Ilmu Komunikasi berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi belakangan ini. Komunikasi yang dulunya ditilik dalam konteks pesan antar manusia, di abad 21 ini komunikasi lebih dimaknai sebagai komoditas dan industri. Untuk merespon perkembangan tersebut, kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi menitikberatkan pada kemampuan menguasai bentuk-bentuk komunikasi strategis dan integratif, dengan ruang lingkup:
Prodi Ilmu Komunikasi berusaha untuk mewujudkan pendidikan kreatif dengan menjadi pusat ilmu dan budaya komunikasi yang inovatif dengan kepekaan etika yang diwarnai semangat kemanusiaan, penuh pengertian dan toleransi.
Program Studi Ilmu Komunikasi berusaha untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu serta teknologi komunikasi, dengan membentuk komunitas intelektual komunikasi yang kreatif, menghormati kebebasan mimbar akademik, dan berkepribadian mulia.
Program studi Ilmu Komunikasi berusaha untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar yang kritis, kreatif dan komunikatif, memiliki jiwa kepemimpinan, memahami konsep dan cakap berkarya dengan teknologi komunikasi, memiliki keluasan wawasan komunikasi dalam masyarakat multikultural serta berjiwa wirausaha.
Kurikulum disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menstimulasi kreativitas mahasiswa dalam bidang komunikasi. Kurikulum diawali dengan mata kuliah pengetahuan dasar yang relevan dengan Ilmu Komunikasi serta mata kuliah aplikasi dari teori-teori.
Untuk memperoleh gelar sarjana mahasiswa wajib menyelesaikan 146 SKS, yang seluruhnya dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.
SEMESTER 1 | SEMESTER 2 | ||
NAMA MATA KULIAH | SKS | NAMA MATA KULIAH | SKS |
Teknologi Informasi dan Komunikasi (MKU) | 3 | Anti Korupsi (MKU) | 3 |
Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis (MKP) | 4 | Pendidikan Agama (MKU) | 2 |
Etiket Profesional (MKP) | 2 | Sosiologi (MKF) | 3 |
Komunikasi Antar Persona (MKP) | 3 | Komunikasi Organisasi (MKP) | 3 |
Komunikasi dan Perilaku Manusia (MKP) | 3 | Media dan Masyarakat (MKP) | 3 |
Komunikasi Politik (MKP) | 3 | Pengantar Hubungan Masyarakat (MKP) | 2 |
Seni Berbicara (MKP) | 2 | Pengantar Komunikasi Pemasaran dan Periklanan (MKP) | 2 |
Pengantar Penyiaran Multimedia (MKP) | 2 | ||
SEMESTER 3 | SEMESTER 4 | ||
NAMA MATA KULIAH | SKS | NAMA MATA KULIAH | SKS |
Bahasa Indonesia (MKU) | 2 | Fotografi dan Videografi (MKP) | 4 |
Nilai Hidup Paramadina (MKU) | 3 | Komunikasi Bisnis di Era Digital (MKP) | 2 |
Penulisan Humas (MKP) | 3 | Komunikasi Multikultural (MKP) | 3 |
Penulisan Jurnalistik (MKP) | 3 | Komunikasi Persuasif dan Presentasi Efektif (MKP) | 6 |
Penulisan Naskah Iklan dan Konten Promosi Digital (MKP) | 3 | Literasi Media (MKP) | 3 |
Psikologi Komunikasi (MKP) | 3 | Seni Bercerita (MKP) | 2 |
Teori Komunikasi (MKP) | 3 | ||
SEMESTER 5 | SEMESTER 6 | ||
NAMA MATA KULIAH | SKS | NAMA MATA KULIAH | SKS |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (MKU) | 3 | Kewirausahaan (MKU) | 3 |
Sejarah, Falsafah dan Sains | 3 | Antropologi Madani (MKF) | 3 |
Dasar-dasar Riset (MKP) | 5 | Komunikasi Krisis (MKP) | 3 |
Perilaku Konsumen (MKP) | 3 | Komunikasi Pemasaran Terpadu (MKP) | 3 |
Produksi Konten Digital (MKP) | 3 | Riset Kuantitatif (MKP) | 3 |
Mata Kuliah Pilihan* (MKP) | 3 | Riset Media Digital (MKP) | 3 |
Mata Kuliah Pilihan* (MKP) | 2 | ||
SEMESTER 7 | SEMESTER 8 | ||
NAMA MATA KULIAH | SKS | NAMA MATA KULIAH | SKS |
Filsafat Komunikasi (MKP) | 3 | Karya Akhir | 6 |
Hukum dan Etika Komunikasi (MKP) | 2 | ||
Portofolio (MKP) | 4 | ||
Riset Kualitatif (MKP) | 3 | ||
Seminar Proposal (MKP) | 3 | ||
Mata Kuliah Pilihan* (MKP) | 3 | ||
Mata Kuliah Pilihan* (MKP) | 2 |
NAMA MATA KULIAH | SKS | |||
Komunikasi Visual | 2 | |||
Manajemen PR | 3 | |||
Pengelolaan Media Digital | 3 | |||
Pengelolaan Merek | 3 | |||
Produksi Acara TV Digital | 2 |