Desain Komunikasi Visual

Tentang Prodi Desain Komunikasi Visual

 

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang berkembang pesat. Perkembangan keilmuan desain komunikasi visual saat ini menyentuh wilayah lain, diantaranya bidang pemasaran. Desain komunikasi visual tidak lagi hanya berkutat di wilayah estetika namun lebih jauh dituntut untuk dapat menjadi senjata utama dalam pencitraan, atau yang lebih dikenal dengan istilah branding. Perkembangan tersebut menjadi landasan dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina untuk mengarahkan kompetensinya pada integrated branding strategy. Kompetensi ini difokuskan pada kemampuan berpikir kreatif dan strategis dalam merancang sebuah strategi brand yang diimplementasikan melalui sebuah karya visual yang sistematis dan efektif. Selain menguasai bidang keilmuannya, seorang desainer juga dituntut untuk mampu mengaplikasikan keilmuannya dalam masyarakat. Program studi, sesuai dengan misi universitas, mengasah soft skill mahasiswa mampu bersaing dalam dunia profesinya di masa mendatang. Seluruh kompetensi yang dibutuhkan menjadi dasar penyusunan kurikulum dan metode pengajaran yang senantiasa dikembangkan dan diperbaharui.

Vidya Kharisma, M.Ds

Ketua Program Sarjana Desain Komunikasi Visual
Visi

Mewujudkan Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul dalam menyelaraskan dinamika keilmuan dan teknologi terkini, peduli terhadap permasalahan sosial-budaya serta beretika, dalam skala nasional maupun regional di tahun 2025.

Misi
  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar dibidang Desain Komunikasi Visual berkualitas, yang mampu mengembangkan sikap kreatif, kritis, terbuka, mandiri, serta memiliki tanggung jawab secara etika.
  2. Menyiapkan lulusan dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang mampu mengembangkan diri seiring perkembangan ilmu dan teknologi.
  3. Berpartisipasi memberikan pemikiran dan solusi dalam keilmuan Desain Komunikasi Visual terhadap masalah-masalah sosial-budaya dalam riset dan pengabdian masyarakat.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri komunikasi visual terutama di bidang branding
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bekerja mandiri dan beretika
  3. Menjadi program studi yang aktif dalam memecahkan masalah sosial-budaya, dan peduli terhadap brand produk lokal
  4. Meningkatkan kerjasama dan jejaring dengan masyarakat luas

Kurikulum dan Metode

Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis kompetensi. Metode perkuliahan utama berbasis pada kelas studio, dan kelas kecil. Kelas studio memberikan keleluasaan pada pendekatan terhadap mahasiswa secara individual yang mendukung pada pengembangan potensi setiap pribadi. Proses pembelajaran didukung oleh fasilitas laboratorium komputer, laboratorium audio visual, dan studio fotografi, untuk mendukung kompetensi di bidang teknologi produksi. Kunjungan studi, pemutaran film, workshop, pameran karya mahasiswa, diselenggarakan secara rutin untuk memicu partisipasi aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

Untuk memperoleh gelar sarjana di bidang desain, mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS, termasuk 8 SKS Tugas Akhir, 2 SKS praktik kerja profesi dan 2 SKS seminar desain, yang semuanya dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.

Kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual
SEMESTER 1  SEMESTER 2 
MATA KULIAH (MK)SKSMATA KULIAH (MK)SKS
Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 Pendidikan Agama2
Kreativitas dan Inovasi2 Antikorupsi3
Bahasa Inggris3 Berpikir Desain2
Etika Profesi Desain2 Menggambar Lanjutan3
Menggambar Dasar3 Nirmana Ruang4
Nirmana Datar4 Psikologi Desain3
Tinjauan Visual Nusantara2 Tinjauan Desain Grafis2
     
SEMESTER 3  SEMESTER 4 
MATA KULIAH (MK)SKSMATA KULIAH (MK)SKS
Bahasa Indonesia2 Audio Visual3
Nilai Hidup Paramadina3 Desain Komunikasi Visual Grafis5
Desain Komunikasi Visual Dasar5 Desain Multimedia3
Fotografi Desain3 Ilustrasi Branding3
Ilustrasi Dasar3 Teknik Produksi Media3
Komputer Grafis3 Tipografi Branding3
Tipografi Dasar3   
     
SEMESTER 5  SEMESTER 6 
MATA KULIAH (MK)SKSMATA KULIAH (MK)SKS
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran3 Kewirausahaan3
Interaksi Manusia dan Komputer3 Desain Komunikasi Visual Promosi Brand 5
Desain Komunikasi Visual Identitas Brand 5 Kaligrafi Branding3
Metode Riset dan Desain3 Metode Branding2
MK Pilihan (1)  Narasi Periklanan dan Branding2
MK Pilihan (2)  Strategi Pemasaran dan Media Branding3
   MK Pilihan (3) 
     
SEMESTER 7  SEMESTER 8 
MATA KULIAH (MK)SKSMATA KULIAH (MK)SKS
Desain Komunikasi Visual Aktivitas Brand 5 Karya Akhir7
Pra-Karya Akhir3 MK Pilihan (5) 
Praktek Kerja Profesi3   
Presentasi dan Portofolio3   
MK Pilihan (4)    
     
Mata Kuliah Pilihan
MATA KULIAH – SEMESTER GASALSKS MATA KULIAH- SEMESTER GENAPSKS
Apresiasi dan Kritik Seni2 Animasi Dasar3
Desain Berkelanjutan2 Desain Aset dan Karakter Game2
Desain Media Interaktif3 Fesyen dan Aksesoris3
Gim Animasi2 Hak Kekayaan Intelektual2
Grafis Bergerak3   
Ilustrasi Komik2   

Para Pengajar

Ayoeningsih Dyah Woelandhary

[email protected]

Vidya Kharisma

[email protected]

Gilang Cempaka

[email protected]

Agoes Joesoef

[email protected]

Tasri Jatnika

[email protected]

Rio Satriyo Hadiwijoyo

[email protected]

Annisa Rachimi Rizka

[email protected]

Rian Dwi Antoro

[email protected]

M. Rizky Kadafi

[email protected]

Rambo A. Moersid

[email protected]

Siti Khodijah Lestari

[email protected]

Prospek Kerja

Beberapa profesi yang bisa diambil setelah studi
  • Web Designer
  • Media Masa
  • Game Industry
  • Biro Iklan/Advertising
  • Penerbitan/Percetakan

Testimoni Alumni

Kuliah di Paramadina itu seperti kuliah di gudang sejuta inspirasi. Kampusnya kecil tapi di dalamnya dipenuhi orang-orang yang menginspirasi kita untuk terus berkreasi. Paramadina membekali saya dengan jiwa kepemimpinan, semangat kewirausahaan dan karakter keindonesiaan yang bisa saya terapkan dalam bidang pekerjaan saya.

Octafiandri Hodir

Mahasiswi Program Master of Creative Communication & Brand Management Hochschule Pforzheim, Jerman

Berkuliah di Universitas Paramadina memberikan banyak pembelajaran bagi saya, baik secara akademis maupun non akademis. Secara akademis, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dalam program studi yang saya pilih yaitu Desain Komunikasi Visual, materi-materi perkuliahan yang diberikan dapat membantu saya menentukan arah / fokus desain, yaitu branding. Tenaga pengajar yang relatif masih muda, memberikan rasa nyaman kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran, tidak ada rasa canggung, dan tentu saya lebih mudah untuk bertukar pikiran.

Dwiky Restyo Parikesitiandri Hodir

Creative Designer | www.noueagency.com

Sejak masih kuliah saya sudah bekerja diantaranya mendirikan perusahaan bersama sama teman. Bersamaan dengan itu saya juga menjadi Asisten Dosen untuk mata pelajaran DKV V dan Perancangan Media Publikasi. Sekarang disamping bekerja di PT Kakiatna Indonesia ini saya juga menjadi doen tidak tetap di Universitas Paramadina.

Rambo Anzhar Moersid

Head of Marketing Communication PT Kakiatna Indonesia

Kuliah di Paramadina itu seperti memasuki alam yang selalu mendorong saya untuk berkarya, memacu adrenalin kreatif. Saya yang tertarik dengan bidang animasi dan multimedia, menghasilkan Tugas Akhir aplikasi produk yang menggunakan media (karya saya) tampil tiga diminsi, serupa hologram. Saya sangat dekan dengan dunia IT, komputer grafik. Untuk mendalami ini saya pernah ikut course di Hartsdoown Technology College,London, Inggris. Sekarang saya menjadi dosen di DKV, saya sangat ingin berbagi idea dengan adik adik kelas saya secara formal lewat perkuliahan. Untuk itu saya perdalam di hulu keilmuan DKV yang berada di ITB Bandung. Dalam berkarya saya adalah pemilik dari BC Official, yang bergerak dalam Desain Consultant

Sabeth Uttara

Dosen DKV Paramadina- Mahasiswi Program Master Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung

Semangat saya untuk menyatukan budaya lokal tempat kelahiran Indramayu dalam Desain Komunikasi Visual. Tugas Akhir saya adalah mengangkat Pesantren yang berlokasi di Indramayu yang dulu saya menuntut ilmu pesantren disana. Selama di pesantren saya berkegiatan sebagai desainer untk membuat sejumlah media yang diperlukan untuk promosi maupun esteti elemen. Saya berminat untuk mengabdikan keilmuan saya kepada dunia pendidikan.

Eko HandokoAsisten

Dosen DKV Paramadina- Freelance Designer

Saya sangat menyukai ilustrasi, dan bersyukur dapat masuk Universitas Paramadina karena dengan mudah dapat mengembangkan keahlian saya yang ditunjang penuh oleh para dosen. Kondisi perkuliahan yang kondusif, sehingga saya juga dapat mengembangkan hobi musik saya tanpa menggangu jalannya perkuliahan. Sekarang saya bekerja di perusahaan multinasiona BBDO Indonesia salah satu perusahaan advertising dan konsultan yang cukup besar di dunia.

Riscy

Desainer di BBDO Indonesia

Paramadina adalah kampus tempat saya menimba banyak ilmu. Saya menyukai ilustrasi dan desain publikasi. Dalam Tugas Akhir saya mendapat arahan untuk membuat buku panduan solat bagi anak anak. Hal ini sangat tepat, selain karena sesuai dengan passion saya, juga karena saya mengisi Kerja Praktek di penerbit Mizan . Hasil TA saya mendapat tawaran dari Mizan untuk diterbitkan. Menjurai pembuatan Icon untuk DKI, Sekarang saya bekerja sebagi freelancer.

Rheza Purbawasesa

Desainer

Sebagai Duta Paramadina. Sekrang bekerja di Australia Awards in Indonesia sebagai Visual Communication Designer/In House Designer merancang promotion materials, manage website, support event untuk United Nations World Food Programme Pernah bekerja di United Nations World Food Programme sebagai Visual Communication Designer merancang visual identity of National Master Plan, Humanitarian Disaster Logistics, applicate to some booklets,template untuk presentation Juga pernah mengabdi di Indonesia Mengajar (Education Movement Instituition) sebagai visual communication designer, brand building, communication strategy, promotion material of education event. pada bagian Facilitator of Education Pernah bekerja pada Blackstone Digital Agency Indonesia sebagai Visual Communication Designer, advertising, copy wriiter, rebranding, communication strategy dan publication service untuk produk produk national and international.

Arumdari

Desainer

Berkeinginan keras untuk melanjutkan pasca sarjana di luar negeri. Walaupun saat ini masih diselingi dengan bekerja di Berlin. Saya berusaha terus untuk membiaya sekolah dalam bidang desain.

Razzaq Achmad

Mahasiswa Pasca Sarjana di Fach Bereich Universitas Dessan Berlin

PROFIL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL