Ilmu Komunikasi

Tentang Prodi Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi belakangan ini. Komunikasi yang dulunya ditilik dalam konteks pesan antar manusia, di abad 21 ini komunikasi lebih dimaknai sebagai komoditas dan industri. Untuk merespon perkembangan tersebut, kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi menitikberatkan pada kemampuan menguasai bentuk-bentuk komunikasi strategis dan integratif, dengan ruang lingkup:

  1. Peminatan Humas Digital: menitikberatkan pada mengelola citra perusahaan atau organisasi nirlaba. Di sini mahasiswa belajar bagaimana mengatasi situasi yang dapat menimbulkan krisis komunikasi, mendesain proses komunikasi yang sesuai dan mengimplementasikannya pada realitas keseharian serta mengevaluasi hasil untuk perbaikan langkah selanjutnya.
  2. Peminatan Komunikasi Pemasaran Digital: memfokuskan pada pengembangan teoritis dan praktis pada departemen kreatif advertensi dan mempelajari konsep-konsep serta strategi pengelolaan merek berbasis digital. Termasuk diantaranya pengelolaan pesan-pesan serta bagaimana mengkomunikasikan pesan merek kepada khalayak.
  3. Peminatan Media Penyiaran Digital: fokus pada penyiapan sumber daya manusia yang siap pakai untuk kebutuhan industri televisi dan radio maupun rumah produksi (production house) yang berbasis new media.

Tri Wahyuti, M.Si

Ketua Program Sarjana Ilmu Komunikasi
Visi

Prodi Ilmu Komunikasi berusaha untuk mewujudkan pendidikan kreatif dengan menjadi pusat ilmu dan budaya komunikasi yang inovatif dengan kepekaan etika yang diwarnai semangat kemanusiaan, penuh pengertian dan toleransi.

Misi

Program Studi Ilmu Komunikasi berusaha untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu serta teknologi komunikasi, dengan membentuk komunitas intelektual komunikasi yang kreatif, menghormati kebebasan mimbar akademik, dan berkepribadian mulia.

Tujuan

Program studi Ilmu Komunikasi berusaha untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar yang kritis, kreatif dan komunikatif, memiliki jiwa kepemimpinan, memahami konsep dan cakap berkarya dengan teknologi komunikasi, memiliki keluasan wawasan komunikasi dalam masyarakat multikultural serta berjiwa wirausaha.

KURIKULUM DAN METODE

Kurikulum disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menstimulasi kreativitas mahasiswa dalam bidang komunikasi. Kurikulum diawali dengan mata kuliah pengetahuan dasar yang relevan dengan Ilmu Komunikasi serta mata kuliah aplikasi dari teori-teori.

Untuk memperoleh gelar sarjana mahasiswa wajib menyelesaikan 146 SKS, yang seluruhnya dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.

Kurikulum S1 Ilmu Komunikasi
SEMESTER 1 SEMESTER 2 
NAMA MATA KULIAHSKSNAMA MATA KULIAHSKS
Teknologi Informasi dan Komunikasi (MKU)3Anti Korupsi  (MKU)3
Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis (MKP)4Pendidikan Agama (MKU)2
Etiket Profesional  (MKP)2Sosiologi (MKF)3
Komunikasi Antar Persona (MKP)3Komunikasi Organisasi (MKP)3
Komunikasi dan Perilaku Manusia (MKP)3Media dan Masyarakat (MKP)3
Komunikasi Politik  (MKP)3Pengantar Hubungan Masyarakat (MKP)2
Seni Berbicara (MKP)2Pengantar Komunikasi Pemasaran dan Periklanan (MKP)2
  Pengantar Penyiaran Multimedia (MKP)2
    
SEMESTER 3 SEMESTER 4 
NAMA MATA KULIAHSKSNAMA MATA KULIAHSKS
Bahasa Indonesia (MKU)2Fotografi dan Videografi (MKP)4
Nilai Hidup Paramadina (MKU)3Komunikasi Bisnis di Era Digital (MKP)2
Penulisan Humas (MKP)3Komunikasi Multikultural (MKP)3
Penulisan Jurnalistik (MKP)3Komunikasi Persuasif dan Presentasi Efektif (MKP)6
Penulisan Naskah Iklan dan Konten Promosi Digital (MKP)3Literasi Media (MKP)3
Psikologi Komunikasi (MKP)3Seni Bercerita (MKP)2
Teori Komunikasi (MKP)3  
    
SEMESTER 5 SEMESTER 6 
NAMA MATA KULIAHSKSNAMA MATA KULIAHSKS
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (MKU)3Kewirausahaan (MKU)3
 Sejarah, Falsafah dan Sains                                                  3Antropologi Madani (MKF)3
Dasar-dasar Riset (MKP)5Komunikasi Krisis (MKP)3
Perilaku Konsumen (MKP)3Komunikasi Pemasaran Terpadu (MKP)3
Produksi Konten Digital (MKP)3Riset Kuantitatif (MKP)3
Mata Kuliah Pilihan* (MKP)3Riset Media Digital (MKP)3
  Mata Kuliah Pilihan* (MKP)2
    
SEMESTER 7 SEMESTER 8 
NAMA MATA KULIAHSKSNAMA MATA KULIAHSKS
Filsafat Komunikasi (MKP)3Karya Akhir6
Hukum dan Etika Komunikasi (MKP)2  
Portofolio (MKP)4  
Riset Kualitatif (MKP)3  
Seminar Proposal (MKP)3  
Mata Kuliah Pilihan* (MKP)3  
Mata Kuliah Pilihan* (MKP)2  
Mata Kuliah Pilihan
NAMA MATA KULIAHSKS   
Komunikasi Visual2   
Manajemen PR3   
Pengelolaan Media Digital3   
Pengelolaan Merek3   
Produksi Acara TV Digital2   

Pengajar

Atika Budhi Utami, M.I.K

Kurniawaty Yusuf, M.Si.

Lina Anggraeni, M.I.Kom

Tri Wahyuti, M.Si

Totok A. Soefijanto, Ph.D

Mila Falma Masful, M.I.Kom

Leonita K Syarief, M.Si

Kencana Ariestyani, M.Si

Faris Budiman Annas, M.Si

Erik Ardiyanto, M.Ikom

Wahyutama, Ph.D

Dr. Prabunindya R. Revolusi, M.I.K

Dr. Rini Sudarmanti, M.Si

Juni Alfiah Chusjairi, Ph.D.

Rahardian Shandy Ekohandito, M.I.Kom

Annisa Luthfiyyah, M.I.Kom

Haikal, M.I.Kom

PROSPEK KERJA

Beberapa profesi yang bisa diambil setelah studi
  • Jurnalis
  • Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
  • Event Organizer
  • Praktisi Periklanan/Advertising
  • Konsultan Media dan Periklanan
  • Marketing Communications
  • Pengusaha
  • Script Writer
  • Start Up Perusahaan
  • Web Developer
  • Negosiator
  • Video Blogger
  • Announcer dan Presenter
  • Penyiar Radio
  • Reporter
  • Editor
  • Penulis
GALERI

Galeri Program Studi
Ilmu Komunikasi

Scan untuk dapat Informasi lengkap Kegiatan Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi

Komunitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi
(KOMIK)