Ibu Dr. Fatchiah E. Kertamuda MSc dosen Psikologi Universitas Paramadina dan Bapak Dr. Abdul Malik Gismar dosen Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina berbagi ilmu di Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) pada bulan September 2017 bersama peserta calon-calon Jaksa yang berasal dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Tema yang disampaikan adalah Psikologi Hukum yang merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hukum sebagai suatu perwujudan dari gejala-gejala kejiwaan dan landasan perilaku manusia. Melalui sharing ilmu ini Jaksa sebagai bagian dari aparat penegak hukum diharapkan dapat membantu mereka dalam menjalankan profesinya.

Fase perkembangan dalam konteks fisik dan psikologis dalam kehidupan manusia menjadi hal yang alami. Fase perkembangan yang seringkali menjadi perhatian bagi para orangtua dalam hal ini tidak terlepas dari perkembangan fase anak-anak menjadi seorang remaja. Perkembangan mengarah pada fase remaja tersebut, jika diperhatikan maka akan didapati sebuah perubahan-perubahan besar yang dapat menimbulkan kecemasan, ketakutan maupun ketidakstabilan jika tidak ada bekal maupun kesiapan yang dimiliki oleh anak sendiri. Salah satu hal yang penting dalam perkembangan anak memasuki fase remaja dalam hal ini adalah mulai berkembanganya alat reproduksi dan hormonal (pubertas). Anak harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang benar dan sesuai agar mampu beradaptasi dengan tepat sesuai dengan fase perkembangan remaja yang akan dimasukinya nanti. Dengan adanya pembekalan yang sesuai ini akan menghindarkan dari pemahaman keliru yang sangat mungkin dimiliki oleh anak dari rasa keingintahuan anak mencari informasi. Upaya pembekalan ini juga akan menghindarkan anak terhindarkan dari informasi-informasi yang dirasa belum layak dikonsumsi saat upaya pencarian informasi melalui media internet maupun media yang lainnya.


Program Studi Psikologi dalam hal ini dipercaya kembali oleh institusi pendidikan SD Islam Al Izhar untuk memberikan pelatihan pada siswa kelas V untuk kedua kalinya semenjak tahun 2016. Kegiatan pelatihan ini kembali melibatkan para mahasiswa sebagai fasilitator dan para dosen ibu Alfikalia, M.Si, Psikolog serta bapak Handrix Chris Haryanto, M.A sebagai supervisor kegiatan. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 7 September 2017 yang nantinya akan diikuti rangkaian kegiatan lain berupa paparan hasil pelatihan terhadap guru beserta para orangtua.

Permasalahan mengenai perilaku teror oleh para pelaku terorisme di Indonesia saat ini masih menjadi ancaman yang sangat nyata. Perilaku teror oleh para terorisme yang salah satunya menjadi headline terjadi di Jakarta tanggal 14 Januari 2016. Perilaku teroris yang dikenal dengan tragedi Sarinah ini telah memakan korban baik dari pihak keamanan maupun warga. Perilaku terorisme di Sarinah ini juga dikenal dengan adanya gaya baru dalam perilaku teror yaitu adanya kemunculan secara langsung di tengah masyarakat. Perilaku teror secara terang-terangan ini mengundang berbagai asumsi dan kajian yang bersifat massive di masyarakat.


Dengan melihat fenomena tersebut, maka keberadaan pelaksanaan kuliah tamu yang terkait dengan adanya agresivitas dan perilaku teror oleh para terorisme ini menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Narasumber dalam kuliah tamu ini adalah alumni program studi psikologi Universitas Paramadina yaitu Dhiannita Phobe Yulianni Pertiwi S. Psi, dan Muh. Fuad Alphatana Nasution, S. Psi yang saat ini telah bergabung dalam Tim Deradikalisasi di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Kuliah tamu yang dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Mei 2017 ini memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa khususnya melihat lebih dekat dengan fenomena terorisme.

Sebagai upaya program studi untuk bisa membangun kompetensi lulusan yang sesuai dengan tuntutan pasar, maka kurikulum yang dibangun harus mampu mengikuti tuntutan tersebut. Dalam hal ini program studi psikologi universitas Paramadina menjadikan beberapa mata kuliah yang ada lebih banyak mengarahkan pada praktik lapangan yang bersentuhan secara langsung dengan permasalahan dan kebutuhan di masyarakat. Mata kuliah Penelusuran Minat dan Bakat dalam hal ini menjadikan ujian praktik sebagai salah satu penilaian yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Pada tanggal 3 Mei 2017, prodi psikologi kembali melakukan ujian praktik adminsitrasi seperti pada tahun sebelumnya dan untuk tahun ini diadakan di SMA Madania Parung Bogor dengan supervisi langsung dosen pengampu yaitu ibu Alfikalia M.Si, Psikolog. Kegiatan ujian praktik administrasi tes minat dan bakat di SMA Madania ini dilakukan oleh Mahasiswa Semester 4 yang mengikuti mata kuliah Penelusuran Minat Bakat. Dengan ujian praktek langsung di masyarakat, mahasiswa dapat mengimplementasikan langsung ilmunya dalam situasi nyata.

Dalam upayanya PT. PLN dengan komitmen yang tinggi untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap bisnis PLN maka perlu melibatkan seluruh pihak baik internal maupun eksternal dan seluruh stakeholders PLN untuk bisa mensukseskan program PLN Bersih. Untuk itu, maka perlu disusun pedoman PLN Bersih salah satunya melalui kegiatan Multi Stakeholder Forum.


Pada acara "Multi Stakeholder Forum" dengan topik PLN Berintegritas, yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) bertempat di Aston Priority Hotel hari Selasa, 25 April 2017, ibu Dr. Fatchiah Kertamuda, MSc, Dosen Program Studi Psikologi dan juga Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina, menjadi salah satu narasumber dalam sudut pandang keilmuan. Ibu Fatchiah E. Kertamuda dalam hal ini menyampaikan materi tentang "Integritas: Perilaku dan Proses Mental". Materi yang disampaikan bertujuan untuk menelaah Integritas dari sudut pandang keilmuan Psikologi. Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang berasal beberapa perusahaan mitra dan vendor PT PLN (persero) UIP Jawa Bagian Barat dan PT PLN (Persero) UIP Interkoneksi Sumatra Jawa."

  1. Exit Course Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina “Self management at work and Curriculum Vitae”
  2. Artikel terbaik dan Pemakalah artikel terbaik Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi “Indonesia Cyber psychology & Literasi Informasi”
  3. KULIAH UMUM “CANDRA JIWA INDONESIA: SEBUAH PENDEKATAN KONSEP SEHAT INDONESIA”
  4. Pelatihan Open Journal System (OJS) Untuk Peningkatan Kualitas Manajemen Jurnal Program Studi Psikologi
  5. Pemaparan Hasil Survey, Observasi dan Wawancara Pelatihan Internet Sehat Pada Guru Sekolah Dasar Islam Al-Izhar Pondok Labu
  6. Internet dan Gadget Sehat "Memanfaatkan Teknologi dengan Positif” SDI Al-Izhar Pondok Labu
  7. Peluang Riset Payung Untuk Mahasiswa Mata Kuliah Skripsi Program Studi Psikologi
  8. Kuliah Umum “Pengenalan Produk Pembiayaan dan Penguatan Prikologis dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship"
  9. Workshop 1 (Satu) hari Guru BK Se-JABODETABEK “Manajemen Stress dan Pemberian Konseling Kelompok Sebagai Intervensi Bagi Masalah Siswa” Universitas Paramadina Bekerjasama dengan MGBK DKI Jakarta
  10. Tracer Study Tahun 2016 Program Studi Psikologi
  11. Kegiatan Asesmen Psikologi BPJS Divisi Regional IV hasil kerjasama antara Prodi Psikologi Universitas Paramadina dengan Psychology For People (PFP) Paramadina
  12. Yudisum Progam Studi Psikologi Universitas Paramadina 21 Oktober 2016
  13. BINCANG KEBIJAKAN: POTENSI SEKOLAH SWASTA MURAH DALAM MENCAPAI PERLUASAN AKSES PENDIDIKAN
  14. Upaya Bersama Menangani Masalah Narkoba Pada Remaja
  15. Kuliah Umum Bincang Kebijakan (Policy Talk) Potensi Sekolah Swasta Murah Dalam Mencapai Perluasan Akses Pendidikan
  16. Kuliah Tamu Psikologi Adiksi
  17. Program Exit Course Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina: “Performance Appraisal”
  18. Trainshop Personal Entreprise Plan batch 4 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
  19. PEMBEKALAN PERSIAPAN MASA PUBER SEKOLAH DASAR ISLAM AL IZHAR PONDOK LABU
  20. Sunatan Masal

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed