Pada tanggal 17 Oktober 2018 telah dilaksanakan kegiatan Yudisium Lulusan Program Studi Psikologi Periode Oktober 2018. Untuk periode Oktober 2018 ini, Program Studi Psikologi telah meluluskan 20 Mahasiswa/i yang nantinya akan mengikuti wisuda pada hari sabtu 20 Oktober 2018. Dalam kegiatan Yudisium kali ini, beberapa penghargaan diberikan kepada para lulusan yang termasuk dalam  besar lulusan terbaik, skripsi terbaik serta poin dual transkrip (kegiatan non akademik) tertinggi. Berikut nama-nama para lulusan yang mendapatkan penghargaan tersebut:
 
Lulusan Terbaik:

1. Dhanifa Veda Grimaldy dengan IPK 3,71 dan masa studi 4 tahun dengan predikat kelulusan Dengan Pujian Cumlaude.
2. Siti Fathonatul Arifah dengan IPK 3,64 dan masa studi 3 tahun 11 bulan dengan predikat kelulusan Dengan Pujian Cumlaude.
3. Rizky Bina Nirbayaningtyas dengan IPK 3,72 dan masa studi 4 tahun 1 bulan dengan predikat kelulusan Dengan Pujian.

Skripsi Terbaik:

1. Rini Budi Setyowati dengan judul skripsi "Gambaran proses perubahan perilaku agresif pada anak dengan Autism Spectrum Disorder yang Menjalani Terapi Okupasi dengan Pendekatan Sensory Integration dan Terapi Wicara selama 9 bulan".
2. Dhanifa Veda Grimaldy dengan judul skripsi "Adaptasi Gratitude Questionnaire-6 (GQ-6) Pada Remaja".
3. Rizky Bina Nirbayaningtyas dengan judul skripsi "Hubungan antara Grit dengan BurnOut (Studi Empiris Pada Karyawan Human Resources Departement yang Bekerja Tidak Sesuai dengan Program Studi)".

Poin Dual Transkrip Tertinggi:

Fauzan Hazmi Ahmaddin merupakan lulusan dengan poin dual transkrip tertinggi yaitu mencapai 233,5 dari batas minimal pemenuhan yaitu 40 poin. Poin dual transkrip merupakan program dari universitas yang bertujuan dalam menguatkan kompetensi hard skill maupun soft skill selama melakukan studi di universitas Paramadina dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di luar dari kewajiban akademiknya.

Selamat untuk para lulusan Program Studi Psikologi periode Oktober 2018. Semoga kesuksesan selalu menyertai dalam perjalanan karir selanjutnya.



 

Tuntutan untuk bersaing dengan para lulusan program studi psikologi saat ini tidak bisa dihindarkan. Data menyebutkan bahwa keberadaan program studi psikologi Strata-1 saat ini mencapai 100 lebih program studi. Kondisi ini mengarahkan pada gambaran peta persaingan ribuan lulusan yang harus disadari sebagai sebuah tantangan. Selain itu, perkembangan dunia kerja yang sangat dinamis serta menuntut adanya keahlian dan tidak hanya pengetahuan yang dimiliki oleh para lulusan baru menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindarkan.  Tuntutan dunia kerja yang mengharuskan para lulusan sarjana memiliki keahlian tertentu merupakan salah satu bentuk nilai jual para  alumni sebagai lulusan yang siap bekerja.

Upaya untuk memenuhi tuntutan tersebut direspon oleh program studi psikologi dengan bekerjasama dengan ikatan alumni psikologi (ALUPSIPA) dengan melaksanakan program Exit Course untuk para wisudawan bulan Oktober 2018. Kegiatan Exit Course yang melibatkan secara langsung para alumni sebagai narasumber, merupakan salah satu strategi yang dianggap efektif. Hal ini mengingat para alumni merupakan salah satu pihak yang secara langsung bersentuhan dengan perkembangan serta permintaan pasar. Keberadaan para alumni program studi psikologi yang sudah menempati posisi-posisi penting dalam dunia kerja akan memberikan penguatan kompetensi yang tepat.

Kegiatan Exit Course yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2018 ini melibatkan 2 alumni program studi psikologi yaitu Alisya Widyastiti Soewandar, S.Psi sebagai Recruitment Supervisor di PT. Sari Burger Indonesia (Burger King Indonesia) dan Anny Oktafirliyanti S.Psi sebagai People Development SN. Officer PT. Dwidaya World Wide. Kedua narasumber tersebut memberikan materi mengenai pembuatan CV dan interview serta penguatan komunikasi dalam dunia kerja. Materi yang diberikan oleh kedua narasumber diarahkan pada hal-hal yang bersifat praktis dalam dunia kerja dan berorientasi pada peningkatan kompetensi dasar yang harus diperkuat dan dimiliki oleh para lulusan baru dalam memudahkan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 

Program Studi Psikologi dan Ikatan Alumni Psikologi Paramadina mengundang Bapak/Ibu/Saudara untuk hadir pada kuliah umum "Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0" yang akan diselenggarakan pada:

 

Sabtu, 15 September 2018

Pukul 10.00-12.00 WIB

Tempat :

Auditorium Nurchollis Madjid

Jl. Gatot Subroto Kav. 97, Mampang Prapatan, Jakarta

 

Konfirmasi kehadiran & Info:

Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Telepon: 021-79181188 ext.225

WA: 0852 2035 7108

Program Studi Psikologi sebagai institusi pendidikan yang menekankan pada pengembangan kompetensi teoritis maupun praktis bagi para lulusannya terus berupaya dengan mengembangkan program-program yang tepat sasaran. Salah satu program yang menjadi andalan dalam pengembangan tersebut adalah program Peer Counseling yang diarahkan pada pemberian layanan konseling bagi mahasiswa maupun anak sekolah tingkat atas maupun sederajat. Program Peer Counseling ini melibatkan para mahasiswa yang telah lulus dalam Mata Kuliah Psikologi Konseling dengan kemampuan yang baik dalam kemampuan pengetahuan konsep maupun praktis. Para mahasiswa nantinya berperan sebagai konselor yang akan memberikan pelayanan untuk para konselee dalam hal ini sesama mahasiswa maupun siswa menengah tingkat atas (SMA/SMK). Dalam program Peer Counseling ini secara langsung juga mendapatkan supervisi oleh dosen program studi psikologi yang memiliki keahlian utama di bidang konseling yaitu Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc.

Program Peer Counseling ini merupakan salah satu program andalan yang sudah dilaksanakan program studi psikologi sejak tahun 2010 dan diberikan GRATIS. Program ini secara langsung melibatkan para mahasiswa untuk mengasah kemampuan konseling mereka dengan menjadi konselor yang berhadapan langsung dengan para konselee. Keterpilihan mahasiswa untuk menjadi seorang konselor di program ini melalui seleksi yang ketat dengan standar-standar tertentu. Setelah mahasiswa lolos dalam seleksi administrasi, maka para calon konselor tersebut diwajibkan mengikuti pembekalan langsung oleh supervisor selama beberapa sesi. Sesi pembekalan dimaksudkan untuk menguatkan tidak hanya terkait dengan kompetensi sebagai seorang konselor, tetapi juga penguatan dalam konteks etika. Pelaksanaan program konseling ini dilakukan di laboratorium program studi psikologi. Dengan melakukan setting situasi yang nyaman dan privat maka pelaksanaan konseling dapat berjalan dengan baik dan akan terjaga dengan baik kerahasiaan yang terjadi dalam proses konseling. Pelaksanaan program Peer Counseling yang dilaksanakan juga dalam proses supervisinya nanti, para konselor diminta untuk membuat laporan tertulis terkait dengan proses konseling yang sudah berjalan. Selain hal tersebut, supervisor akan melakukan pendampingan baik secara langsung maupun tidak langsung ketika dibutuhkan.

 

Waktu Layanan konseling:

Senin-Jumat: 09.00-15.00 WIB

Sabtu         : 09.00-13.00 WIB

 

Tempat Layanan Konseling:

Laboratorium Psikologi Gedung C Universitas Paramadina.

 

Program studi Psikologi Paramadina mengundang Bapak/Ibu/Saudara untuk hadir pada kuliah umum "Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Penelitian Psikologi di Indonesia" yang akan diselenggarakan pada:

 

Kamis, 13 September 2018

Pukul 10.00-12.00 WIB

Tempat :

Auditorium Nurchollis Madjid

Jl. Gatot Subroto Kav. 97, Mampang Prapatan, Jakarta

 

Konfirmasi kehadiran & Info:

Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Telepon: 021-79181188 ext.225

WA: 0852 2035 7108

  1. Ujian Praktik Mata Kuliah Penelusuran Minat dan Bakat “Tes Intelegensi”
  2. DISKUSI PUBLIK “FROM HISTORY TO THE FUTURE OF MENTAL HEALTH CARE IN INDONESIA”
  3. Asesor Program Leadership Endurance Test PT. Pupuk Kalimantan Timur
  4. Praktik Mahasiswa Mata Kuliah Penelusuran Minat dan Bakat
  5. KULIAH TAMU MANAJEMEN STRES “MEDITASI & YOGA UNTUK MENGELOLA STRES DALAM KESEHARIAN”
  6. Mahasiswi Program Studi Psikologi Menerima Djarum Beasiswa Plus Tahun 2018
  7. KUNJUNGAN STUDI BANDING PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO DI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS PARAMADINA
  8. Seminar dan Pelatihan Anti Korupsi "Mewujudkan Remaja Peduli Anti Korupsi"
  9. Workshop "Online Instrument Development For Recruitment and Selection"
  10. MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PENDIDIKAN INKLUSI
  11. KUNJUNGAN LAPANGAN KULIAH PSIKOLOGI ADIKSI KE “GRIYA ANTI NARKOBA”
  12. Exit Course Program "Strategi Menghadapi Dunia Kerja"
  13. User Experience dan Interaksi Manusia: Peranan Psikologi Dalam Era Digital dan Teknologi
  14. USER EXPERIENCE DAN INTERAKSI MANUSIA: PERANAN PSIKOLOGI DALAM ERA DIGITAL DAN TEKNOLOGI
  15. EXIT COURSE PROGRAM: STRATEGI MENGHADAPI DUNIA KERJA
  16. KULIAH UMUM “THERAPLAY INTRODUCTION: PENGENALAN THERAPLAY UNTUK MENGUATKAN HUBUNGAN ANTARA ORANGTUA DAN ANAK"
  17. WORKSHOP ONLINE INSTRUMENT DEVELOPMENT FOR RECRUITMENT AND SELECTION (How to create tailor made online recruitment and selection tools)
  18. Kuliah Tamu Layanan Pendidikan Inklusi Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus
  19. Call for papers INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi
  20. Pelatihan Statistika Dasar dan Lanjutan

Subcategories

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed