Prodi Teknik Informatika memberikan pendidikan dasar teoritis komputasi dan informasi serta aplikasinya pada sebuah sistem komputer. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi informasi telah menjadi bagian kehidupan luas, dalam segala aspek, serta ketepat-gunaannya telah membantu berbagai jenis organisasi. Prodi Teknik Informatika Paramadina, menyediakan pendidikan bagi individu yang beraspirasi untuk menjadi bagian dari perkembangan teknologi tersebut. Kebutuhan akan tenaga profesional di bidang ini sangat tinggi, baik di level nasional, regional dan internasional. Kami telah berdiri, semenjak tahun 1998, bersamaan dengan pendirian Universitas Paramadina. Kami berupaya untuk memberikan pendidikan sarjana berkualitas dengan tenaga pengajar yang berdedikasi pada bidang ilmunya, serta fasilitas pendukung yang baik.
Menjadi program studi informatika unggulan tingkat nasional tahun 2022 dan bereputasi internasional tahun 2025 dengan fokus pada Internet of Things dan Game Industry
Kurikulum Program Studi dirancang untuk mempersiapkan individu memasuki bidang informatika yang berkembang pesat dengan berbagai peluang. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengikuti panduan KPT dari DIKTI dan Panduan Asosiasi Informatika, yaitu APTIKOM. Kurikulum terdiri dari ilmu khas informatika seperti algoritma, teori dasar ilmu komputer, serta konsep bahasa pemrograman. Arsitektur dan organisasi komputer, manajemen informasi, jaringan dan sistem operasi serta sistem berbasis komputasi pada berbagai tingkat abstraksi. Lalu juga terdapat mata kuliah domain spesifik untuk pengembangan perangkat lunak pada berbagai platform, serta mata kuliah lain yang relevan dengan bidang ilmu komputer. Kurikulum Teknik Informatika Paramadina memberikan penekanan bidang IoT dan Pengembangan Game, sebagai ciri khas program studi.
Metode pembelajaran dilakukan dengan orientasi kepada siswa (Student Centered Learning), di mana dilakukan diskusi interaktif, baik daring dan luring, di dalam dan luar kelas. Praktikum dengan bantuan asisten dan dosen pengajar, ataupun yang bersifat self-paced. Kesempatan untuk mengembangkan minat terhadap suatu topik tertentu dengan bergabung dengan penelitian dosen, baik secara individu maupun berkelompok. Kolaborasi dalam perkuliahan, didukung perangkat dan fasilitas elektronik yang dimikili kampus.
SEMESTER 1 | SEMESTER 2 | |||
Mata Kuliah (MK) | SKS | Mata Kuliah (MK) | SKS | |
Teknologi Informasi dan Komunikasi (MKU) | 3 | Anti Korupsi | 3 | |
Kreativitas dan Inovasi (MKF) | 2 | Pendidikan Agama | 2 | |
Algoritma dan Pemrograman Terstruktur (MKP) | 3 | Berpikir Desain | 2 | |
Kalkulus (MKP) | 3 | Aljabar Linier | 3 | |
Komunikasi Data (MKP) | 3 | Arsitektur Komputer | 3 | |
Pengantar Basis Data (MKP) | 3 | Basis Data | 3 | |
Praktikum Algoritma dan Pemrograman Terstruktur (MKP) | 1 | Pemrograman Berorientasi Objek | 3 | |
Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek | 1 | |||
SEMESTER 3 | SEMESTER 4 | |||
Mata Kuliah (MK) | SKS | Mata Kuliah (MK) | SKS | |
Bahasa Indonesia (MKU) | 2 | Metode Numerik (MKP) | 3 | |
Nilai Hidup Paramadina (MKU) | 3 | Metodologi Penelitian (MKP) | 3 | |
Jaringan Komputer (MKP) | 3 | Pengantar Internet of Things (MKP) | 3 | |
Matematika Diskrit (MKP) | 3 | Pengantar Pengembangan Game (MKP) | 3 | |
Rekayasa Perangkat Lunak (MKP) | 4 | Sistem Informasi Manajemen (MKP) | 3 | |
Statistika dan Probabilitas (MKP) | 3 | Sistem Operasi (MKP) | 3 | |
Struktur Data (MKP) | 3 | Peminatan 1 | 2 | |
SEMESTER 5 | SEMESTER 6 | |||
Mata Kuliah (MK) | SKS | Mata Kuliah (MK) | SKS | |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (MKU) | 3 | Kewirausahaan (MKU) | 3 | |
Interaksi Manusia dan Komputer (MKF) | 3 | Bahasa Inggris (MKP) | 2 | |
Manajemen Proyek Sistem Informasi (MKP) | 3 | Pemrograman Mobile dan Web (MKP) | 3 | |
Pengembangan Game (MKP) | 3 | 3 | ||
Penggalian Data dan Perolehan Informasi (MKP) | 3 | Pemrograman Asinkron (MKP) | 3 | |
Perangkat Lunak Internet of Things (MKP) | 3 | Sistem Keamanan (MKP) | 3 | |
Peminatan 2 | 2 | Komputer dan Masyarakat* | 3 | |
SEMESTER 7 | SEMESTER 8 | |||
Mata Kuliah (MK) | SKS | Mata Kuliah (MK) | SKS | |
Presentasi dan Portofolio (MKF) | 3 | Karya Akhir (MKP) | 6 | |
Kapita Selekta (MKP) | 2 | |||
Komputasi Awan (MKP) | 3 | |||
Pembelajaran Mesin (MKP) | 3 | |||
Praktek Kerja Lapangan (MKP) | 3 | |||
Pemikiran Komputasional* | 3 | |||
Teknologi Cerdas* | 2 |
Mata Kuliah (MK) | SKS | Mata Kuliah (MK) | SKS | |
Desain Aset dan Karakter Game* | 2 | Komputer dan Masyarakat* | 3 | |
Keamanan IoT | 2 | Pemikiran Komputasional* | 2 | |
Gim Animasi* | 2 | Teknologi Cerdas* | 3 | |
IoT dalam Industri | 2 | |||
Keterangan: *) Mata Kuliah dapat diambil oleh Program Studi di Fakultas Ilmu Rekayasa sebagai Mata Kuliah Lintas Program Studi |