisis kritis terhadap dinamika perkembangan nasional, regional dan internasional khususnya dalam Studi Diplomasi dan Kawasan Asia Tenggara sehingga mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan umat manusia.
  4. Melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran, kesiapan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi perkembangan isu internasional, khsususnya isu Diplomasi dan Asia Tenggara dalam lingkup nasional, regional dan internasional.
  5. Membangun jaringan kerjasama dalam bidang Hubungan Internasional dengan berbagai pihak ditingkat nasional, regional dan internasional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian serta pengabdian terhadap masyarakat.

Tujuan

Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi:
  1. Kompetensi tinggi di bidang studi Hubungan Internasional secara keilmuan maupun praktik, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara.
  2. Memiliki keterampilan berkarya, kecakapan berorganisasi, kemandirian jiwa, kematangan berpikir dan motivasi tinggi dalam Studi Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara sebagai modal individual dalam dunia kerja dan bermasyarakat.
Tatok Djoko SudiartoKetua Program Studi
tatok.sudiarto@paramadina.ac.id

KURIKULUM DAN METODE

 
Prodi HI menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang bersifat interdisipliner. Kajian Diplomasi dan Kajian Asia Tenggara yang menjadi konsentrasi utama di Prodi HI merupakan kunci penting bagi mahasiswa untuk  memahami posisi Indonesia di dunia Internasional. Mata kuliah bersifat dasar ditujukan untuk membangun budaya berpikir logis dan budaya ilmiah; mata kuliah keahlian dirancang agar mahasiswa mampu melakukan eksplorasi terhadap isu-isu global. Sementara itu, mata kuliah keahlian kawasan ditujukan untuk menuntun mahasiswa untuk memahami negara-negara di kawasan serta fenomena regionalisme; mata kuliah keahlian teori untuk memperkuat kerangka pemikiran para mahasiswa dalam memahami dan melakukan penelitian Hubungan Internasional. Selain itu, mata kuliah keahlian diplomasi dan negosiasi akan mengasah kemampuan para mahasiswa dalam berdiplomasi.

STAF PENGAJAR

Tatok D. SudiartoKetua Program Studi
Bidang Riset: Ekonomi Politik, Kebencanaan tatok.sudiarto@paramadina.ac.id http://tatok.blogger.com
Emil RadiansyahDosen
Bidang Riset: Asia Tenggara emil.radiansyah@paramadina.ac.id http://emil.blogger.com
Asriana Issa SofiaDosen
Bidang Riset: Asia Tenggara asriana@paramadina.ac.id http://asriana.blogger.com
Anies BaswedanDosen
anies.baswedan@paramadina.ac.id
Djayadi HananDosen
djayadi.hanan@paramadina.ac.id
Rizki DamayantiDosen
Bidang Riset: Eropa rizki.damayanti@paramadina.ac.id http://tatok.blogger.com
Very AzizDosen
Bidang Riset: Asia Tenggara very.aziz@paramadina.ac.id http://asriana.blogger.com
Shiskha PrabawaningtyasDosen
Bidang Riset: Asia Tenggara shiskha@paramadina.ac.id http://shiskha.blogger.com
Bima Arya SugiartoDosen
bima.arya@paramadina.ac.id

Ambar Retnosih WidyantiniDosen
ambar@paramadina.ac.id
Muhammad Zein LatuconsinaDosen
muhammad.zein@paramadina.ac.id
Anggita Putri IndiralaksmiDosen
anggita@paramadina.ac.id

KEMANA SETELAH LULUS?

 
.

Berikut profesi yang bisa kamu ambil setelah menyelesaikan studi: 
- Diplomat
- Jurnalis
- NGO
- International Officer
- Peneliti
- Akademisi
- Konsultan foreign affair

TESTIMONI ALUMNI

Sahid PriambodoIndividual Needs Support Teacher at British International School (Alumni Hubungan Internasional)
Universitas Paramadina menyediakan begitu banyak kesempatan emas agar mahasiswa mengembangkan diri dan memperluas jaringan. Kampus Paramadina yang modern, model perkuliahan yang up to date serta pengajar yang open minded membuat kuliah menjadi nyaman. Menjadi bagian komunitas ini sangat membantu dalam menentukan posisi tawar saya di dunia pekerjaan saya.
Mariska EstelitaBusiness ethics officer – Indonesia Business Links Co-Founder 24Kaca (alumni Hubungan Internasional)
Kuliah di Paramadina adalah salah satu keputusan terbaik dalam hidup. Kampus ini telah memberikan berbagai ilmu, pengalaman, relasi, dan keluarga baru, juga memberikan kebebasan dalam berpikir maupun mengembangkan diri. Banyak kesempatan berharga saya di sini. Kampus yang “small but giant” ini memiliki atmosfer kekeluargaan yang baik antara mahasiswa, dosen dan para staff. Paramadina akan selalu menjadi rumah kedua yang dirindukan.
M. Fajar AnandiAnalis Pendanaan Luar Negeri - Kementerian PPN / Bappenas (Alumni Prodi Hubungan Internasional)
"Paramadina menjadi tempat yang tepat bagi pengembangan diri dari segala lini. Kami dididik untuk berkembang dalam bidang akademis dan juga non-akademis. Nuansa kekeluargaan yang kental membuat Paramadina menjadi rumah kedua bagi saya. Sebagai tempat menuntut ilmu, Paramadina benar-benar menjadi tempat yang tepat bagi persemaian manusia baru".
Sherly Annavita Aktris | Finalis I Am President (Program Studi Hubungan Internasional)
Kalo pun waktu bisa diulang, saya tetap akan pilih Paramadina sebagai kampus untuk menyelesaikan jenjang Sarjana. Kuliah di Paramadina benar-benar unforgettable experience, kampus kecil yang bisa membuat kita besar! Bertemu, berinteraksi dan membangun networks dengan orang-orang hebat membuat saya semakin bangga menjadi alumninya

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed