Permasalahan mengenai perilaku teror oleh para pelaku terorisme di Indonesia saat ini masih menjadi ancaman yang sangat nyata. Perilaku teror oleh para terorisme yang salah satunya menjadi headline terjadi di Jakarta tanggal 14 Januari 2016. Perilaku teroris yang dikenal dengan tragedi Sarinah ini telah memakan korban baik dari pihak keamanan maupun warga. Perilaku terorisme di Sarinah ini juga dikenal dengan adanya gaya baru dalam perilaku teror yaitu adanya kemunculan secara langsung di tengah masyarakat. Perilaku teror secara terang-terangan ini mengundang berbagai asumsi dan kajian yang bersifat massive di masyarakat.


Dengan melihat fenomena tersebut, maka keberadaan pelaksanaan kuliah tamu yang terkait dengan adanya agresivitas dan perilaku teror oleh para terorisme ini menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Narasumber dalam kuliah tamu ini adalah alumni program studi psikologi Universitas Paramadina yaitu Dhiannita Phobe Yulianni Pertiwi S. Psi, dan Muh. Fuad Alphatana Nasution, S. Psi yang saat ini telah bergabung dalam Tim Deradikalisasi di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Kuliah tamu yang dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Mei 2017 ini memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa khususnya melihat lebih dekat dengan fenomena terorisme.

Dalam upayanya PT. PLN dengan komitmen yang tinggi untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap bisnis PLN maka perlu melibatkan seluruh pihak baik internal maupun eksternal dan seluruh stakeholders PLN untuk bisa mensukseskan program PLN Bersih. Untuk itu, maka perlu disusun pedoman PLN Bersih salah satunya melalui kegiatan Multi Stakeholder Forum.


Pada acara "Multi Stakeholder Forum" dengan topik PLN Berintegritas, yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) bertempat di Aston Priority Hotel hari Selasa, 25 April 2017, ibu Dr. Fatchiah Kertamuda, MSc, Dosen Program Studi Psikologi dan juga Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina, menjadi salah satu narasumber dalam sudut pandang keilmuan. Ibu Fatchiah E. Kertamuda dalam hal ini menyampaikan materi tentang "Integritas: Perilaku dan Proses Mental". Materi yang disampaikan bertujuan untuk menelaah Integritas dari sudut pandang keilmuan Psikologi. Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang berasal beberapa perusahaan mitra dan vendor PT PLN (persero) UIP Jawa Bagian Barat dan PT PLN (Persero) UIP Interkoneksi Sumatra Jawa."

Sebagai salah satu program studi psikologi yang mengedepankan pada upaya peningkatkan kemampuan serta keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi ilmiah secara nasional maupun internasional, program studi psikologi kembali meraih prestasi yang membanggakan dalam Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia dengan tema “Cyber psychology & Literasi Informasi”. Konferensi ini diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UHAMKA pada tanggal 20-22 April 2017. Dalam konferensi ini, keterlibatan mahasiswa psikologi sebagai pemakalah mendapatkan prestasi sebagai artikel terbaik dan pemakalah artikel terbaik. Prestasi tersebut diraih oleh mahasiswa atas nama Dhanifa Veda Grimaldy dan Ni Luh Putu Lily Meiyani Wirya (Hubungan antara Shyness dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Paramadina); Rizky Bina Nirbayaningtyas & Nur Aniza (Pengaruh Loneliness terhadap Subjective Well Being di Kalangan Dewasa awal Mahasiswa Universitas Paramadina) - artikel terbaik; Siti Fathonatul Arifah & Mutmainnah Taufik (Perbedaan Self Esteem ditinjau dari Tingkat Pendidikan pada Diploma 3 dan Sarjana) -artikel terbaik. Program Studi Psikologi Universitas Paramadina mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah mendapatkan prestasi dalam keterlibatannya di ajang kompetisi ilmiah nasional.

Tuntutan untuk bersaing dengan para lulusan program studi psikologi saat ini tidak bisa dihindarkan. Data menyebutkan bahwa keberadaan program studi psikologi Strata-1 saat ini mencapai 100 lebih program studi. Kondisi ini mengarahkan pada gambaran peta persaingan ribuan lulusan yang harus disadari sebagai sebuah tantangan. Selain itu, perkembangan dunia kerja yang sangat dinamis serta menuntut adanya keahlian dan tidak hanya pengetahuan yang dimiliki oleh para lulusan baru menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindarkan.  Tuntutan dunia kerja yang mengharuskan para lulusan sarjana memiliki keahlian tertentu merupakan salah satu bentuk nilai jual para  alumni sebagai lulusan yang siap bekerja.


Kondisi tersebut membuat program Studi Psikologi Universitas Paramadina berinisiatif untuk membuat sebuah kegiatan khusus yang diberikan kepada para lulusan berupa program Exit Course dan saat ini telah memasuki di tahun ke-3. Program Exit Course ini menjadi salah satu program andalan yang beorientasi pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan/skill yang dapat diaplikasikan langsung dalam dunia kerja.


Dalam pelaksanaan program Exit Course untuk lulusan bulan April 2017 ini dilaksanakan pada tanggal 17 April 2017.  Tema program Exit Course ini berupa “Self management at work and Curriculum Vitae” dengan learning outcome yaitu: 1. Memahami cara pembuatan resume atau daftar riwayat hidup yang efektif dan sesuai dengan standar di perusahaan. 2. Memahami karakter kepribadian serta hal-hal yang dapat dilakukan dalam mempermudah adapatasi di lingkungan kerja. 3. Mendapat pengetahuan dan peningkatan kemampuan yang diperlukan agar efektif dalam bekerja.


Kegiatan Exit Course ini diisi oleh narasumber dari alumni dan dosen program studi psikologi. Alumni yang mengisi dalam acara ini yaitu Harison Fajahri, S.Psi yang sekarang berprofesi sebagai Learning Academy Asst. Manager di CIMB Niaga dan ibu Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog sebagai dosen program studi psikologi.

Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang manusia meyakini bahwa manusia tidak hanya dipengaruhi oleh hal bawaan dari kromosom dalam tubuhnya tetapi juga lingkungan sekitar tempat dia tinggal. Budaya adalah salah satunya yang memiliki nilai-nilai yang diturunkan. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan agama, memiliki berbagai macam budaya yang menjadikan kita dapat mengenal berbagai cara hidup yang berkembang yang dimiliki secara bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.


Dalam kajian perkembangan konsep mempelajari manusia, keberadaannya yang berkembang dari konteks masyarakat Indonesia pada dasarnya telah ada mengikuti perkembangan kajian psikologi di barat. Salah satu diantaranya adalah konsep tentang Candra Jiwa Indonesia dari Dr. Soemantri H. lahir dari budaya Indonesia dengan kebudayaan khas yang telah coba ditelaah dan dihayati sehingga muncul dalam sebuah lukisan rangka (anatomi) sekaligus fungsi (fisiologi) dari jiwa manusia, yang dipakai sebagai hipotesis dasar untuk bekerja selanjutnya. Konsep ini mampu menyejajarkan pemikirannya dengan konsep-konsep teori jiwa dari Sigmund Freud, Karl Gustav Jung, dan Alfred Adler, yang mana ketiganya berasal dari Eropa.


Sesuai dengan tujuan program studi psikologi Indonesia yang berlandaskan pada nilai KeIndonesiaan maka dilaksanakanlah kuliah umum untuk mempelajari lebih jauh terkait dengan konsep Candra Jiwa Indonesia. Dalam kuliah umum ini dua narasumber yaitu Prof. Dr. Budhi Setianto Purwowiyoto dan Dr. Rudolf Woodrow Matindas memberikan materi mengenai konsep tersebut serta posisinya terhadap konsep-konsep psikologi barat. Kuliah umum dilaksanakan di auditorium Nurcholis Madjid pada tanggal 24 Maret 2017 pukul 09.00-11.00 WIB dan dimoderatori oleh dosen program studi Psikologi Dr (candidate) Devi Wulandari M.Sc. Animo yang besar hingga peserta dari luar kota Jakarta menjadikan nilai yang baik dan layak bahwa konsep Candra Jiwa ini sebagai salah satu kajian psikologi Indonesia yang perlu didalami lebih jauh.

  1. Pelatihan Open Journal System (OJS) Untuk Peningkatan Kualitas Manajemen Jurnal Program Studi Psikologi
  2. Pemaparan Hasil Survey, Observasi dan Wawancara Pelatihan Internet Sehat Pada Guru Sekolah Dasar Islam Al-Izhar Pondok Labu
  3. Internet dan Gadget Sehat "Memanfaatkan Teknologi dengan Positif” SDI Al-Izhar Pondok Labu
  4. Peluang Riset Payung Untuk Mahasiswa Mata Kuliah Skripsi Program Studi Psikologi
  5. Kuliah Umum “Pengenalan Produk Pembiayaan dan Penguatan Prikologis dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship"
  6. Workshop 1 (Satu) hari Guru BK Se-JABODETABEK “Manajemen Stress dan Pemberian Konseling Kelompok Sebagai Intervensi Bagi Masalah Siswa” Universitas Paramadina Bekerjasama dengan MGBK DKI Jakarta
  7. Tracer Study Tahun 2016 Program Studi Psikologi
  8. Kegiatan Asesmen Psikologi BPJS Divisi Regional IV hasil kerjasama antara Prodi Psikologi Universitas Paramadina dengan Psychology For People (PFP) Paramadina
  9. Yudisum Progam Studi Psikologi Universitas Paramadina 21 Oktober 2016
  10. BINCANG KEBIJAKAN: POTENSI SEKOLAH SWASTA MURAH DALAM MENCAPAI PERLUASAN AKSES PENDIDIKAN
  11. Upaya Bersama Menangani Masalah Narkoba Pada Remaja
  12. Kuliah Umum Bincang Kebijakan (Policy Talk) Potensi Sekolah Swasta Murah Dalam Mencapai Perluasan Akses Pendidikan
  13. Kuliah Tamu Psikologi Adiksi
  14. Program Exit Course Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina: “Performance Appraisal”
  15. Trainshop Personal Entreprise Plan batch 4 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
  16. PEMBEKALAN PERSIAPAN MASA PUBER SEKOLAH DASAR ISLAM AL IZHAR PONDOK LABU
  17. Sunatan Masal
  18. Supersemar Award
  19. Kuliah Umum Program Studi Psikologi dengan tema "The Pursuit of happiness"
  20. Halal Bihalal Program Studi Psikologi

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed