Pesan Tertinggi Puasa

Oleh Aan Rukmana

Marhaban ya Ramadan. Tahun ini kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan. Dibangunkan di pagi hari untuk sahur, melaksanakan ibadah puasa, sampai azan magrib berkumandang.

Salah satu hikmah puasa bagi umat Islam adalah untuk melatih diri agar senantiasa ingat dan bisa merasakan kehadiran Allah SWT. Selama ini, barangkali Allah lebih banyak diucapkan namun jarang dirasakan. Barang kali kitab suci Alquran hanya kita baca, namun tidak merasakan kehadiran Allah SWT.

Di bulan puasa ini Allah SWT seakan memberikan kita undangan untuk merasakan kembali kehadiran-Nya. Berkat kehadiran-Nya pula hati senantiasa menjadi bersih dan lebih sensitif untuk melakukan lebih banyak kebaikan. Kapan pun dan di mana pun, hati kita senantiasa berpencar kenyamanan, keademan, dan juga kesejukan.

Hidup ini memang tidak mudah. Terlalu banyak masalah yang kita hadapi dan lewati. Kita sakit, menangis, dan merintih sedih. Tetapi Allah SWT memanggil kita lewat bulan nan suci ini supaya kita merasakan kembali kehadiran-Nya.

Apabila kita selalu ingat Allah dalam setiap hembusan napas, niscaya hidup kita menjadi tenang. Jika hati tenang, apapun yang dijalani akan terasa ringan dan tenang. Kita pun menjadi manusia yang tak mudah termakan isu-isu negatif. Juga tidak mudah melihat orang lain dengan kacamata pesimis.

Dengan begitu, kita akan ditinggikan oleh Allah menjadi orang yang baik hatinya sehingga menciptakan masyarakat yang baik pula. Masyarakat yang baik adalah masyarakat yang memiliki rahman dan rahim. Rahman berarti menyebar kasih sayang dan rahim yang berarti memiliki kasih sayang di hati kita.

Itulah pesan tertinggi dari ibadah puasa yang kita lakukan. Oleh sebab itu, kita bisa kembali kepada Allah SWT dengan penuh kedamaian. Dan kembali melalui jalan pulang yang Allah berikan kepada kita, rahman dan rahim.

Penulis merupakan staf pengajar di Universitas Paramadina

sumber:

http://www.beritasatu.com/ramadansatu/jalan-pulang/493877-pesan-tertinggi-puasa.html 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

Hubungi Kami

Kampus Jakarta
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Indonesia
T. +62-21-7918-1188
T. 0815-918-1190

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cipayung
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9, 
Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880�
T. 0815-818-1186


Kampus Cikarang

District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192�