Magister Manajemen

MAGISTER MANAJEMEN

Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Paramadina adalah program studi di bawah Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Paramadina yang disusun untuk menciptakan lulusan yang profesional, berwawasan global dan memiliki kemampuan kreatif. Program MM FEB Universitas Paramadina terus berupaya meningkatkan kualitas pengajaran yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan industri. Kehadiran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah di depan mata, memerlukan kesiapan disemua lini, mulai dari sektor ekonomi, tenaga kerja, hingga dunia pendidikan, harus siap terhadap perubahan yang akan terjadi di masa depan. Menyadari hal tersebut, Program MM Universitas Paramadina terus berbenah guna menghasilkan mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, kreatif dan beretika, sesuai dengan perkembangan dunia bisnis dan industri, tidak hanya secara lokal, tetapi juga regional dan internasional.

Prof. Dr. Ahmad Azmy, MM, CHRM.

Ketua Program Studi MM

Visi

Melaksanakan pendidikan tinggi di bidang manajemen dan bisnis dengan konsep keberlanjutan untuk menghasilkan pemimpin dengan nilai integritas, profesionalisme, empati, dan memiliki kearifan lokal di Asia Tenggara melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian Masyarakat

Misi
  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran manajemen dan bisnis yang menguatkan pembelajaran aplikatif dan adaptif.
    Menghasilkan penelitian yang berbasis pada peran kepemimpinan, etika, integritas, ke-lslaman, dan kemitraan, yang didiseminasi baik secara nasional maupun internasional yang memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis.
    Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat pada bidang manajemen dan bisnis berdasarkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan pembelajaran manajemen dan bisnis berbasis kepemimpinan, etika, integritas, ke-lslaman dan kemitraan
Tujuan
  1. Mewujudkan tata kelola organisasi yang berorientasi pada transparansi, akuntabilitas, kredibilitas, bertanggung jawab dan adil.
    • Membangun budaya kerja yang profesional dan beretika.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemimpin bisnis yang memiliki integritas profesionalisme, empati, dan kearifan lokal. Sasaran tujuan ini adalah:
    • Mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai integritas, profesionalisme, empati, dan kearifan lokal.
    • Meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajar.
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang profesional.
    • Meningkatkan kualitas dosen, dengan mendorong studi lanjut maupun mengikutkan ke berbagai sertifikasi profesi yang terkait dengan bidang keilmuannya.
    • Meningkatkan kualitas tenaga kependidikan untuk mendorong kinerja program studi Magister Manajemen.
  4. Menguatkan kualitas hasil pembelajaran. Sasaran tujuan ini adalah:
    • Menguatkan perencanaan pembelajaran.
    • Menguatkan proses pembelajaran.
  5. Menghasilkan penelitian dalam bidang Manajemen dan Bisnis dengan basis kepemimpinan, etika, kewirausahaan, ke-Islaman dan kemitraan pada skala Asia Tenggara. Sasaran tujuan ini adalah:
    • Meningkatkan jumlah penelitian yang berkualitas di bidang Manajemen dan Bisnis dengan basis kepemimpinan, etika, kewirausahaan, ke-Islaman dan kemitraan.
  6. Menguatkan darma bakti dalam bidang manajemen dan bisnis untuk kepentingan masyarakat.
    • Meningkatkan kualitas dan kuantitas program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di bidang manajemen dan bisnis.
  7. Menguatkan reputasi organisasi dengan berbasis standar nasional dan internasional.
    • Meningkatkan akreditasi nasional dari baik sekali menjadi unggul.
    • Membuat program kerja untuk mendapatkan akreditasi internasional bagi Program Studi Magister Manajemen.

Kurikulum dan Metode

Program Magister Manajemen (MM) Universitas Paramadina sangat memahami perkembangan bisnis dan keuangan global terkini, desain program MM disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjawab tantangan dan peluang bisnis dan keuangan yang berkembang. Prodi MM menawarkan empat peminatan dan konsentrasi, antara lain: Strategic Business and Finance, Islamic Finance, Marketing Management, Human Resource Management. Saat ini keempat konsentrasi tersebut, tengah menjadi trend perkembangan bisnis dan keuangan dunia. Program ini tidak saja memberikan kesempatan mahasiswa mempelajari state of the art knowledge, tetapi juga membangun jaringan dengan para tokoh bisnis dan institusi yang mereka kelola. Kurikulum dalam Program Studi MM FEB Universitas Paramadina memiliki tiga kompetensi yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama terkait dengan aspek pengetahuan utama terkait dengan fungsi manajemen dengan didukung oleh empat konsentrasi, yaitu bidang: Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia dan Bisnis dan Keuangan Islam.

Kurikulum Islamic and Business Finance
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Manajemen Bisnis dan Keuangan Islam*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Manajemen Investasi Islam*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Manajemen Risiko Perbankan dan Keuangan Islam*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

 

Kurikulum Strategic Marketing
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Pemasaran Global*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Perilaku Konsumen*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Strategi Branding*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

 

Kurikulum Strategic Finance
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Kasus dan Riset Keuangan*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Manajemen Investasi*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Strategi Keuangan*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

 

Kurikulum Human Capital
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Manajemen SDM Internasional*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Manajemen SDM Strategik*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          
Kurikulum Sustainability Strategic Management
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Keberlanjutan Bisnis*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Keberlanjutan Organisasi*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Pengelolaan Sumber Daya Berkelanjutan*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

STAFF PENGAJAR

Dr. Iyus Wiadi, MPA, CMA.

Dosen
[email protected]

Bidang keilmuan yang diampu dan dikembangkan adalah manajemen pemasaran. Sejak tahun 1997 menjadi dosen tetap dan Kaprodi manajemen sampai (1997- 2002) universitas Paramadina. Pengalaman mengajar : Universitas Katholik Atmajaya (S2), Universitas Widyatama (S2), Universitas Parahyangan (S2), Universitas Pelita Harapan (S2) Universitas Maranatha (S2), Universitas Padjadjaran (S2). Pengalaman penelitian pada bidanng manajemen pemasaran, kewirausahaan dan kemitraan.

1989 – Bachelor Degree of Economics/ Major Management (SE),Faculty of Marketing and Operation (FMO),Institute Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Bandung, Indonesia.
1997-Master Degree of Public Adnministrations (MPA),Faculty Economics and Applied Economics University of Antwerp (UA), Antwerp, Belgium
2006- Doctorate Degree of Economics/Marketing Manajemen (Dr), Faculty Economins and Business (FEB),Padjadjaran University (UNPAD), Bandung, Indonesia

Marketing Communication (IMC)
Marketing Management
Strategic Management
Entrepreneurship

Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=i1_xIqkAAAAJ
Profil SINTA: –
ORCHID ID: 0000-0002-0723-3363
SCOPUS ID: 57452102800

Dr. Handi Risza, SE., M.Ec

Dosen
[email protected]

Setelah menyelesaikan Program Doktor pada bidang ekonomi dan keuangan Islam pada tahun 2012. Handi mulai aktif mengajar di Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Universitas Paramadina. Handi juga pernah mengikuti short course Public Finance, di Victoria University New Zealand pada tahun 2015; Social Ecological Market Economy (SEME) yang diselenggarakan oleh Kondrad Adeneur Stiftung (KAS) Jerman pada tahun 2016; Executive Program Suistainable Economy (EPSP) yang diselenggarakan oleh Ford Foundation dan Universitas Paramadina pada tahun 2018. Handi banyak mengampu mata kuliah bidang Ekonomi Makro, Keuangan Publik, Ekonomi dan Keuangan Islam. Handi juga banyak melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi yang terkait dengan bidang Kebijakan dan Keuangan Publik, Ekonomi dan Keuangan Islam serta tema tentang Dana Sosial Keagamaan Islam (zakat dan wakaf) dan kemitraan. Selain mengajar Pembicara juga aktif menulis buku, jurnal dan tulisan di media massa nasional. Saat ini diamanahi sebagai Wakil Rektor Universitas Paramadina, Jakarta.

2001: Bachelor Degree (SE), Economy Development, Faculty of Economics, University of Andalas, Padang, Indonesia.
2005: Magister Degree (M.Ec), Economics Program, Kulliyah of Economics and Management Science, International Islamic University of Malaysia (IIUM), Malaysia
2012: Doctor of Philosophy (PhD), Islamic Economics, School of Postgraduate, Islamic State University, Jakarta, Indonesia

Non-Degre (Courses)
2015 : Public Finance Course, Victoria University New Zealand 
2018 : Executive Program for Sustainability Development Ford Foundation 
2019 : Social Ecology Market Economy Konrad Adenauer Stiftung, Germany 
2020 : Islamic Finance Course, Malaysia

Islamic Economics, Islamic Business and Finance, Islamic Marketing
Macroeconomics
Economics Development
Public Finance
Sustainability and Partnership.

Link / ID
Google schoolars
https://scholar.google.com/citations?user=247jWSAAAAAJ&hl=id
Scopus
Scopus ID: 57810344500
Orcid
ID Orcid : 0000-0001-8222-7177
Sinta
ID Sinta : 6001633

Dr. Dra. Prima Naomi, M.T.

Dosen
[email protected]

Sejak 2006 menjadi dosen tetap di Universitas Paramadina, dan pernah menjabat sebagai Pejabat Rektor, Wakil Rektor bidang Pengelolaan Sumber Daya, Direktur Akademik dan Ketua Program Studi Manajemen. Selain mengajar, juga aktif menjadi tenaga ahli dan konsultan pada beberapa instansi pemeritah seperti Kementerian Perindustrian, Pemerintah Provinsi DKI, Komisi Pemberantasan Korupsi, serta beberapa perusahaan swasta. Beberapa kali menjadi ketua tim projek penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemenristek Dikti, KPK, dan Ford Foudation, serta tim peneliti OJK. Menjadi narasumber dan traner, serta menulis pada book-chapter, artikel jurnal, maupun conference proceeding terkait topik Manajemen Keuangan, Manajemen Industri, Good Governance, Kemitraan, dan UMKM.

Gelar Doktor dibidang Manajemen Keuangan diperoleh dari Universitas Indonesia (2016), Magister Teknik bidang Teknik dan Manajemen Industri didapatkan dari Institut Teknologi Bandung (1995) dan Dra Ekonomi dari Universitas Airlangga (1992).

Mengikuti Research Skill Program in Business and Economics pada The University of Queensland, Brisbane, Australia (2013).

Manajemen Keuangan terutama pada topik-topik keuangan perusahaan, keuangan berkelanjutan, keuangan perilaku.
UMKM

Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=cLqv1GYAAAAJ&hl=en
Profil SINTA:
https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/5982383
SCOPUS ID: 57188710827
ORCHID ID : 0000-0003-1131-2694

Prof. Dr. Iin Mayasari, SIP, SPd, MM, MSi

Dosen
[email protected]

Bergabung sebagai dosen di Universitas Paramadina sejak 2001 dan aktif sebagai Guru Besar Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Paramadina. Lulusan S1 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada dan S1 dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Bahasa Inggris, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Melanjutkan studi di Program Magister Manajemen dan Magister Sains di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada dan Program Doktor di Ilmu Manajemen, Universitas Gadjah Mada. Selain aktif mengajar, juga menjadi reviewer di Asia Pacific Journal of Marketing and Logistic (Scopus Q1 Emerald) dan Journal of Global Fashion Marketing (Scopus Q1 Taylor & Francis). Saat ini menjadi Ketua Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Buku-buku yang sudah diterbitkan adalah Manajemen dan Pemasaran, Perilaku Hedonis, Branding, Konsep Branding dan Pengukuran, Manajemen dan Pemasaran: Konsep Teori dan Praktis, Maju Bareng Berdaya Bareng, Trend dalam Perilaku Konsumen, Dampak Covid 19 pada Organsisasi, Integritas: Konsep dan Pengukuran. Memiliki minat untuk penelitian dan pengjaran di bidang perilaku konsumen dan branding.

1997: Bachelor Degree (SPd.), International Relationship, Faculty of Social and Political Science, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

1999: Bachelor Degree (SPd.), English Language Program, Language Faculty, University of Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia.

2001: Magister Degree (MM), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia

2001: Master Degree (MSi), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia.

2007: Doctor of Philosophy (PhD), Management Program in Marketing, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

Branding
Marketing
Consumer Behavior
Business Sustainability
Partnership/Engagement

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=5jKf5AQAAAAJ&hl=en
Profil SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6001447
ORCHID ID: 0000-0002-9196-4467
SCOPUS ID: 57223117659
https://orcid.org/0000-0002-9196-4467

Dr. Nicko Albart, MM, MBA

Dosen
[email protected]

Pendidikan Sarjana ditempuh di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya pada tahun 2002, kemudian menyelesaikan pendidikan Program Magister Manajemen di Magister Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang pada tahun 2005. Penulis mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan sekolah di Perancis pada tahun 2008 sampai tahun 2009 di Ecole Nationale Superier des Mines de Paris, lalu pada tahun 2014 meraih gelar Master of Business Administration di Hamburg School of Business Administration, Jerman. Gelar Doktor Manajemen Bisnis diperoleh pada tahun 2020 pada program Doktor Manajemen Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB). Disertasi Penulis menghasilkan kebaruan berupa perilaku struktur modal perusahaan non keuangan di Indonesia dengan menggunakan kontrol berupa pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional.
Awal karir penulis dimulai pada awal tahun 1995 dan hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun di PT Bukit Asam Tbk. Berpengalaman diberbagai bidang mulai dari perencanaan korporat dan strategi, membangun portofolio bisnis, investasi, hubungan investor dan manajemen portofolio. Selain itu penulis juga dipercaya sebagai Dewan Pengawas Dana Pensiun Bukit Asam.
Sedangkan sebagai akademisi penulis sejak tahun 2018 berprofesi sebagai dosen di Univesitas Paramadina dan mengampu mata kuliah manajemen keuangan, manajemen investasi dan manajemen stratejik.

2005: Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya

2009: Master of Engineering, Economics Mining, Ecoles des Mines de Paris, France.

2014: Master of Business Administration, Hamburg School of Business Administration, Germany.

2020: Doktor Manajemen dan Bisnis, Keuangan dan Investasi, Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor.

Capital Structure
Capital budgeting
Cost Accounting
Accounting and Finance
Financial Market
Corporate Finance

Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=yxJW4goAAAAJ
Profil SINTA: 6876605
ORCHID ID: https://orcid.org/0009-0008-6191-6502
SCOPUS ID: 59228710300

Prof. Dr. Ahmad Azmy, MBA

Dosen
[email protected]

Memulai karir sebagai dosen pada tahun 2012 sebagai Asisten Dosen di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rekam jejak dalam bidang pengajaran sudah lebih dari 10 tahun dan mengajar pada berbagai institusi negeri dan swasta meliputi Universitas Bina Nusantara, ESQ Business School, dan beberapa lembaga lainnya. Beberapa reputasi struktural kampus yaitu Dekan School of Management & Leadership, Tanri Abeng University (2017-2020), Ketua Tim Akreditasi Tanri Abeng University (2018), dan posisi strategis lainnya. Saat ini memiliki posisi sebagai Ketua Program Studi Magister Manajemen, Universitas Paramadina (2023-sekarang). Karir tertinggi dalam dunia akademik adalah Guru Besar Bidang SDM Strategik (2024) dan berpengalaman dalam menangani akreditasi jurnal yaitu Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani sebagai Editor in Chief (2024). Publikasi pada beberapa Jurnal Terindeks Scopus dan Webs of Science meliputi Journal of Indonesia Economy and Business (Q3), Journal of Chinese Human Resources Management (Q3), E&M Economics and Management (Q2), Management-Poland (WoS-Q3), Foundation of Management (Q4), dan Quality of Access to Success (Q4). Beberapa publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2 meliputi Binus Business Review (Universitas Bina Nusantara), Media Ekonomi dan Manajemen (UNTAG Semarang), Economia (Universitas Negeri Yogyakarta), dan masih banyak lainnya. Keahlian dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia difokuskan pada SDM Strategik, Manajemen Perubahan, dan Kepemimpinan Bisnis.

2009 – Lulus Sarjana (S1) Gelar : S.E (Sarjana Ekonomi), Judul Tugas Akhir: Analisis Pengaruh NPL, ROA, DPK, Profit, dan Suku Bunga Terhadap Pembiayaan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta / Management.

2012 – Lulus Magister Manajemen (S2) Gelar: M.M (Master of Management), Judul Tugas Akhir: Developing Performance Management Lecturer Based On Balanced Score Card (FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), IPMI Business School / General Management in Human Resources.

2017 – Lulus Program Doktor (S3), Judul Tugas Akhir: Evaluasi Program Rekrutmen Dosen di Universitas Tanri Abeng , Universitas Negeri Jakarta / Science Management in Human Resources.

Employee Engagement
Employee Happiness
Leadership
Organizational Behavior

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=_qJMROwAAAAJ&hl=id
Profil SINTA: 6089348
ORCHID ID: https://orcid.org/0000-0002-5053-7733
SCOPUS ID: 57810984800
WOS ID : AED-9931-202

Dr. Hendri Budi Satrio, S.Sos, M.Ikom,

Dosen
[email protected]

2007 – Sekarang: Dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina

2022 – Sekarang: Dosen Magister Management Universitas Paramadina

1999: Sarjana Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, FIKOM Universitas Padjajaran
2002: Magister Ilmu Komunikasi, Manejemen Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia
2020: Doctor of Research in Management, Universitas Bina Nusantara

Komunikasi
Politik
Kepemimpinan

Dr. Didin Hikmah Perkasa, S.E., M.M.

Dosen
[email protected]

Bidang keilmuan Manajemen Sumber Daya Manusia (Mengampu Mata Kuliah MSDM, Stratejik SDM, SDM Internasional dan Change Management)
Menjadi dosen sejak tahun 2008 (Universitas Mercu Buana, Universitas Satya Negara Indonesia, KALBIS Institut, Universitas Dian Nusantara)
Ketua Program Studi Manajemen di Universitas Dian Nusantara
Saat ini Dosen Tetap dan Sekretaris Prodi MM di Universitas Paramadina.

1996 – Lulus Sarjana Manajemen (S1) Konsentrasi Manajemen SDM, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
2008 – Lulus Magister Manajemen (S2) Konsentrasi Manajemen SDM, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
2017 – Lulus Program Doktor Ilmu Manajemen (S3) Konsentrasi Manajemen SDM, Universitas Negeri Jakarta.

Manajemen SDM,
SDM Internasional

Profil Google Scholar:
https://scholar.google.com/citations?user=MiCk5woAAAAJ&hl=en&oi=ao
SINTA ID : 6154628
ORCHID ID : 0000-0002-3093-3886
SCOPUS ID : 58119753900

Prof Dr. Muhammad Yusuf. SE, Ak,MM,CA

Dosen
[email protected]

Guru Besar Bidang Keuangan dan Ekonomi Syariah. Sejak tahun 2024 bergabung menjadi dosen tetap universitas Paramadina sebagai Tim pendirian program Doktor ilmu Manajemen, sebelumnya pernah menjadi Wakil Rektor Bidang Akademik BRI Institute, wakil Direktur program Magister Management IBS, Asessor Fit and Proffer Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asesor Beban Kerja Dosen L2Dikti Wilayah 3, Partner Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Yusuf Reni dan Partner.Tenaga ahli di Kementrian PUPERA, KOMINFO, KEMENAKER, Pengalaman mengajar : Universitas Binus (S2), Universitas Pancasila (S2), Universitas Mercubuana (S2), Universitas Assyafi’iyah (S2), Universitas Sahid (S2) Universitas Terbuka Serang (S3), Institut Stiami (S2). Universitas Nusa Mandiri (S2). Pengalaman penelitian : Tim Peneliti Bank Indonesia tahun 2013, Penerima hibah Dikti-Penelitian Kompetitif Nasional- tahun 2014, sebesar Rp 65 juta, dan Penerima Hibah Dikti- Penelitian Kompetitif Nasional tahun 2024, sebesar Rp 114 juta.

1995 – Bachelor Degree of Economics/ Major Accounting (SE), Faculty of Economic and Business- Universitas Trisakti.
1999-Master Degree of Management (MM).
2010-Doktor Islamic Economic and Finance – Universitas Trisakti.

Finance and Accounting
Sistem Ekonomi dan keuangan Islam
Perbankan Syariah
Manajemen Bisnis Syariah

Profil Google Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=OCxbXBoAAAAJ&hl=en
SINTA ID: 6028057
ORCHID ID: 0009-0001-9311-8395
SCOPUS ID: 58204488700

Dr. Siti Nurjanah, SE, MM

Dosen
[email protected]

Aktif sebagai dosen dan aktif dalam asosiasi profesi. Aktif sebagai pembicara dalam seminar nasional dan internasional. Aktif sebagai pembicara dalam pelatihan pengembangan wirausaha di beberapa UKM mitra. Sebagai Juri Global dan praktik pengembangan bisnis yang dibuat oleh Yayasan Wadhwani – Program Nen tentang kewirausahaan. Berpengalaman menyusun perancangan model bisnis  Berpengalaman dalam mengukur tingkat keberhasilan proyek social lingkungan serta merancang Sosial Mapping. Mendapatkan Penghargaan dari Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2020 dalam bagaimana mengatasi strategi Bertahan bagi UMKM di tengah Pandemi Covid. Penghargaan diberikan kembali dari Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2023 sebagai penggerak dibidang Pendidikan di Kabupaten Belitung Timur dan sebagai Tenaga Ahli pada program pendampingan Kewirausahaan di lingkup Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Belitung Timur. Pencapaian lainnya pernah mendapatkan grand Matching Fund Kedaireka pada Tahun 2023 untuk Perancangan Packaging Box Dan Potensi Pasar Untuk UMKM Starling Yang Dapat Terintegrasi Dengan Produk E-Moped.

Pengalaman karir di Perguruan Tinggi

  1. Mengelola Program Studi S1 Manajemen dari Akreditasi B menjadi Unggul
  2. Mengelola Program Studi S2 Magister Manajemen dari Akreditasi B menjadi Unggul
  3. Menyusun Kurikulum Program Studi, Rencana Strategis Institusi
  4. Mengelola Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sehingga menghasilkan hibah Dikti & Kedaireka
  5. Mengelola Unit Next Center (Inkubator Bisnis)
  6. Menjadi Gugus kendali mutu Fakultas memastikan seluruh instrument akreditasi Program Studi.
  • 1992 – Diploma Program – Gadjah Mada University
  • 2004 – Bachelor of Management – STIE SUPRA
  • 2012 – Master of Management – Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • 2017 — Doctor of Economics – Universitas Pancasila

Marketing Management
Consumer Behaviour
Branding Strategy
Strategic Management
Economc Creative
Entrepreneurship

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=p8BpC5IAAAAJ&hl=en
ID SINTA: 5985407
ORCHID ID: 000-0002-5467-7979
SCOPUS ID: 58309942700

Dr. Diin Fitri Ande, SE, MM

Dosen
[email protected]

Hingga tahun 2013, bekerja di berbagai industri dan memegang beberapa jabatan. Sejak tahun 2013, menjadi dosen dan bergabung di Universitas Paramadina sejak tahun 2024. Bidang pengajaran meliputi antara lain Statejik Manajemen dan Metode Riset. Berpengalaman mengelola program studi. Selain mengajar, juga aktif menjadi konsultan di beberapa perusahaan swasta dengan fokus penilaian kinerja organisasi.  Telah mempublikasikan beberapa artikel yang terindeks di Scopus, Sinta dan Google Schoolar.  Menjadi reviewer dan article editor  untuk beberapa journal yang terindeks Scopus seperti Sage Open (Q2)  dan International Journal of Contemporary Hospitality Management (Q1).  Menjadi narasumber dan panelis terkait topik manajemen dan  kepemimpinan.

Sarjana Ekonomi (kekhususan Manajemen), Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Indonesia (2002).
Magister Manajemen, IPMI Business School, Jakarta, Indonesia (2012).
Doktor ilmu Manajemen (kekhususan Manajemen Stratejik), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok, Indonesia (2023).

Stratejik Manajemen
Leadership
Religous Tourism

Google Schoolar : https://scholar.google.com/citations?user=CNdlSEIAAAAJ&hl=en
Scopus ID : 57219850301
Orcid ID : 0000-0002-3093-4475

Prof Dr. Ahmad Badawi Saluy, SE.,MM.,CHRA.,CQC.

Dosen
[email protected]

Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Stratejik Manajemen. Aktif sebagai Analis Kebijakan Publik dan  Sejak tahun 2024, Bergabung menjadi dosen tetap universitas Paramadina sebagai Tim pendirian program Doktor ilmu Manajemen, sebelumnya pernah mengelola Program Studi Pascasarjana Universitas Mercu Buana Kampus Kranggan, Asesor Beban Kerja L2Dikti wilayah 3,  Tim  Akreditasi  Magister Manajemen, Tim Penyelarasan RPS-UMB dan Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Mercu Buana  Jakarta dan anggota senat Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu. Pendiri dan inisiator  Jurnal INDIKATOR. Reviewer di berbagai Jurnal Nasional dan Internasional. Peneliti pada Institut For Developmend of Economics and Finance (INDEF), Memiliki  publikasi lebih dari 300 artikel terindek Scopus, Sinta, Copernicus, Ebsco dll

Pengalaman Mengajar : Universitas Prof.Dr.Hazairin,SH.(Unihaz 2006-2013) Bengkulu, Universitas Terbuka(2007-2012). Universitas Mercu Buana Jakarta (2014-2024). Penguji tetap Prog.Doktor Ilmu Manajemen Trisakti (2021-Sekarang) dan sa’at ini di Prog.Pascasarjana Universitas Paramadina.

Pengalaman Politik : Ketua DPD Partai Politik, Ketua Fraksi , Ketua Komisi, Ketua Forum  Legislasi dan Dewan Pakar di Berbagai Partai Politik Nasional

Sarjana Muda (D3) APPI dan Fak.FPI UII Yogyakarta 1983,

FE.Univ. Bandar Lampung ( S1.1990)

Prog,Magister Manajemen Univ.Negeri Bengkulu (S2.2006)

Universitas Negeri Jakarta (S3.2013).

Global Human Resources
Filsafat Sains
Strategic Human Resources Management
Global Human Capital Management
Etika dan Kepemimpinan
Change Management
Manajemen Kinerja

ID Sinta: 6083911
Google Schoolar : https://scholar.google.com/citations?view_op=list_works&hl=en&hl=en&user=_UCqjxsAAAAJ
Scopus ID : 57204945699
Orcid ID : 0000-0001-8303-8845

GALERI KEGIATAN

DOKUMENTASI
BERBAGAI KEGIATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

MAGISTER MANAJEMEN

Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Paramadina adalah program studi di bawah Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Paramadina yang disusun untuk menciptakan lulusan yang profesional, berwawasan global dan memiliki kemampuan kreatif. Program MM FEB Universitas Paramadina terus berupaya meningkatkan kualitas pengajaran yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan industri. Kehadiran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah di depan mata, memerlukan kesiapan disemua lini, mulai dari sektor ekonomi, tenaga kerja, hingga dunia pendidikan, harus siap terhadap perubahan yang akan terjadi di masa depan. Menyadari hal tersebut, Program MM Universitas Paramadina terus berbenah guna menghasilkan mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, kreatif dan beretika, sesuai dengan perkembangan dunia bisnis dan industri, tidak hanya secara lokal, tetapi juga regional dan internasional.

Prof. Dr. Ahmad Azmy, MM, CHRM.

Ketua Program Studi MM

Visi

Melaksanakan pendidikan tinggi di bidang manajemen dan bisnis dengan konsep keberlanjutan untuk menghasilkan pemimpin dengan nilai integritas, profesionalisme, empati, dan memiliki kearifan lokal di Asia Tenggara melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian Masyarakat

Misi
  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran manajemen dan bisnis yang menguatkan pembelajaran aplikatif dan adaptif.
    Menghasilkan penelitian yang berbasis pada peran kepemimpinan, etika, integritas, ke-lslaman, dan kemitraan, yang didiseminasi baik secara nasional maupun internasional yang memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis.
    Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat pada bidang manajemen dan bisnis berdasarkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan pembelajaran manajemen dan bisnis berbasis kepemimpinan, etika, integritas, ke-lslaman dan kemitraan
Tujuan
  1. Mewujudkan tata kelola organisasi yang berorientasi pada transparansi, akuntabilitas, kredibilitas, bertanggung jawab dan adil.
    • Membangun budaya kerja yang profesional dan beretika.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemimpin bisnis yang memiliki integritas profesionalisme, empati, dan kearifan lokal. Sasaran tujuan ini adalah:
    • Mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai integritas, profesionalisme, empati, dan kearifan lokal.
    • Meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajar.
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang profesional.
    • Meningkatkan kualitas dosen, dengan mendorong studi lanjut maupun mengikutkan ke berbagai sertifikasi profesi yang terkait dengan bidang keilmuannya.
    • Meningkatkan kualitas tenaga kependidikan untuk mendorong kinerja program studi Magister Manajemen.
  4. Menguatkan kualitas hasil pembelajaran. Sasaran tujuan ini adalah:
    • Menguatkan perencanaan pembelajaran.
    • Menguatkan proses pembelajaran.
  5. Menghasilkan penelitian dalam bidang Manajemen dan Bisnis dengan basis kepemimpinan, etika, kewirausahaan, ke-Islaman dan kemitraan pada skala Asia Tenggara. Sasaran tujuan ini adalah:
    • Meningkatkan jumlah penelitian yang berkualitas di bidang Manajemen dan Bisnis dengan basis kepemimpinan, etika, kewirausahaan, ke-Islaman dan kemitraan.
  6. Menguatkan darma bakti dalam bidang manajemen dan bisnis untuk kepentingan masyarakat.
    • Meningkatkan kualitas dan kuantitas program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di bidang manajemen dan bisnis.
  7. Menguatkan reputasi organisasi dengan berbasis standar nasional dan internasional.
    • Meningkatkan akreditasi nasional dari baik sekali menjadi unggul.
    • Membuat program kerja untuk mendapatkan akreditasi internasional bagi Program Studi Magister Manajemen.

Kurikulum dan Metode

Program Magister Manajemen (MM) Universitas Paramadina sangat memahami perkembangan bisnis dan keuangan global terkini, desain program MM disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjawab tantangan dan peluang bisnis dan keuangan yang berkembang. Prodi MM menawarkan empat peminatan dan konsentrasi, antara lain: Strategic Business and Finance, Islamic Finance, Marketing Management, Human Resource Management. Saat ini keempat konsentrasi tersebut, tengah menjadi trend perkembangan bisnis dan keuangan dunia. Program ini tidak saja memberikan kesempatan mahasiswa mempelajari state of the art knowledge, tetapi juga membangun jaringan dengan para tokoh bisnis dan institusi yang mereka kelola. Kurikulum dalam Program Studi MM FEB Universitas Paramadina memiliki tiga kompetensi yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama terkait dengan aspek pengetahuan utama terkait dengan fungsi manajemen dengan didukung oleh empat konsentrasi, yaitu bidang: Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia dan Bisnis dan Keuangan Islam.

Kurikulum Islamic and Business Finance
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Manajemen Bisnis dan Keuangan Islam*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Manajemen Investasi Islam*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Manajemen Risiko Perbankan dan Keuangan Islam*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

 

Kurikulum Strategic Marketing
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Pemasaran Global*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Perilaku Konsumen*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Strategi Branding*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

 

Kurikulum Strategic Finance
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Kasus dan Riset Keuangan*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Manajemen Investasi*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Strategi Keuangan*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

 

Kurikulum Human Capital
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Manajemen SDM Internasional*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Manajemen SDM Strategik*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          
Kurikulum Sustainability Strategic Management
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Manajemen Keberlanjutan4 Desain Pemikiran dan Permodelan Bisnis4 Etika dan Kepemimpinan Bisnis 4 Tugas Akhir6
Manajemen Keuangan4 Manajemen Strategik4 Keberlanjutan Bisnis*4 Total SKS Semester 46
Manajemen Pemasaran4 Metode Riset Bisnis4 Keberlanjutan Organisasi*4 Total SKS yang ditempuh: 54 
Isu Kontemporer Bisnis dan Keuangan Islam4 Sistem Informasi Manajemen4 Pengelolaan Sumber Daya Berkelanjutan*4   
Total SKS Semester 116 Total SKS Semester 216 Total SKS Semester 316   
           
* : Matakuliah Peminatan          

STAFF PENGAJAR

Dr. Iyus Wiadi, MPA, CMA.

Dosen
[email protected]

Bidang keilmuan yang diampu dan dikembangkan adalah manajemen pemasaran. Sejak tahun 1997 menjadi dosen tetap dan Kaprodi manajemen sampai (1997- 2002) universitas Paramadina. Pengalaman mengajar : Universitas Katholik Atmajaya (S2), Universitas Widyatama (S2), Universitas Parahyangan (S2), Universitas Pelita Harapan (S2) Universitas Maranatha (S2), Universitas Padjadjaran (S2). Pengalaman penelitian pada bidanng manajemen pemasaran, kewirausahaan dan kemitraan.

1989 – Bachelor Degree of Economics/ Major Management (SE),Faculty of Marketing and Operation (FMO),Institute Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Bandung, Indonesia.
1997-Master Degree of Public Adnministrations (MPA),Faculty Economics and Applied Economics University of Antwerp (UA), Antwerp, Belgium
2006- Doctorate Degree of Economics/Marketing Manajemen (Dr), Faculty Economins and Business (FEB),Padjadjaran University (UNPAD), Bandung, Indonesia

Marketing Communication (IMC)
Marketing Management
Strategic Management
Entrepreneurship

Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=i1_xIqkAAAAJ
Profil SINTA: –
ORCHID ID: 0000-0002-0723-3363
SCOPUS ID: 57452102800

Dr. Handi Risza, SE., M.Ec

Dosen
[email protected]

Setelah menyelesaikan Program Doktor pada bidang ekonomi dan keuangan Islam pada tahun 2012. Handi mulai aktif mengajar di Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Universitas Paramadina. Handi juga pernah mengikuti short course Public Finance, di Victoria University New Zealand pada tahun 2015; Social Ecological Market Economy (SEME) yang diselenggarakan oleh Kondrad Adeneur Stiftung (KAS) Jerman pada tahun 2016; Executive Program Suistainable Economy (EPSP) yang diselenggarakan oleh Ford Foundation dan Universitas Paramadina pada tahun 2018. Handi banyak mengampu mata kuliah bidang Ekonomi Makro, Keuangan Publik, Ekonomi dan Keuangan Islam. Handi juga banyak melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi yang terkait dengan bidang Kebijakan dan Keuangan Publik, Ekonomi dan Keuangan Islam serta tema tentang Dana Sosial Keagamaan Islam (zakat dan wakaf) dan kemitraan. Selain mengajar Pembicara juga aktif menulis buku, jurnal dan tulisan di media massa nasional. Saat ini diamanahi sebagai Wakil Rektor Universitas Paramadina, Jakarta.

2001: Bachelor Degree (SE), Economy Development, Faculty of Economics, University of Andalas, Padang, Indonesia.
2005: Magister Degree (M.Ec), Economics Program, Kulliyah of Economics and Management Science, International Islamic University of Malaysia (IIUM), Malaysia
2012: Doctor of Philosophy (PhD), Islamic Economics, School of Postgraduate, Islamic State University, Jakarta, Indonesia

Non-Degre (Courses)
2015 : Public Finance Course, Victoria University New Zealand 
2018 : Executive Program for Sustainability Development Ford Foundation 
2019 : Social Ecology Market Economy Konrad Adenauer Stiftung, Germany 
2020 : Islamic Finance Course, Malaysia

Islamic Economics, Islamic Business and Finance, Islamic Marketing
Macroeconomics
Economics Development
Public Finance
Sustainability and Partnership.

Link / ID
Google schoolars
https://scholar.google.com/citations?user=247jWSAAAAAJ&hl=id
Scopus
Scopus ID: 57810344500
Orcid
ID Orcid : 0000-0001-8222-7177
Sinta
ID Sinta : 6001633

Dr. Dra. Prima Naomi, M.T.

Dosen
[email protected]

Sejak 2006 menjadi dosen tetap di Universitas Paramadina, dan pernah menjabat sebagai Pejabat Rektor, Wakil Rektor bidang Pengelolaan Sumber Daya, Direktur Akademik dan Ketua Program Studi Manajemen. Selain mengajar, juga aktif menjadi tenaga ahli dan konsultan pada beberapa instansi pemeritah seperti Kementerian Perindustrian, Pemerintah Provinsi DKI, Komisi Pemberantasan Korupsi, serta beberapa perusahaan swasta. Beberapa kali menjadi ketua tim projek penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemenristek Dikti, KPK, dan Ford Foudation, serta tim peneliti OJK. Menjadi narasumber dan traner, serta menulis pada book-chapter, artikel jurnal, maupun conference proceeding terkait topik Manajemen Keuangan, Manajemen Industri, Good Governance, Kemitraan, dan UMKM.

Gelar Doktor dibidang Manajemen Keuangan diperoleh dari Universitas Indonesia (2016), Magister Teknik bidang Teknik dan Manajemen Industri didapatkan dari Institut Teknologi Bandung (1995) dan Dra Ekonomi dari Universitas Airlangga (1992).

Mengikuti Research Skill Program in Business and Economics pada The University of Queensland, Brisbane, Australia (2013).

Manajemen Keuangan terutama pada topik-topik keuangan perusahaan, keuangan berkelanjutan, keuangan perilaku.
UMKM

Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=cLqv1GYAAAAJ&hl=en
Profil SINTA:
https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/5982383
SCOPUS ID: 57188710827
ORCHID ID : 0000-0003-1131-2694

Prof. Dr. Iin Mayasari, SIP, SPd, MM, MSi

Dosen
[email protected]

Bergabung sebagai dosen di Universitas Paramadina sejak 2001 dan aktif sebagai Guru Besar Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Paramadina. Lulusan S1 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada dan S1 dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Bahasa Inggris, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Melanjutkan studi di Program Magister Manajemen dan Magister Sains di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada dan Program Doktor di Ilmu Manajemen, Universitas Gadjah Mada. Selain aktif mengajar, juga menjadi reviewer di Asia Pacific Journal of Marketing and Logistic (Scopus Q1 Emerald) dan Journal of Global Fashion Marketing (Scopus Q1 Taylor & Francis). Saat ini menjadi Ketua Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Buku-buku yang sudah diterbitkan adalah Manajemen dan Pemasaran, Perilaku Hedonis, Branding, Konsep Branding dan Pengukuran, Manajemen dan Pemasaran: Konsep Teori dan Praktis, Maju Bareng Berdaya Bareng, Trend dalam Perilaku Konsumen, Dampak Covid 19 pada Organsisasi, Integritas: Konsep dan Pengukuran. Memiliki minat untuk penelitian dan pengjaran di bidang perilaku konsumen dan branding.

1997: Bachelor Degree (SPd.), International Relationship, Faculty of Social and Political Science, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

1999: Bachelor Degree (SPd.), English Language Program, Language Faculty, University of Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia.

2001: Magister Degree (MM), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia

2001: Master Degree (MSi), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia.

2007: Doctor of Philosophy (PhD), Management Program in Marketing, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

Branding
Marketing
Consumer Behavior
Business Sustainability
Partnership/Engagement

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=5jKf5AQAAAAJ&hl=en
Profil SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6001447
ORCHID ID: 0000-0002-9196-4467
SCOPUS ID: 57223117659
https://orcid.org/0000-0002-9196-4467

Dr. Nicko Albart, MM, MBA

Dosen
[email protected]

Pendidikan Sarjana ditempuh di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya pada tahun 2002, kemudian menyelesaikan pendidikan Program Magister Manajemen di Magister Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang pada tahun 2005. Penulis mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan sekolah di Perancis pada tahun 2008 sampai tahun 2009 di Ecole Nationale Superier des Mines de Paris, lalu pada tahun 2014 meraih gelar Master of Business Administration di Hamburg School of Business Administration, Jerman. Gelar Doktor Manajemen Bisnis diperoleh pada tahun 2020 pada program Doktor Manajemen Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB). Disertasi Penulis menghasilkan kebaruan berupa perilaku struktur modal perusahaan non keuangan di Indonesia dengan menggunakan kontrol berupa pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional.
Awal karir penulis dimulai pada awal tahun 1995 dan hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun di PT Bukit Asam Tbk. Berpengalaman diberbagai bidang mulai dari perencanaan korporat dan strategi, membangun portofolio bisnis, investasi, hubungan investor dan manajemen portofolio. Selain itu penulis juga dipercaya sebagai Dewan Pengawas Dana Pensiun Bukit Asam.
Sedangkan sebagai akademisi penulis sejak tahun 2018 berprofesi sebagai dosen di Univesitas Paramadina dan mengampu mata kuliah manajemen keuangan, manajemen investasi dan manajemen stratejik.

2005: Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya

2009: Master of Engineering, Economics Mining, Ecoles des Mines de Paris, France.

2014: Master of Business Administration, Hamburg School of Business Administration, Germany.

2020: Doktor Manajemen dan Bisnis, Keuangan dan Investasi, Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor.

Capital Structure
Capital budgeting
Cost Accounting
Accounting and Finance
Financial Market
Corporate Finance

Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=yxJW4goAAAAJ
Profil SINTA: 6876605
ORCHID ID: https://orcid.org/0009-0008-6191-6502
SCOPUS ID: 59228710300

Prof. Dr. Ahmad Azmy, MBA

Dosen
[email protected]

Memulai karir sebagai dosen pada tahun 2012 sebagai Asisten Dosen di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rekam jejak dalam bidang pengajaran sudah lebih dari 10 tahun dan mengajar pada berbagai institusi negeri dan swasta meliputi Universitas Bina Nusantara, ESQ Business School, dan beberapa lembaga lainnya. Beberapa reputasi struktural kampus yaitu Dekan School of Management & Leadership, Tanri Abeng University (2017-2020), Ketua Tim Akreditasi Tanri Abeng University (2018), dan posisi strategis lainnya. Saat ini memiliki posisi sebagai Ketua Program Studi Magister Manajemen, Universitas Paramadina (2023-sekarang). Karir tertinggi dalam dunia akademik adalah Guru Besar Bidang SDM Strategik (2024) dan berpengalaman dalam menangani akreditasi jurnal yaitu Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani sebagai Editor in Chief (2024). Publikasi pada beberapa Jurnal Terindeks Scopus dan Webs of Science meliputi Journal of Indonesia Economy and Business (Q3), Journal of Chinese Human Resources Management (Q3), E&M Economics and Management (Q2), Management-Poland (WoS-Q3), Foundation of Management (Q4), dan Quality of Access to Success (Q4). Beberapa publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2 meliputi Binus Business Review (Universitas Bina Nusantara), Media Ekonomi dan Manajemen (UNTAG Semarang), Economia (Universitas Negeri Yogyakarta), dan masih banyak lainnya. Keahlian dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia difokuskan pada SDM Strategik, Manajemen Perubahan, dan Kepemimpinan Bisnis.

2009 – Lulus Sarjana (S1) Gelar : S.E (Sarjana Ekonomi), Judul Tugas Akhir: Analisis Pengaruh NPL, ROA, DPK, Profit, dan Suku Bunga Terhadap Pembiayaan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta / Management.

2012 – Lulus Magister Manajemen (S2) Gelar: M.M (Master of Management), Judul Tugas Akhir: Developing Performance Management Lecturer Based On Balanced Score Card (FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), IPMI Business School / General Management in Human Resources.

2017 – Lulus Program Doktor (S3), Judul Tugas Akhir: Evaluasi Program Rekrutmen Dosen di Universitas Tanri Abeng , Universitas Negeri Jakarta / Science Management in Human Resources.

Employee Engagement
Employee Happiness
Leadership
Organizational Behavior

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=_qJMROwAAAAJ&hl=id
Profil SINTA: 6089348
ORCHID ID: https://orcid.org/0000-0002-5053-7733
SCOPUS ID: 57810984800
WOS ID : AED-9931-202

Dr. Hendri Budi Satrio, S.Sos, M.Ikom,

Dosen
[email protected]

2007 – Sekarang: Dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina

2022 – Sekarang: Dosen Magister Management Universitas Paramadina

1999: Sarjana Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, FIKOM Universitas Padjajaran
2002: Magister Ilmu Komunikasi, Manejemen Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia
2020: Doctor of Research in Management, Universitas Bina Nusantara

Komunikasi
Politik
Kepemimpinan

Dr. Didin Hikmah Perkasa, S.E., M.M.

Dosen
[email protected]

Bidang keilmuan Manajemen Sumber Daya Manusia (Mengampu Mata Kuliah MSDM, Stratejik SDM, SDM Internasional dan Change Management)
Menjadi dosen sejak tahun 2008 (Universitas Mercu Buana, Universitas Satya Negara Indonesia, KALBIS Institut, Universitas Dian Nusantara)
Ketua Program Studi Manajemen di Universitas Dian Nusantara
Saat ini Dosen Tetap dan Sekretaris Prodi MM di Universitas Paramadina.

1996 – Lulus Sarjana Manajemen (S1) Konsentrasi Manajemen SDM, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
2008 – Lulus Magister Manajemen (S2) Konsentrasi Manajemen SDM, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
2017 – Lulus Program Doktor Ilmu Manajemen (S3) Konsentrasi Manajemen SDM, Universitas Negeri Jakarta.

Manajemen SDM,
SDM Internasional

Profil Google Scholar:
https://scholar.google.com/citations?user=MiCk5woAAAAJ&hl=en&oi=ao
SINTA ID : 6154628
ORCHID ID : 0000-0002-3093-3886
SCOPUS ID : 58119753900

Prof Dr. Muhammad Yusuf. SE, Ak,MM,CA

Dosen
[email protected]

Guru Besar Bidang Keuangan dan Ekonomi Syariah. Sejak tahun 2024 bergabung menjadi dosen tetap universitas Paramadina sebagai Tim pendirian program Doktor ilmu Manajemen, sebelumnya pernah menjadi Wakil Rektor Bidang Akademik BRI Institute, wakil Direktur program Magister Management IBS, Asessor Fit and Proffer Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asesor Beban Kerja Dosen L2Dikti Wilayah 3, Partner Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Yusuf Reni dan Partner.Tenaga ahli di Kementrian PUPERA, KOMINFO, KEMENAKER, Pengalaman mengajar : Universitas Binus (S2), Universitas Pancasila (S2), Universitas Mercubuana (S2), Universitas Assyafi’iyah (S2), Universitas Sahid (S2) Universitas Terbuka Serang (S3), Institut Stiami (S2). Universitas Nusa Mandiri (S2). Pengalaman penelitian : Tim Peneliti Bank Indonesia tahun 2013, Penerima hibah Dikti-Penelitian Kompetitif Nasional- tahun 2014, sebesar Rp 65 juta, dan Penerima Hibah Dikti- Penelitian Kompetitif Nasional tahun 2024, sebesar Rp 114 juta.

1995 – Bachelor Degree of Economics/ Major Accounting (SE), Faculty of Economic and Business- Universitas Trisakti.
1999-Master Degree of Management (MM).
2010-Doktor Islamic Economic and Finance – Universitas Trisakti.

Finance and Accounting
Sistem Ekonomi dan keuangan Islam
Perbankan Syariah
Manajemen Bisnis Syariah

Profil Google Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=OCxbXBoAAAAJ&hl=en
SINTA ID: 6028057
ORCHID ID: 0009-0001-9311-8395
SCOPUS ID: 58204488700

Dr. Siti Nurjanah, SE, MM

Dosen
[email protected]

Aktif sebagai dosen dan aktif dalam asosiasi profesi. Aktif sebagai pembicara dalam seminar nasional dan internasional. Aktif sebagai pembicara dalam pelatihan pengembangan wirausaha di beberapa UKM mitra. Sebagai Juri Global dan praktik pengembangan bisnis yang dibuat oleh Yayasan Wadhwani – Program Nen tentang kewirausahaan. Berpengalaman menyusun perancangan model bisnis  Berpengalaman dalam mengukur tingkat keberhasilan proyek social lingkungan serta merancang Sosial Mapping. Mendapatkan Penghargaan dari Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2020 dalam bagaimana mengatasi strategi Bertahan bagi UMKM di tengah Pandemi Covid. Penghargaan diberikan kembali dari Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2023 sebagai penggerak dibidang Pendidikan di Kabupaten Belitung Timur dan sebagai Tenaga Ahli pada program pendampingan Kewirausahaan di lingkup Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Belitung Timur. Pencapaian lainnya pernah mendapatkan grand Matching Fund Kedaireka pada Tahun 2023 untuk Perancangan Packaging Box Dan Potensi Pasar Untuk UMKM Starling Yang Dapat Terintegrasi Dengan Produk E-Moped.

Pengalaman karir di Perguruan Tinggi

  1. Mengelola Program Studi S1 Manajemen dari Akreditasi B menjadi Unggul
  2. Mengelola Program Studi S2 Magister Manajemen dari Akreditasi B menjadi Unggul
  3. Menyusun Kurikulum Program Studi, Rencana Strategis Institusi
  4. Mengelola Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sehingga menghasilkan hibah Dikti & Kedaireka
  5. Mengelola Unit Next Center (Inkubator Bisnis)
  6. Menjadi Gugus kendali mutu Fakultas memastikan seluruh instrument akreditasi Program Studi.
  • 1992 – Diploma Program – Gadjah Mada University
  • 2004 – Bachelor of Management – STIE SUPRA
  • 2012 – Master of Management – Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • 2017 — Doctor of Economics – Universitas Pancasila

Marketing Management
Consumer Behaviour
Branding Strategy
Strategic Management
Economc Creative
Entrepreneurship

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=p8BpC5IAAAAJ&hl=en
ID SINTA: 5985407
ORCHID ID: 000-0002-5467-7979
SCOPUS ID: 58309942700

Dr. Diin Fitri Ande, SE, MM

Dosen
[email protected]

Hingga tahun 2013, bekerja di berbagai industri dan memegang beberapa jabatan. Sejak tahun 2013, menjadi dosen dan bergabung di Universitas Paramadina sejak tahun 2024. Bidang pengajaran meliputi antara lain Statejik Manajemen dan Metode Riset. Berpengalaman mengelola program studi. Selain mengajar, juga aktif menjadi konsultan di beberapa perusahaan swasta dengan fokus penilaian kinerja organisasi.  Telah mempublikasikan beberapa artikel yang terindeks di Scopus, Sinta dan Google Schoolar.  Menjadi reviewer dan article editor  untuk beberapa journal yang terindeks Scopus seperti Sage Open (Q2)  dan International Journal of Contemporary Hospitality Management (Q1).  Menjadi narasumber dan panelis terkait topik manajemen dan  kepemimpinan.

Sarjana Ekonomi (kekhususan Manajemen), Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Indonesia (2002).
Magister Manajemen, IPMI Business School, Jakarta, Indonesia (2012).
Doktor ilmu Manajemen (kekhususan Manajemen Stratejik), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok, Indonesia (2023).

Stratejik Manajemen
Leadership
Religous Tourism

Google Schoolar : https://scholar.google.com/citations?user=CNdlSEIAAAAJ&hl=en
Scopus ID : 57219850301
Orcid ID : 0000-0002-3093-4475

Prof Dr. Ahmad Badawi Saluy, SE.,MM.,CHRA.,CQC.

Dosen
[email protected]

Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Stratejik Manajemen. Aktif sebagai Analis Kebijakan Publik dan  Sejak tahun 2024, Bergabung menjadi dosen tetap universitas Paramadina sebagai Tim pendirian program Doktor ilmu Manajemen, sebelumnya pernah mengelola Program Studi Pascasarjana Universitas Mercu Buana Kampus Kranggan, Asesor Beban Kerja L2Dikti wilayah 3,  Tim  Akreditasi  Magister Manajemen, Tim Penyelarasan RPS-UMB dan Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Mercu Buana  Jakarta dan anggota senat Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu. Pendiri dan inisiator  Jurnal INDIKATOR. Reviewer di berbagai Jurnal Nasional dan Internasional. Peneliti pada Institut For Developmend of Economics and Finance (INDEF), Memiliki  publikasi lebih dari 300 artikel terindek Scopus, Sinta, Copernicus, Ebsco dll

Pengalaman Mengajar : Universitas Prof.Dr.Hazairin,SH.(Unihaz 2006-2013) Bengkulu, Universitas Terbuka(2007-2012). Universitas Mercu Buana Jakarta (2014-2024). Penguji tetap Prog.Doktor Ilmu Manajemen Trisakti (2021-Sekarang) dan sa’at ini di Prog.Pascasarjana Universitas Paramadina.

Pengalaman Politik : Ketua DPD Partai Politik, Ketua Fraksi , Ketua Komisi, Ketua Forum  Legislasi dan Dewan Pakar di Berbagai Partai Politik Nasional

Sarjana Muda (D3) APPI dan Fak.FPI UII Yogyakarta 1983,

FE.Univ. Bandar Lampung ( S1.1990)

Prog,Magister Manajemen Univ.Negeri Bengkulu (S2.2006)

Universitas Negeri Jakarta (S3.2013).

Global Human Resources
Filsafat Sains
Strategic Human Resources Management
Global Human Capital Management
Etika dan Kepemimpinan
Change Management
Manajemen Kinerja

ID Sinta: 6083911
Google Schoolar : https://scholar.google.com/citations?view_op=list_works&hl=en&hl=en&user=_UCqjxsAAAAJ
Scopus ID : 57204945699
Orcid ID : 0000-0001-8303-8845

GALERI KEGIATAN

DOKUMENTASI
BERBAGAI KEGIATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

Profil Magister Manajemen

Testimoni

Apa Kata
Alumni Manajemen
Universitas Paramadina

Kerjasama

Quick Links