fbpx

Siaga Satu Lingkungan Hidup Indonesia: Solusi Green Economy

 

Webinar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina dengan topik “Siaga Satu Lingkungan Hidup Indonesia: Solusi Green Economy”
Rekaman acara (YouTube): https://www.youtube.com/watch?v=8OA5MtnNfhU

Jakarta, 26 Juli 2021 – Agenda perubahan Iklim, perlindungan lingkungan dan pengurangan emisi karbon menjadi perhatian penting pemerintah Indonesia. Selain itu, pandemi COVID-19, yang merupakan sebuah distruksi ekonomi membutuhkan sebuah inovasi yang baru. Green Economy merupakan solusi dalam perekonomian Indonesia yang dapat mensinergikan aspek ekonomi dan lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi nasional menurut, Prof. Dr. Didik J Rachbini.
Pada kesempatan ini, pembicara yang hadir adalah Prof. Dr. Didik J. Rachbini (Rektor Universitas Paramadina), Poppy Ismalina, M.Ec. Dev, Ph.D (Associate Professor Ilmu Ekonomi, Universitas Gadjah Mada) dan Dr. Handi Risza (Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Universitas Paramadina). Acara ini dipandu oleh moderator Brigitta Manohara Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Paramadina.,

Poppy Ismalina berpendapat green Economy atau yang diasosiasikan sebagai sustainability tidak hanya memperhatikan aspek lingkungan saja, tetapi juga terdapat aspek sosial. Konsep dasar pertumbuhan Green Economy adalah membuat hak kesempatan untuk generasi mendatang tidak hanya menikmati pertumbuhan ekonomi saja, namun juga aspek keberlangsungan hidup seperti dapat menikmati udara yang sedar dan air yang bersih.
Walapun Pemerintah Indonesia berkomitmen dalam mengurangi agenda perubahan iklim pada tahun 2030, dalam praktiknya terjadi kontradiksi antara komitmen dan kebijakan yang dilakukan Pemerintah. “Kontradiksi ini disadari karena terdapat tekanan dari sektor bisnis yang menyebabkan ketidakkonsistenan pemerintah dalam mengurangi emisi nasional” Ujar Poppy.

Oleh karena itu, menurut Poppy yang merupakan putri dari salah satu pendiri Universitas Paramadina, Utomo Dananjaya, diperlukan untuk membangun ekosistem secara berkelanjutan dalam menekan Green Economy. Salah satunya adalah sektor jasa keuangan yang dapat dipilih untuk memodifikasi tekanan dalam sektor bisns. Sektor Keuangan dapat didorong untuk memberikan pendanaan untuk mendukung bisnis hijau. Oleh karena itu dengan membuat ekosistem yang melibatkan sector bisnis diharapkan penerapan Green Economy dapat diterapkan untuk menuju tujuan nasional yang telah diratifiksi oleh Pemerintah Indonesia dalam Paris Agreement.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Hubungi Kami

Kampus S1 & s2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1190
F. +62-21-799-3375

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 
I
G: @universitas_paramadina
FB: fb.com/paramadina

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed