Dalam pandangan penganut aliran kritis, tidak dikenal media massa yang independent dari semua intervensi kepentingan praksis maupun ideologis (positif maupun negatif). Media massa dalam setiap pemberitaannya, bukan hanya manifestasi dari perhatian media massa tersebut terhadap lingkungan sekitarnya, tetapi juga menyiratkan adanya keterkaitan atas dasar simbiosis mutualisme yang terjalin antara media massa dengan pihak lain yang secara langsung maupun tidak langsung mendapat keuntungan dari pemberitaan tersebut.

 

 

 

Untuk melihat keberpihakan media massa dalam memberitakan sebuah peristiwa maupun pendapat, dapat diketahui dengan metode analisis wacana (discourse analysis-DA), yang menurut James Paul Gee dalam buku An introduction to Discourse analysis, Theory and Methode, penggunaannya tidak cukup menanggalkan ciri-ciri kuantitatif dari analisis isi, tetapi juga memusatkan diri pada bagaimana bahasa yang digunakan untuk memerankan kegiatan, pandangan, dan identitas.

 

 

 

Melihat kembali sejarah terbitnya pers di negeri ini-dalam pandangan kritis-, kita akan melihat dua sikap yaitu supremasi penguasa dan pengusaha atau orientasi rakyat jelata, yang diambil (atau mungkin juga terpaksa diambil) oleh setiap insan pers pada setiap masanya untuk dapat bertahan dan menyebarkan ideologinya kepada masyarakat.

 

 

 

Awal masuknya pers di Indonesia terjadi pada tahun 1712, namun pemerintah VOC melarangnya, karena khawatir saingan VOC akan memperoleh keuntungan dari berita dagang yang dimuat di koran itu. 32 tahun kemudian terbit koran dengan nama Bataviase Nouvelles, namun itupun hanya bertahan dua tahun karena dilarang kembali oleh Belanda dengan alasan, pemberitaannya membahayakan Belanda. Intervensi media massa pada saat itu sangat ketat sampai abad ke-20.

 

 

 

Awal abad 20, pers mulai dijadikan sebagai alat perjuangan oleh sejumlah organisasi politik (boedi oetomo, SI,Indische Partji, PKI, PNI,…) yang pada pada saat itu menjadi wadah untuk menyuarakan gagasan-gagasannya, sedangkan Pada masa penjajahan Jepang, penguasa militer Jepang menempatkan shidooin (penasihat) di bagian redaksi dalam setiap surat kabar dengan tujuan untuk mengontrol media secara langsung. Pada tahun 1960 pemerintah menetapkan 19 pasal yang mengatur mengenai penerbitan yang secara keseluruhan bersifat kewajiban pers untuk mendukung politik pemerintah.

 

 

 

Tonggak politis yang pertama dari penguasa orde baru mengenai pers adalah UU pokok pers No.11/66 jo UU No.4/1967,namun prakteknya sangat berbeda dengan yang tertulis di peraturan tesebut, karena pertimbangan politik pemerintah pada saat itu lebih besar daripada pertimbangan perundangan. Dalam UU pokok pers dinyatakan bahwa pers nasional tidak dikenakan sensor dan pembredelan, namun pasca peristiwa malari 1978 tujuh surat kabar ibukota dibredel. Kejadian itu juga yang menjadi awal pemusatan kekuasaan ditangan segelintir elit (rezim Soeharto) yang menjangkau semua sektor kehidupan termasuk media massa di dalamnya.

 

 

 

Pasca jatuhnya rezim ORBA pada tahun 1998 dan dikeluarkannya UU No.40/1999, ratusan surat kabat terbit tanpa SUPP setelah keharusan itu dicabut oleh menpen yang pada saat itu dijabat oleh Yusuf Yosfiah. Pers kini lebih sering menjadi ”broker” yang menyuarakan kepentingan penguasa dan pengusaha yang memiliki modal, pun demikian dengan para penguasa dan pengusaha tersebut, mereka bisa membuat media yang akan mendukung kesuksesan menuju yang mereka inginkan. Kebijakan itu juga yang pada akhirnya memberikan alasan kuat bagi lahirnya pers industri yang berorientasi pemodal dan menggeser pers idealis yang berorientasi rakyat jelata.

Sumber : http://jurnalkomunikasi.com/?p=229#more-229

oleh : Dr. Rini Sudarmanti-Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi


Kita tentu sering melihat sejumlah semut mengerubungi sisa-sisa makanan lalu dibawa ke dalam sarangnya. Semut hanyalah binatang kecil yang dirasakan mengganggu. Setiap ada makanan tercecer, terutama yang mengandung gula, tentu semut akan selalu ditemukan berada di sana.

Namun, pernahkan Anda berpikir, mengapa semut itu dapat menentukan mana sisa makanan yang dapat bersama-sama diangkut dalam waktu singkat dan mana yang tidak? Mengapa semut dapat membedakan mana yang ia mampu panggul sendiri di bahunya dan mana yang dia tidak dapat panggul selain bersama-sama dengan teman-temannya?

Semut pun menganut prinsip-prinsip memimpin. Semut akan memilih untuk bekerja bersama-sama dan tidak mengutamakan individualismenya. Bila ia tidak mampu mengarahkan teman-temannya, tentu ia tidak akan pernah berhasil untuk mengangkut bongkahan besar sisa-sisa makanan yang akan disantap di dalam sarangnya.

 

Seni kepemimpinan semut

 

Pemimpin sulit memperoleh kesuksesan bila dilakukan tanpa memedulikan orang-orang yang dipimpinnya. Memimpin memerlukan kemampuan untuk mampu segera menentukan mana yang terbaik dilakukan untuk semua anggota kelompok, yaitu orang-orang yang menyandarkan dirinya pada kemampuan si pemimpin untuk mengatur kehidupan mereka. Menjadi pemimpin memerlukan kemampuan untuk merasakan "ruh" yang ada di dalam kelompoknya tersebut.

Ilmu pengetahuan mengajarkan bahwa binatang tidak memiliki otak untuk berlogika. Seekor semut pun kemungkinan besar tidak menggunakan logika untuk memimpin koloninya. Kita tidak dapat memastikannya, karena tentu saja manusia bukan semut.

Namun, bila dilihat dari perilakunya, seekor semut akan menyebarkan "ruh" kebersamaannya semut-semut lain yang berada dalam satu koloni dengannya. Anehnya dia tidak pernah salah membedakannya. Tidak pernah ada semut yang salah bekerja sama dengan semut dari koloni lain untuk mengangkut makanan.

Inilah yang patut kita contoh. Kita adalah manusia berakal yang mampu berlogika serta berpikir lebih kreatif dari seekor semut. Seorang manusia pemimpin seyogianya tidak hanya mengandalkan kemampuan berpikirnya saja, tetapi juga mampu menemukan "rasa bersama" "rasa" sepenanggungan, "rasa" saling memiliki, "rasa" empati dan sejuta "rasa" lainnya sehingga semua anggota yang dipimpinnya secara sukarela tergerak untuk melakukan kegiatan secara bersama.

 

Komunikasikan "rasa"

 

Memimpin bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Semua manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Memimpin memerlukan kecerdasan yang paling tinggi yaitu intuitif atau menggunakan kecerdasan hati.

Namun sebelum memimpin orang lain, dia akan dituntut terlebih dahulu untuk memimpin dirinya sendiri. Sejauh mana dia mampu memimpin dirinya akan tecermin dari bagaimana dia mampu mengarahkan dirinya untuk mencapai tujuan harapannya.

Pancaran kepemimpinannya ini akan dirasakan oleh sekitarnya sehingga akan menggerakkan perasaan orang lain untuk bersama-sama mencapai tujuan bersama.

Namun, perlu digarisbawahi terlebih dahulu bahwa "rasa" berbeda dengan "emosi". Kata emosi berasal dari bahasa latin emovere yang artinya setara dengan to move. Sesuatu yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Perasaan tidaklah sama dengan rasa.

Jensen menjelaskan dalam bukunya Brain Based Learning (Jensen; 2000,202) bahwa emosi merupakan hal yang secara biologis telah ada dalam diri kita sebagai reaksi dari hubungan manusia antarbudaya atau hubungan sosial antar manusia.

Emosi terjadi lebih disebabkan oleh hubungan antarmanusia. Tipikal emosi antara lain gembira, takut, jijik, marah, kesal, dan sedih. Yang namanya emosi memang biasanya timbul dari hasil penangkapan indrawi manusia.

Melihat catatan demi catatan prestasi perolehan laba yang diperoleh suatu divisi yang ditampilkan secara jelas dan lengkap, tentu sangat menggembirakan. Kegembiraan yang meluap-luap ditumpahkan dalam teriakan-teriakan kesuksesan.

Seorang pemimpin yang baik akan sensitif untuk menangkap sinyal bahwa akan ada perasaan yang mengikuti emosi tersebut. Perasaan setia atau loyal karyawan karena keberhasilannya diapresiasi terhadap lembaga tentu akan timbul sebagai reaksi dari kebanggaannya.

Namun, kepekaan perlu diperlebar dengan menangkap sinyal-sinyal perasaan lain yang mungkin terjadi sebagai reaksi terhadap situasi dan kondisi tersebut seperti cemas, antipati, frustasi, sinis, dan optimistis atau seperti insting.

Kita dapat merasakan kecemasan, optimistis ataupun pesimisme yang dialami orang lain sebagai kesimpulan dari interpretasi kita tentang suatu keadaan. Suatu keberhasilan penjualan yang diperoleh oleh seorang anggota divisi marketing dapat saja menimbulkan perasaan iri, sinisme dari anggota lainnya yang belum mampu mencapainya.

Sinisme terhadap insentif yang diberikan atas prestasi yang diperoleh menuai pergunjingan yang diinterpretasikan kurang mengenakkan. Perasaan cemas timbul sebagai akibat tidak memperoleh reward sebagaimana yang dicapai orang lain.

Persoalan emosi dan perasaan ini menjadi penting untuk dipertimbangkan dan diantisipasi karena akan memengaruhi "perasaan bersama" yang semestinya dibangun dalam suatu kelompok seperti halnya keluarga koloni semut.

Manakah yang harus terlebih dahulu diutamakan ketika memimpin? Perasaan ataukah emosi? Tampaknya sulit untuk dibedakan karena keduanya saling mengisi dan tak terpisahkan. Namun, yang terpenting di sini adalah bagaimana seorang pemimpin mampu mengomunikasikan perasaan dan emosinya itu. Kepemimpinan tidak mungkin terjadi tanpa komunikasi efektif.

Setiap jenis kepemimpinan akan selalu bergantung pada kekuatan komunikasi. Seorang pemimpin menyampaikan visi, insipirasi, dan memotivasi bawahannya menuju tujuan harapan yang ditetapkan tidak mungkin terjadi tanpa komunikasi.

Para pemimpin perlu membangun iklim komunikasi terbuka, mendengarkan secara aktif, mampu menangkap apa yang ada di balik pesan, melakukan dialog, memfasilitasi, dan melakukan percakapan strategis untuk menggerakkan orang-orang yang dipimpinnya agar mampu bekerja dengan lebih baik lagi melalui gerakan solidaritas "rasa bersama".

Seorang pemimpin, menghendaki adanya kemampuan untuk mengonstruksi dan mempertahankan keteraturan dan ketertiban sosial. Seorang pemimpin hendaknya dapat mengetahui dan memahami lingkungan sekaligus menginterpretasinya.

Pengalaman juga memegang peranan penting di sini. Kepemimpinan terbentuk seperti spiral of experience. Memimpin berawal dari bagaimana dia mampu mempersepsi apa yang diindranya melalui observasi.

Kemudian dari apa yang diindranya ini, ia merefleksikan dalam persepsinya sehingga menentukan tindakan yang diambil. Refleksi dari keberhasilan tindakan yang dilakukan menjadi dasar pengalaman untuk pengambilan tindakan atau keputusan-keputusan selanjutnya.

Semakin sering kita melatihnya maka kemampuan kepemimpinan kita akan semakin terasah. Untuk itu diperlukan pengerahan seperangkat semua kemampuan yang Tuhan berikan untuk kita.

Semakin pandai memimpin semakin banyak hal yang dapat kita raih dalam kehidupan. Seperti semut, meskipun dia melaju sendirian mendekati objek sisa makanan yang cukup besar, dia tetap berhasil mengumpulkan sisa-sisa makanan yang tidak mungkin diusungnya sendiri dengan memanggil dan mengerahkan koloninya untuk bersama-sama bekerja bergotong royong mengangkutnya.

Suatu beban pekerjaan yang berat, dengan kemampuannya memimpin, dia tetap akan mampu mengerahkan sumber daya yang ada untuk mencapai harapan dan tujuan demi kepentingan bersama.

Artikel ini dimuat pada Edisi Minggu Bisnis Indonesia, Edisi 148-1 November 2009-
URL: http://web.bisnis.com/kolom/2id2617.html

Praktik Komunikasi Korporat dalam kehidupan sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Begitupun yang dialami oleh mahasiswa peserta mata kuliah Komunikasi Korporat dari Peminatan Humas, yang berkesempatan untuk melihat dan mengeksplorasi secara langsung praktik komunikasi korporat di Exxon Mobil.

Atas undangan dari Exxon Mobil, pada hari Kamis 12 November 2009 pukul 15.00 WIB sebanyak 30 orang mahasiswa yang sebagian besar merupakan angkatan 2008 dan didampingi oleh Ibu Ika Karlina, M.Si selaku dosen pengampu mengunjungi kantor Exxon Mobil di Wisma GKBI, Jakarta Pusat.

Dari kunjungan tersebut, para peserta kunjungan mendapatkan berbagai Informasi melalui dua presentasi yang diberikan yaitu mengenai praktik-praktik Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh Exxon Mobil selama masa operasionalnya di Indonesia, dan praktik komunikasi korporat di Exxon Mobil. Dari paparan yang disampaikan diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai komunikasi korporat yang mungkin tidak cukup hanya diperoleh di dalam kelas saja.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan ramah tamah, pada sesi ini dari pihak Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan ke berbagai kegiatan lain seperti misalnya pihak Exxon Mobil dapat memberikan kuliah umum di Universitas Paramadina sehingga hubungan baik antara keduanya dapat tetap terjaga dengan baik. Di akhir acara, sebagai bentuk rasa terima kasih, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina yang diwakili oleh Ibu Ika Karlina, M.Si menyampaikan cenderamata kepada Exxon Mobil.

Kejutan ternyata tidak berhenti, karena setelah mendapatkan materi yang menarik dan menambah wawasan, para peserta sebelum kembali ke Universitas Paramadina ternyata juga mendapatkan goodie bags yang isinya sangat bermanfaat, seperti contohnya Ensiklopedi untuk anak. Betapa menyenangkannya menggali ilmu melalui Student Visit ini. (DKU)

sumber foto: www.putripariwisataindonesia.com/candidates.php

Risa Herawati, salah satu alumni Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, berhasil mendapatkan penghargaan dalam pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2009. Risa, yang merupakan wisudawan terbaik pada Wisuda Sarjana Universitas Paramadina Maret 2009 dengan IPK 3.85 ini, meraih gelar Putri Berbusana Batik Terbaik. Putri yang mewakili propinsi Sulawesi Barat ini, dinobatkan pada malam final Pemilihan Putri Pariwisata 2009 yang diselenggarakan di Jakarta International Exhibition Center (JITEC) Mangga Dua,  pada hari Sabtu 7 November 2009 yang lalu.

Untuk berita yang lebih lengkap, silahkan klik pada URL di bawah ini:

http://metrotvnews.com/index.php/metromain/newscatvideo/sosbud/2009/11/07/93645/Malam-Penobatan-Putri-Pariwisata-Indonesia-2009

Belajar Humas di Mahkamah Konstitusi

Hari Kamis, 8 April 2010 yang lalu, mahasiswa peserta mata kuliah Teknik Publisitas, berkesempatan untuk mengunjungi Kantor Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat untuk melihat secara langsung proses kehumasan yang dilakukan di Mahkamah Konstitusi.

Para mahasiswa dan dosen pendamping, Ibu Dr. Rini Sudarmanti diterima oleh Bapak Heru Setiawan, Plt. Kepala Bagian Humas Mahkamah Konstitusi, yang memaparkan secara mendalam mengenai Peran Kehumasan Mahkamah Konstitusi agar menciptakan citra positif bagi kelembagaan. Pelayanan kehumasan juga diberikan bagi media massa yang akan meliput kegiatan yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi.

Dari kunjungan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan cara pandang baru yang lebih luas mengenai kehumasan dan praktiknya di lapangan.

Berita mengenai kunjungan mahasiswa ini juga dimuat dalam website Mahkamah Konstitusi, yang dapat dilihat melalui link ini :

http://www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=website.BeritaInternalLengkap&id=3899

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed