Profil Program Studi Psikologi

Program Studi Psikologi Universitas Paramadina berdiri pada tahun 2000 dan telah terakreditasi dengan nilai B. Program Studi Psikologi mempelajari berbagai aspek proses mental dan perilaku manusia baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial. Program Studi Psikologi berperan penting dalam masyarakat modern yang kompleks. Disiplin ilmu ini semakin berkembang seiring dengan perkembangan jaman yang juga mempengaruhi perilaku manusia.

Terdapat lima kajian yang dipelajari di program studi psikologi yaitu psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, dan psikologi perkembangan. Kajian ini juga didukung pula kajian dalam bidang ilmu falsafah, agama serta ilmu budaya lainnya, disamping ilmu statistik, metodologi penelitian dan ilmu faal.
VISI
Mewujudkan Program Studi Psikologi yang memiliki profesionalitas keilmuan dan praktis berstandar dunia, serta mengedepankan nilai etika dan keragaman pada tahun 2025.
MISI
TUJUAN
PROFIL LULUSAN
KOMPETENSI LULUSAN

Kurikulum dan Metode

Kurikulum Program Studi Psikologi pada dasarnya dirumuskan dengan mengacu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan dunia kerja yang ada. Kurikulum Program Studi Psikologi juga memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk bidang ilmu Psikologi pada level pendidikan sarjana dengan mengacu kepada standar kurikulum yang digariskan dalam kolokium Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI).

Untuk memperoleh gelar sarjana mahasiswa wajib menyelesaikan 145 SKS, termasuk 6 SKS skripsi, yang secara keseluruhan dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.

Proses pembelajaran yang ditawarkan bersifat student-oriented, active learning melalui diskusi, simulasi, e-learning, dan didukung oleh praktikum-praktikum terkait dengan administrasi alat-alat tes psikologi. Selain itu program studi psikologi mengadakan studium general maupun kuliah tamu dengan mengundang dosen tamu yang ahli dibidangnya serta kunjungan ke institusi yang relevan dengan materi dan tujuan perkuliahan.
Semester 1-4
Semester 5-8

Profil Dosen

Dr. Devi Wulandari, M.Sc.
Ketua Program Studi Psikologi
Cut Mellyza Rizka, M.Si
Sekertaris Program Studi Psikologi
Alfikalia, M.Si., Psikolog
Dosen Prodi Psikologi
Handrix Chris Haryanto, M.A.
Dosen Prodi Psikologi
Dinar Saputra, M.Psi, Psikolog
Dosen Prodi Psikologi
Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc
Dosen / Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Tia Rahmania, M.Psi, Psikolog
Dosen Prodi Psikologi
Dr. Ghozali. M.Si.
Dosen Prodi Psikologi
Syarifaniaty Miranda Agustina, M. Psi, Psikolog
Dosen Prodi Psikologi
Johan Ramadhan Nurwardana, M.A., M.T.
Dosen Prodi Psikologi
Alifia Ulie Mizana Hadori, M. Psi., Psikolog
Dosen Prodi Psikologi
Elis Yulia Ningsih, M.Psi., Psikolog
Dosen Prodi Psikologi
Muhammad Iqbal, Ph.D., Psikolog
Dosen Prodi Psikologi

Ayo gabung keluarga besar Psikologi Paramadina!

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1 dan S2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cikarang
District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed