- Beranda
- Tentang Kami
- Mahasiswa
- Program Studi
-
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Fakultas Ilmu Rekayasa
-
- Kampus
- Pendaftaran
- Pusat Karier
- Alumni
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang berkembang pesat. Perkembangan keilmuan desain komunikasi visual saat ini menyentuh wilayah lain, diantaranya bidang pemasaran. Desain komunikasi visual tidak lagi hanya berkutat di wilayah estetika namun lebih jauh dituntut untuk dapat menjadi senjata utama dalam pencitraan, atau yang lebih dikenal dengan istilah branding. Perkembangan tersebut menjadi landasan dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina untuk mengarahkan kompetensinya pada integrated branding strategy. Kompetensi ini difokuskan pada kemampuan berpikir kreatif dan strategis dalam merancang sebuah strategi brand yang diimplementasikan melalui sebuah karya visual yang sistematis dan efektif. Selain menguasai bidang keilmuannya, seorang desainer juga dituntut untuk mampu mengaplikasikan keilmuannya dalam masyarakat. Program studi, sesuai dengan misi universitas, mengasah soft skill mahasiswa mampu bersaing dalam dunia profesinya di masa mendatang. Seluruh kompetensi yang dibutuhkan menjadi dasar penyusunan kurikulum dan metode pengajaran yang senantiasa dikembangkan dan diperbaharui.
Mewujudkan Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul dalam menyelaraskan dinamika keilmuan dan teknologi terkini, peduli terhadap permasalahan sosial-budaya serta beretika, dalam skala nasional maupun regional di tahun 2025.
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis kompetensi. Metode perkuliahan utama berbasis pada kelas studio, dan kelas kecil. Kelas studio memberikan keleluasaan pada pendekatan terhadap mahasiswa secara individual yang mendukung pada pengembangan potensi setiap pribadi. Proses pembelajaran didukung oleh fasilitas laboratorium komputer, laboratorium audio visual, dan studio fotografi, untuk mendukung kompetensi di bidang teknologi produksi. Kunjungan studi, pemutaran film, workshop, pameran karya mahasiswa, diselenggarakan secara rutin untuk memicu partisipasi aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar.
Untuk memperoleh gelar sarjana di bidang desain, mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS, termasuk 8 SKS Tugas Akhir, 2 SKS praktik kerja profesi dan 2 SKS seminar desain, yang semuanya dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.
SEMESTER 1 | SEMESTER 2 | |||
MATA KULIAH (MK) | SKS | MATA KULIAH (MK) | SKS | |
Teknologi Informasi dan Komunikasi | 3 | Pendidikan Agama | 2 | |
Kreativitas dan Inovasi | 2 | Antikorupsi | 3 | |
Bahasa Inggris | 3 | Berpikir Desain | 2 | |
Etika Profesi Desain | 2 | Menggambar Lanjutan | 3 | |
Menggambar Dasar | 3 | Nirmana Ruang | 4 | |
Nirmana Datar | 4 | Psikologi Desain | 3 | |
Tinjauan Visual Nusantara | 2 | Tinjauan Desain Grafis | 2 | |
SEMESTER 3 | SEMESTER 4 | |||
MATA KULIAH (MK) | SKS | MATA KULIAH (MK) | SKS | |
Bahasa Indonesia | 2 | Audio Visual | 3 | |
Nilai Hidup Paramadina | 3 | Desain Komunikasi Visual Grafis | 5 | |
Desain Komunikasi Visual Dasar | 5 | Desain Multimedia | 3 | |
Fotografi Desain | 3 | Ilustrasi Branding | 3 | |
Ilustrasi Dasar | 3 | Teknik Produksi Media | 3 | |
Komputer Grafis | 3 | Tipografi Branding | 3 | |
Tipografi Dasar | 3 | |||
SEMESTER 5 | SEMESTER 6 | |||
MATA KULIAH (MK) | SKS | MATA KULIAH (MK) | SKS | |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran | 3 | Kewirausahaan | 3 | |
Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | Desain Komunikasi Visual Promosi Brand | 5 | |
Desain Komunikasi Visual Identitas Brand | 5 | Kaligrafi Branding | 3 | |
Metode Riset dan Desain | 3 | Metode Branding | 2 | |
MK Pilihan (1) | Narasi Periklanan dan Branding | 2 | ||
MK Pilihan (2) | Strategi Pemasaran dan Media Branding | 3 | ||
MK Pilihan (3) | ||||
SEMESTER 7 | SEMESTER 8 | |||
MATA KULIAH (MK) | SKS | MATA KULIAH (MK) | SKS | |
Desain Komunikasi Visual Aktivitas Brand | 5 | Karya Akhir | 7 | |
Pra-Karya Akhir | 3 | MK Pilihan (5) | ||
Praktek Kerja Profesi | 3 | |||
Presentasi dan Portofolio | 3 | |||
MK Pilihan (4) | ||||
MATA KULIAH – SEMESTER GASAL | SKS | MATA KULIAH- SEMESTER GENAP | SKS | |
Apresiasi dan Kritik Seni | 2 | Animasi Dasar | 3 | |
Desain Berkelanjutan | 2 | Desain Aset dan Karakter Game | 2 | |
Desain Media Interaktif | 3 | Fesyen dan Aksesoris | 3 | |
Gim Animasi | 2 | Hak Kekayaan Intelektual | 2 | |
Grafis Bergerak | 3 | |||
Ilustrasi Komik | 2 |
Kuliah di Paramadina itu seperti kuliah di gudang sejuta inspirasi. Kampusnya kecil tapi di dalamnya dipenuhi orang-orang yang menginspirasi kita untuk terus berkreasi. Paramadina membekali saya dengan jiwa kepemimpinan, semangat kewirausahaan dan karakter keindonesiaan yang bisa saya terapkan dalam bidang pekerjaan saya.
Octafiandri Hodir
Mahasiswi Program Master of Creative Communication & Brand Management Hochschule Pforzheim, Jerman
Berkuliah di Universitas Paramadina memberikan banyak pembelajaran bagi saya, baik secara akademis maupun non akademis. Secara akademis, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dalam program studi yang saya pilih yaitu Desain Komunikasi Visual, materi-materi perkuliahan yang diberikan dapat membantu saya menentukan arah / fokus desain, yaitu branding. Tenaga pengajar yang relatif masih muda, memberikan rasa nyaman kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran, tidak ada rasa canggung, dan tentu saya lebih mudah untuk bertukar pikiran.
Dwiky Restyo Parikesitiandri Hodir
Creative Designer | www.noueagency.com
Sejak masih kuliah saya sudah bekerja diantaranya mendirikan perusahaan bersama sama teman. Bersamaan dengan itu saya juga menjadi Asisten Dosen untuk mata pelajaran DKV V dan Perancangan Media Publikasi. Sekarang disamping bekerja di PT Kakiatna Indonesia ini saya juga menjadi doen tidak tetap di Universitas Paramadina.
Rambo Anzhar Moersid
Head of Marketing Communication PT Kakiatna Indonesia
Kuliah di Paramadina itu seperti memasuki alam yang selalu mendorong saya untuk berkarya, memacu adrenalin kreatif. Saya yang tertarik dengan bidang animasi dan multimedia, menghasilkan Tugas Akhir aplikasi produk yang menggunakan media (karya saya) tampil tiga diminsi, serupa hologram. Saya sangat dekan dengan dunia IT, komputer grafik. Untuk mendalami ini saya pernah ikut course di Hartsdoown Technology College,London, Inggris. Sekarang saya menjadi dosen di DKV, saya sangat ingin berbagi idea dengan adik adik kelas saya secara formal lewat perkuliahan. Untuk itu saya perdalam di hulu keilmuan DKV yang berada di ITB Bandung. Dalam berkarya saya adalah pemilik dari BC Official, yang bergerak dalam Desain Consultant
Sabeth Uttara
Dosen DKV Paramadina- Mahasiswi Program Master Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung
Semangat saya untuk menyatukan budaya lokal tempat kelahiran Indramayu dalam Desain Komunikasi Visual. Tugas Akhir saya adalah mengangkat Pesantren yang berlokasi di Indramayu yang dulu saya menuntut ilmu pesantren disana. Selama di pesantren saya berkegiatan sebagai desainer untk membuat sejumlah media yang diperlukan untuk promosi maupun esteti elemen. Saya berminat untuk mengabdikan keilmuan saya kepada dunia pendidikan.
Eko HandokoAsisten
Dosen DKV Paramadina- Freelance Designer
Saya sangat menyukai ilustrasi, dan bersyukur dapat masuk Universitas Paramadina karena dengan mudah dapat mengembangkan keahlian saya yang ditunjang penuh oleh para dosen. Kondisi perkuliahan yang kondusif, sehingga saya juga dapat mengembangkan hobi musik saya tanpa menggangu jalannya perkuliahan. Sekarang saya bekerja di perusahaan multinasiona BBDO Indonesia salah satu perusahaan advertising dan konsultan yang cukup besar di dunia.
Riscy
Desainer di BBDO Indonesia
Paramadina adalah kampus tempat saya menimba banyak ilmu. Saya menyukai ilustrasi dan desain publikasi. Dalam Tugas Akhir saya mendapat arahan untuk membuat buku panduan solat bagi anak anak. Hal ini sangat tepat, selain karena sesuai dengan passion saya, juga karena saya mengisi Kerja Praktek di penerbit Mizan . Hasil TA saya mendapat tawaran dari Mizan untuk diterbitkan. Menjurai pembuatan Icon untuk DKI, Sekarang saya bekerja sebagi freelancer.
Rheza Purbawasesa
Desainer
Sebagai Duta Paramadina. Sekrang bekerja di Australia Awards in Indonesia sebagai Visual Communication Designer/In House Designer merancang promotion materials, manage website, support event untuk United Nations World Food Programme Pernah bekerja di United Nations World Food Programme sebagai Visual Communication Designer merancang visual identity of National Master Plan, Humanitarian Disaster Logistics, applicate to some booklets,template untuk presentation Juga pernah mengabdi di Indonesia Mengajar (Education Movement Instituition) sebagai visual communication designer, brand building, communication strategy, promotion material of education event. pada bagian Facilitator of Education Pernah bekerja pada Blackstone Digital Agency Indonesia sebagai Visual Communication Designer, advertising, copy wriiter, rebranding, communication strategy dan publication service untuk produk produk national and international.
Arumdari
Desainer
Berkeinginan keras untuk melanjutkan pasca sarjana di luar negeri. Walaupun saat ini masih diselingi dengan bekerja di Berlin. Saya berusaha terus untuk membiaya sekolah dalam bidang desain.
Razzaq Achmad
Mahasiswa Pasca Sarjana di Fach Bereich Universitas Dessan Berlin
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9,Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880
Trinity Tower Lt. 45, Jalan H R Rasuna Said Kav C22, Blok IIB, Jakarta Selatan 12940
Distrik 2 Meikarta, Cikarang Bekasi
Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998. Berusaha menempatkan diri sebagai salah satu pendorong tumbuhnya generasi terbaik Indonesia. Generasi intelektual baru yang memiliki kekuatan dalam aspek Leadership, Entrepreneurship dan Ethics.
© 2024 Universitas Paramadina. All rights reserved | Daftar
Hubungi Kami