Suara Moral dari Kampus

Print

PRESS RELEASE "SUARA MORAL DARI KAMPUS" (20/12)

Civitas Akademika Universitas Paramadina menyatakan sikap bertajuk "Suara Moral dari Kampus" dalam rangka menjaga komitmen pada demokrasi dan keadilan, pada Rabu 20 Desember 2023 di selasar Auditorium Nurcholish Madjid pukul 14:00-15:00 WIB. Kegiatan ini dihadiri segenap dosen, mahasiswa, dan alumni Universitas Paramadina.

 

Seruan moral yang diinisiasi dan disampaikan oleh Pipip A. Rifai Hasan, Ph.D tersebut berisi empat tuntutan, yang pertama ditujukan kepada pemerintah untuk memberikan jaminan atas kebebasan berpendapat bagi semua warga tanpa kekhawatiran adanya kriminalisasi dan menghentikan tindakan pelemahan terhadap pemberantasan korupsi. Kedua ditujukan pada lembaga hukum agar ditegakkan hukum berdasarkan prinsip kebebasan dan hak asasi manusia. Ketiga, kepada parlemen dan partai politik agar dapat menyuarakan aspirasi rakyat sebagaimana semestinya dan berpihak pada kepentingan rakyat serta demokrasi. Keempat, ditujukan kepada seluruh akademisi, pegiat masyarakat sipil, dan media massa agar terus menjaga spirit demokrasi, keadilan, dan anti KKN. 

 

 

Dr. Sunaryo, dosen Universitas Paramadina yang juga tergabung dalam penyeru moral dari kampus menyampaikan dalam pembukaan bahwa pernyataan sikap ini bersifat luhur dalam konteks etika. "Pernyataan ini tidak bersifat praktis atau mendukung salah satu partai. Yang disuarakan merupakan hal yang seharusnya dilakukan sebagai warga negara, pemerintah, dan civil society demi menjaga komitmen terhadap asas keadilan dan demokrasi."

 

Joomla SEF URLs by Artio