Previous Next

Akademisi Universitas Paramadina Melakukan Penilaian terhadap Kualitas Program Siaran Berita TvOne, Kompas TV, dan Metro TV

Print

Jakarta, 11 Mei 2023. Universitas Paramadina bekerjasama dengan KPID DKI Jakarta mengadakan seminar hasil evaluasi materi siaran berita di stasiun televisi nasional ( TvOne, Kompas TV, dan Metro TV). Acara yang  berlangsung pada Kamis 11 Mei 2023 ini dihadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa Program  Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina serta perwakilan dari KPID Provinsi DKI  Jakarta, Bambang Pamungkas, M.Ikom, selaku anggota komisioner.

Kencana Ariestyani, M.Si dalam pemaparannya menilai bahwa Program Berita di Stasiun TvOne secara umum telah memenuhi dan menerapkan prinsip jurnalistik dan berpedoman pada P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran). Meskipun sebagian besar isi pemberitaan telah menerapkan prinsip jurnalistik dan aman untuk ditonton oleh masyarakat, namun TvOne masih menampilkan unsur kekerasan pada berita lokal dengan menayangkan video amatir yang banyak diambil oleh warga lalu diunggah dan kemudian menjadi viral di media sosial dan tidak di sensor. “Kami berharap agar ke depannya TvOne mampu memperhatikan kualitas tayangan kepada penonton, terutama pada unggahan tayangan yang berasal dari video amatir warga yang tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik dan minimnya kualitas secara visual”, tegas Kencana. 

Sama halnya dengan TvOne, Lina Anggraeni, M.I.K juga menilai bahwa materi pemberitaan kompas TV, secara umum telah memenuhi standar jurnalistik dan memperhatikan kaidah P3SPS. Namun Lina lebih menekankan agar Kompas TV lebih memperhatikan video-video amatir khususnya pada tayangan berita bencana yang dinilai masih kurang menunjukkan empati kepada korban terutama pada video amatir yang dikirim oleh warga. Selain itu. Lina juga menyoroti tentang isu pemberitaan politik di Kompas TV agar kedepannya dapat adil dan berimbang dalam menayangkan pemberitaan kandidat, terutama para capres yang akan maju pada pemilu 2024 mendatang. 

Pada pemberitaan Metro TV, Mila Falma Masful, M.Si menilai secara umum Mtero TV sudah memberikan kualitas pemberitaan yang sesuai prinsip kode etik dengan menghormati dan tidak merendahkan suatu nilai kesukuan yang berlaku di kalangan masyarakat tertentu. “Metro TV juga telah mengutamakan dialog dan diskusi mengenai isu yang sedang hangat terjadi. Sehingga keseluruhan program acara dibawakan secara adil dan berimbang, tidak berpihak, tidak menghasut dan menyesatkan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini pribadi,” Pungkasnya.  

 

Joomla SEF URLs by Artio