MAGISTER MANAJEMEN

Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Paramadina adalah program studi di bawah Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Paramadina yang disusun untuk menciptakan lulusan yang profesional, berwawasan global dan memiliki kemampuan kreatif. Program MM FEB Universitas Paramadina terus berupaya meningkatkan kualitas pengajaran yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan industri. Kehadiran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah di depan mata, memerlukan kesiapan disemua lini, mulai dari sektor ekonomi, tenaga kerja, hingga dunia pendidikan, harus siap terhadap perubahan yang akan terjadi di masa depan. Menyadari hal tersebut, Program MM Universitas Paramadina terus berbenah guna menghasilkan mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, kreatif dan beretika, sesuai dengan perkembangan dunia bisnis dan industri, tidak hanya secara lokal, tetapi juga regional dan internasional.

Dr. Ahmad Azmy, M.M, HRM.

Ketua Program Studi MM
Visi

Visi Keilmuan Program Studi Magister Manajemen adalah menjadi program studi yang menghasilkan lulusan unggul dengan kemampuan analisis dan pengambilan keputusan secara profesional yang selaras dengan nilai kepemimpinan, etika, kemitraan, dan ke-lslaman di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Misi
  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran manajemen dan bisnis yang menguatkan pembelajaran aplikatif dan adaptif.
  2. Menghasilkan penelitian yang berbasis pada peran kepemimpinan, etika, integritas, ke-lslaman, dan kemitraan, yang didiseminasi baik secara nasional maupun internasional yang memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat pada bidang manajemen dan bisnis berdasarkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan pembelajaran manajemen dan bisnis berbasis kepemimpinan, etika, integritas, ke-lslaman dan kemitraan
  4.  
Tujuan
  1. Tercapainya kualitas lulusan yang memiliki kemampuan analisis dan pengambilan keputusan secara profesional.
  2. Tercapainya kualitas lulusan yang memiliki integritas dan kejujuran, profesional, kreatif dan inovatif, empati, serta memiliki kearifan lokal.
  3. Tercapainya kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang Manajemen dan Bisnis dengan basis kepemimpinan, etika, Ke-lslaman, dan kemitraan pada Skala Asia Tenggara.
  4. Teraktualisasinya pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberikan kontribusi pada pemangku kepentingan.

KURIKULUM DAN METODE

Program Magister Manajemen (MM) Universitas Paramadina sangat memahami perkembangan bisnis dan keuangan global terkini, desain program MM disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjawab tantangan dan peluang bisnis dan keuangan yang berkembang. Prodi MM menawarkan empat peminatan dan konsentrasi, antara lain: Strategic Business and Finance, Islamic Finance, Marketing Management, Human Resource Management. Saat ini keempat konsentrasi tersebut, tengah menjadi trend perkembangan bisnis dan keuangan dunia. Program ini tidak saja memberikan kesempatan mahasiswa mempelajari state of the art knowledge, tetapi juga membangun jaringan dengan para tokoh bisnis dan institusi yang mereka kelola. Kurikulum dalam Program Studi MM FEB Universitas Paramadina memiliki tiga kompetensi yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama terkait dengan aspek pengetahuan utama terkait dengan fungsi manajemen dengan didukung oleh empat konsentrasi, yaitu bidang: Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia dan Bisnis dan Keuangan Islam.

RENCANA STUDI

Peminatan Keuangan Islam
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS MATA KULIAHSKS 

MATA KULIAH

SKS
Sistem Ekonomi dan Keuangan Islam3 Kepemimpinan dan Etika Bisnis3 Manajemen dan Bisnis Islam*3 Tesis3
Kemitraan3 Manajemen Strategik3 Manajemen Investasi Islam*3 Total SKS Semester 43
Manajemen Keuangan3 Sistem Informasi Manajemen3 Manajemen Risiko Keuangan Islam*3 Total SKS yang ditempuh: 38 
Manajemen Pemasaran3 Metode Riset3 Publikasi Ilmiah2   
Total SKS Semester 112 Total SKS Semester 212 Total SKS Semester 311   
           
* : Matakuliah Peminatan          
Peminatan Strategi Keuangan
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS
Sistem Ekonomi dan Keuangan Islam3 Kepemimpinan dan Etika Bisnis3 Kasus dan Riset Keuangan*3 Tesis3
Kemitraan3 Manajemen Strategik3 Manajemen Investasi*3 Total SKS Semester 43
Manajemen Keuangan3 Sistem Informasi Manajemen3 Strategi Keuangan*3 Total SKS yang ditempuh: 38 
Manajemen Pemasaran3 Metode Riset3 Publikasi Ilmiah2   
Total SKS Semester 112 Total SKS Semester 212 Total SKS Semester 311   
           
* : Matakuliah Peminatan          
Peminatan Pemasaran
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS
Sistem Ekonomi dan Keuangan Islam3 Kepemimpinan dan Etika Bisnis3 Strategi Branding*3 Tesis3
Kemitraan3 Manajemen Strategik3 Pemasaran Global*3 Total SKS Semester 43
Manajemen Keuangan3 Sistem Informasi Manajemen3 Perilaku Konsumen*3 Total SKS yang ditempuh: 38 
Manajemen Pemasaran3 Metode Riset3 Publikasi Ilmiah2   
Total SKS Semester 112 Total SKS Semester 212 Total SKS Semester 311   
           
* : Matakuliah Peminatan          
Peminatan SDM
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS
Sistem Ekonomi dan Keuangan Islam3 Kepemimpinan dan Etika Bisnis3 Manajemen Perubahan Organisasi*3 Tesis3
Kemitraan3 Manajemen Strategik3 Manajemen SDM Internasional*3 Total SKS Semester 43
Manajemen Keuangan3 Sistem Informasi Manajemen3 Manajemen SDM Strategik*3 Total SKS yang ditempuh: 38 
Manajemen Pemasaran3 Metode Riset3 Publikasi Ilmiah2   
Total SKS Semester 112 Total SKS Semester 212 Total SKS Semester 311   
           
* : Matakuliah Peminatan          
Peminatan Kemitraan
SEMESTER 1  SEMESTER 2  SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS MATA KULIAHSKS
Sistem Ekonomi dan Keuangan Islam3 Kepemimpinan dan Etika Bisnis3 Keberlanjutan Bisnis*3 Tesis3
Kemitraan3 Manajemen Strategik3 Kreativitas dan Inovasi*3 Total SKS Semester 43
Manajemen Keuangan3 Sistem Informasi Manajemen3 Manajemen Proyek*3 Total SKS yang ditempuh: 38 
Manajemen Pemasaran3 Metode Riset3 Publikasi Ilmiah2   
Total SKS Semester 112 Total SKS Semester 212 Total SKS Semester 311   
           
* : Matakuliah Peminatan          

STAF PENGAJAR

Dr. Iyus Wiadi,MPA, CMA.

Dosen
[email protected]

Bidang keilmuan yang diampu dan dikembangkan adalah manajemen pemasaran. Sejak tahun 1997 menjadi dosen tetap dan Kaprodi manajemen sampai (1997- 2002) universitas Paramadina. Pengalaman mengajar : Universitas Katholik Atmajaya (S2), Universitas Widyatama (S2), Universitas Parahyangan (S2), Universitas Pelita Harapan (S2) Universitas Maranatha (S2), Universitas Padjadjaran (S2). Pengalaman penelitian pada bidanng manajemen pemasaran, kewirausahaan dan kemitraan.

Pendidikan Formal:
1989 – Bachelor Degree of Economics/ Major Management (SE),Faculty of Marketing and Operation (FMO),Institute Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Bandung, Indonesia. 1997-Master Degree of Public Adnministrations (MPA),Faculty Economics and Applied Economics University of Antwerp (UA), Antwerp, Belgium 2006- Doctorate Degree of Economics/Marketing Manajemen (Dr), Faculty Economins and Business (FEB),Padjadjaran University (UNPAD), Bandung, Indonesia

    1. Marketing Communication (IMC)
    2. Marketing Management
    3. Strategic Management
    4. Entrepreneurship
    Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=i1_xIqkAAAAJ
    Profil SINTA: –
    ORCHID ID: 0000-0002-0723-3363
    SCOPUS ID: 57452102800

Dr. Handi Risza Idris

Dosen
[email protected]

Pendidikan Formal:
2001: Bachelor Degree (SE), Economy Development, Faculty of Economics, Universityof Andalas, Padang, Indonesia. 2005: Magister Degree (M.Ec), Economics Program, Kulliyah of Economics and Management Science, International Islamic University of Malaysia (IIUM), Malaysia 2012: Doctor of Philosophy (PhD), Islamic Economics, School of Postgraduate, Islamic State University, Jakarta, Indonesia

    1. Islamic Economics, Islamic Business and Finance, Islamic Marketing
    2. Macroeconomics
    3. Economics Development
    4. Public Finance
    5. Sustainability and Partnership
    Profil Google Scholar: –
    Profil SINTA: –
    ORCHID ID: –
    SCOPUS ID: –

Dr. Dra. Prima Naomi, M.T. CIQnR, AFA

Dosen
[email protected]

– Financial Management
– Research Methodology
– Operations Management
– Behavior finance & economics

Pendidikan Formal:
Sarjana (S.Sos), Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia Magister Manahemen (M.M.) Keuangan Stratejik, Universitas Paramadina, Jakarta.

Pendidikan Formal:
1993: Bachelor Degree (Dra.), Management -Faculty of Economic Airlangga University, Indonesia. 1996: Magister Degree (MT), Industrial Engineering Management, Bandung Institute of Technology, Indonesia 2016: Doctoral Degree (Dr.), Management, Indonesia University, Indonesia 2013: Research methodology improvement program, University of Queensland- Australia 2021: Certified International Quantitative Researcher (CIQnR), Quantum HRM International 2022: Accredited Financial Analyst (AFA), American Academy of Financial Management

Dr. Iin Mayasari, SIP, SPd, MM, Msi, CMA

Dosen
[email protected]

– Marketing Management
– Joined in Paramadina, since 2001

Pendidikan Formal:
1997: Bachelor Degree (SPd.), International Relationship, Faculty of Social and Political Science, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia. 1999: Bachelor Degree (SPd.), English Language Program, Language Faculty, University of Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia. 2001: Magister Degree (MM), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia 2001: Master Degree (MSi), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia. 2007: Doctor of Philosophy (PhD), Management Program in Marketing, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

  1. Branding
  2. Marketing
  3. Consumer Behavior
  4. Business Sustainability
  5. Partnership/Engagement

Profil Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=5jKf5AQAAAAJ&hl=en
Profil SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6001447
ORCHID ID: 0000-0002-9196-4467
SCOPUS ID: 57223117659

Dr. Ari Pratiwi

Dosen
[email protected]

Dr. Ari Pratiwi menyelesaikan program Doktoralnya dalam Bidang Ekonomi Islam di Universitas Trisakti. Berpengalaman Lebih dari 23 tahun dalam bidang teknologi informasi, dimana beliau memiliki keahlian dalam bidang penjualan (sales), pengiriman (delivery), konsultasi (Consultancy), manajemen proyek, strategi bisnis dalam pendampingan dan pengembangan teknologi informasi. Memiliki pengetahuan yang luas di banyak industri, beliau Juga meemiliki pengetahuan dan pengalaman tingkat lanjut (advance) dalam bidang arsitek Software. Selain itu, beliau menguasai Keterampilan analitis, organisasi, dan interpersonal yang sangat baik. Memperdalam pengetahuan industri perbankan dalam 10 tahun terakhir. Selain peran sebagai Arsitek, beliau juga mengelola Cloud Teknis dan Tim Kognitif dan Arsitek di Indonesia. Dia juga memegang Associate Certified Coach, aktif melakukan pembinaan di dalam dan di luar IBM, komunitas global dan lokal Indonesia. Dia adalah anggota dari IBM Blue Core Coach dan International Coach Federation chapter Jakarta. Saat ini beliau merupakan salah satu Dosen Manajemen di Universitas Paramadina, dengan spesialisasi Teknologi dan Perbankan Syariah dan Bisnis sejak tahun 2017. Selain kegiatan terkait IT dan Ekonomi dan keuangan Islam, ia juga melakukan kegiatan sosial terkait pemberdayaan perempuan dan pendidikan.

Profil Google Scholar: –
Profil SINTA: –
ORCHID ID: –
SCOPUS ID: –

Dr. Nicko Albart, M.M., M.B.A

Dosen
[email protected]

Keilmuan yang dikembangkan adalah Manajemen Keuangan dan Manajemen Investasi. Pengalaman kerja menangani penerbitan obligasi global (global bond issuance), corporate restructuring, portfolio management, pengembangan usaha dan akuisisi. Penelitian diarahkan untuk membahas tentang keuangan korporasi, struktur modal/pembiayaan, dan investasi perusahaan.

  • Pendidikan Formal:
    2005: Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya 2009: Master of Engineering, Economics Mining, Ecoles des Mines de Paris, France. 2014: Master of Business Administration, Hamburg School of Business Administration, Germany. 2020: Doktor Manajemen dan Bisnis, Keuangan dan Investasi, Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor.
  1. Sustainable Finance
  2. Corporate Finance
  3. Investment
  4. Corporate Governance
  5. Behavioral Finance

Profil Google Scholar: –
Profil SINTA: –
ORCHID ID: –
SCOPUS ID: –

Dr. Ahmad Azmy, M.M, HRM.

Dosen
[email protected]

Keilmuan yang dikembangkan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengalaman kerja pernah menjabat sebagai Dekan School of Management and Leadership, Tanri Abeng University (2017-2020). Pengalaman mengajar pada beberapa kampus meliputi Universitas Bina Nusantara, ESQ Business School, STIE Ahmad Dahlan, dan beberapa kampus swasta lainnya. Penelitian diarahkan untuk membahas tentang Employee Engagement, Workforce Agility, Green HR, dan Leadership.

Pendidikan Formal:
2009: Bachelor Degree (S.E), Management, Faculty of Economic and Sosial Sciences, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2010: Bachelor Degree (SPd.), English Language Program, Faculty of Education, Indraprasta University. 2012: Magister Degree (MM), Management Program, IPMI International Business School, Jakarta. 2017: Doctoral of Science Management (DIM), Human Resources Management, Jakarta State University.

    1. Employee Engagement
    2. Green HR
    3. Transformational Leadership
    4. Employee Retention / Turnover Intention
    5. Innovative Work Behavior
    Profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=_qJMROwAAAAJ&hl=en
    Profil SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6089348
    ORCHID ID: 0000-0002-5053-7733
    SCOPUS ID: 57810984800
    WOS ID: AED-9931-2022

Dr. Hendri Budi Satrio, S.Sos, M.Ikom,

Dosen
[email protected]

2007 – Sekarang: Dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina 2022 – Sekarang: Dosen Magister Management Universitas Paramadina

Pendidikan Formal:
1999: Sarjana Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, FIKOM Universitas Padjajaran 2002: Magister Ilmu Komunikasi, Manejemen Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia 2020: Doctor of Research in Management, Universitas Bina Nusantara
  1. Komunikasi
  2. Politik
  3. Kepemimpinan
Profil Google Scholar: –
Profil SINTA: –
ORCHID ID: –
SCOPUS ID: –
GALERI KEGIATAN

DOKUMENTASI
BERBAGAI KEGIATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

PROFIL MAGISTER MANAJEMEN

Testimoni Alumni

Apa Kata Alumni
Magister Manajemen
Universitas Paramadina

QUICK LINKS