Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2013 “

JIEXPO Kemayoran, 11-14 Maret 2013

 

‘Design For Local Material…’

Tidak hanya terbatas pada solusi bentuk…Desainer juga mempertimbangkan peran desain dalam pemanfatan kekayaan lokal yang berdampak pada perekonomian. Perkembangan desain berbasis material lokal dapat memberdayakan pengrajin dan UKM dalam negeri dengan menghasilkan produk yang dapat diserap pasar. Peningkatan pemanfaatan bahan baku dalam negeri dilakukan melalui strategi pengembangan aneka jenis produk furniture. Melalui desain, produsen dapat menawarkan aneka macam produk di pasar. Produk yang memenuhi kebutuhan konsumennya akan mudah diserap pasar, oleh karena itu desainer harus kreatif dalam menangkap permasalahan guna menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

 Demikian Program studi DPI universitas Paramadina membimbing mahasiswa untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki kedekatan dengan pasar melalui desain yang memanfaatkan material lokal untuk menjawab kebutuhan konsumennya. Dengan kemampuan ini maka desainer dapat berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian, khususnya bagi UKM dan masyarakat produsen bahan baku.

 Pada keikutsertaannya kali ini, prodi DPI menampilkan produk-produk furniture dengan tema “Pemanfaatan material rotan pada aneka jenis furniture”, seperti : Ritmo Chair (produk kursi santai dengan fitur penempatan gadget),Caryes Chair (kursi untuk penderita tuna grahita), Mommy Chair (kursi fasilitas umum untuk ibu menyusui), dsb.

 Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau Improdes Paramadina (HIMA Desain Produk Industri), jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. Tentunya terima kasih kepada ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertaraf internasional ini. (DPI/Maret 2013)

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

Hubungi Kami

Kampus Jakarta
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Indonesia
T. +62-21-7918-1188
T. 0815-918-1190

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cipayung
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9, 
Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880�
T. 0815-818-1186


Kampus Cikarang

District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192�