Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina, tahun ini kembali ikut serta dalam kegiatan rutin forum nasional yaitu KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis) yang ke-13. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-5 Oktober 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat. Kegiatan tersebut diagendakan setiap tahun sekali secara acak di Kota-kota anggota KMDGI di Indonesia. KMDGI Merupakan sebuah forum nasional bagi mahasiswa DKV untuk bertukar informasi serta edukasi, memahami konsep kreatif, mengapresiasi karya antar mahasiswa  DKV se-Indonesia yang setiap agendanya telah ditentukan tema besar, yang berfungsi sebagai keyword bagi peserta KMDGI untuk menerjemahkan nya menjadi karya-karya dalam pameran tersebut. Tema besar KMDGI XIII yakni "Hoax" namun syarat akan netralitas terhadapa isu politik yang saat ini tengah bergejolak di Indonesia.

Dalam kesempatan KMDGI kali ini, mahasiswa DKV Universitas Paramadina berhasil menarik perhatian pengunjung serta anggota forum KMDGI lainnya, karena karya yang ditampilkan yang tidak biasa. Sesuai dengan tema yang diusung kemudian ditentukan menjadi beberapa kategori yakni simbiotik, tematik dan simbolik.

Karya simbiotik berbentuk film pendek dan karya tematik berbentuk rancangan instalasi patung yang syarat makna berjudul "Hanya Memberi", kedua kategori tersebut dirancang dengan sub tema yang sama oleh mahasiswa DKV Universitas Paramadina. Karya eye catching dari ketiga kategori tersebut yakni karya tematik. Walaupun tidak menjadi karya tematik favorite namun karya tersebut mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung yang terlihat sangat antusias dan tertaik untuk mengetahui informasi serta edukasi dari karya tersebut di stand booth Universitas Paramadina. Adapun karya simbolik yang dirancang oleh mahasiswa berbentuk buklet dengan konten berupa makanan khas Jakarta yang diaplikasikan dengan gaya ilustrasi 2 Dimensi, melalui karya tersebut diharapkan makanan khas Jakarta dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat Indonesia secara umum.

Universitas Paramadina namun mendapatkan kehormatan untuk menjadi dewa juri dalam ajang kompetisi bergengsi nasional tingkat SMU yakni FLS2N (Festival & Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat Provinsi Banten. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Marbella Anyer Banten, pada tanggal 19 - 21 Agustus 2019. Enam orang dosen di undang untuk menjadi dewa juri dengan kategori yang sesuai dengan kompetensi bidang keilmuannya. Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual yaitu, Ibu Ayoeningsih Dyah (Juri Poster), Bpk. Agoes Joesoef (Juri Film Pendek), Bpk. Rio Satriyo Hadiwijoyo (Juri Film Pendek), Bpk. Mohamad Dzikri Alhamdi (Juri Poster). Kemudian dari dosen program studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina yaitu Ibu Tri Wahyuti (Juri Poster), dan Ibu Atika Budhi Utami (Juri Monolog).

Salah satu bentuk pembelajaran di Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina adalah studi langsung ke lapangan, tujuannya adalah pengenalan mahasiswa kepada objek rupa dan bagian dari meningkatkan daya apresiasi. Pada matakuliah Sejarah Visuan Nusantara, mahasiswa diminta berkunjung ke Museum Basoeki Abdullah dimana mahasiswa mengapresiasi dan menganalisa konsep dan gagasan visual dalam karya yang di pamerkan. Manfaat yang didapat adalah mahasiswa dapat menggali idea dalam karya rupa, sehingga dapat menjadikan wawasan baru bagaimana sebuah proses karya dan mendesain dapat lahir, sehingga secara tidak langsung memberikan pengayaan wawasan kepada mahasiswa. Kegiatan ini untuk studi lapangan Sejarah Visual Nusantara yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019.

Sabtu, 14 September 2019 diadakan workshop sablon kaos bergaya visual Betawi, bertempat di Yayasan Bina Anak Pertiwi Jakarta. Yayasan ini berada dibawah pimpinan Ali Imran, memiliki warga binaan yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Warga Binaan ditempat ini umumnya berasal daru kaum jalanan, yang tidak memiliki kehidupan yang layak, umumnya profesi mereka adalah pemulung, pengamen jalanan dan mayoritas adalah pengangguran.

Kegiatan acara dimulai pada pukul.09.00 sampai dengan pukul.12.30 dengan sambutan dari perwakilan pengelola yayasan. serta dilanjutkan dengan pemberian teori dasar sablon oleh Bapak Agoes Joesoef dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina.  Pada Praktiknya para peserta di dampingi oleh dosen dan mahasiswa DKV Universitas Paramadina yang turut andil dalam pelatihan sablon ini.

Kaos yang dibuat dapat dibawa pulang oleh para peserta workshop untuk menjadi tanda mata dan souvenir. pada akhir pelatihan diberikan pemaparan bahan dan biaya produksi sablon, agar para peserta kelak dapat memproduksi kaosnya sendiri. Sehingga dapat memulai usaha dan menopang perekonomian keluargannya dengan lebih mandiri.

Salah satu agenda untuk menambah jejaring dan penerapan aspek Tridharma sekaligus memperkaya kegiatan mahasiswa di lingkungan prodi DKV Universitas Paramadina. maka dilakukan kerjasama dengan Yayasan Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia. Yakni sebuah pusat studi independen yang mendedikasikan dirinya untuk melakukan penelitian dan interdisipliner berkaitan dengan Islam, Negara dan Ilmu Kemanusiaan dan ke Indonesia-an pimpinan dari Bapak Henry Simarmata. MoU di laksanakan di Ruang Andalusia Universitas Paramadina pada tanggal 10 September 2019 yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Rekayasa Ibu Gilang Cempaka, Ketua Program Studi DKV Ibu Ayoeningsih Dyah, Direktur LPPM Bapak Dr. Sunaryo, dan sejumlah dosen program studi DKV dan dari Yayasan Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia yakni Bapak Henry Simarmata dan Bapak Candra.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed