Pada tanggal 2-4 Mei 2018, Dosen Tetap Program Studi Psikologi yaitu ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si, Psikolog yang memiliki kepakaran dalam bidang Psikologi Industri dan Organisasi, mendapatkan undangan sebagai narasumber dalam Program Leadership Endurance Test PT. Pupuk Kalimantan Timur. Dalam kegiatan ini, ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati berperan sebagai asesor dalam Workhsop Leadership Endurance Test Batch IV. Dalam workshop ini tidak hanya berorientasi pada penyampaian pengetahuan terkait dengan endurance, namun juga digunakan untuk menemukan evidence dari para peserta melalui proses assessment. Pelaksanaan kegiatan dalam menemukan evidence dari para peserta ini salah satunya dapat digunakan untuk menempatkan karyawan pada posisi yang tepat.

Program Studi Psikologi Paramadina mengucapkan selamat kepada ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si, Psikolog yang telah mendapatkan kepercayaan sebagai narasumber dalam workshop yang telah dilaksanakan di PT. Pupuk Kalimantan Timur. Keikutsertaan ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati sebagai narasumber merupakan salah satu bukti kualitas para dosen sebagai pengajar pada program studi psikologi yang juga menjadi pilihan yang dibutuhkan oleh pasar saat ini maupun yang akan datang.

Program Studi Psikologi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi selalu berorientasi pada tuntutan kebutuhan pasar. Oleh sebab itu, keberadaan kurikulum yang selalu terbarukan maupun sesuai dengan tuntutan tersebut menjadikan program studi psikologi harus selalu melakukan evaluasi kurikulum yang dijalankan selama proses perkuliahan. Dalam pelaksanaannya, keberadaan kurikulum yang ada pada program studi psikologi tidak hanya berorientasi pada pengetahuan teoritis yang dimiliki oleh mahasiswanya. Akan tetapi, keberadaan kemampuan yang mengarah pada praktis dan implementasi dari konsep menjadi perhatian yang terus dikuatkan oleh program studi. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan salah satu Misi Program Studi Psikologi yaitu “Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu Psikologi yang bersifat teoretis, praktis dan aplikatif serta melaksanakan riset-riset untuk mendorong perkembangan konsep-konsep baru dalam bidang ilmu psikologi dengan tetap berada dalam bingkai keislaman, keindonesiaan dan kemodernan”.


Upaya pemenuhan sesuai dengan misi tersebut, maka dalam pelaksanaan belajar mengajar di program studi psikologi diwajibkan berorientasi pada praktik lapangan. Salah satu praktik lapangan yang diselenggarakan setiap proses pembelajaran dalam perkuliahan yaitu Mata Kuliah Penelusuran Minat dan Bakat. Mata Kuliah ini mengarahkan pada mahasiswa untuk mampu menguasai konsep terkait dengan minat dan bakat dalam perspektif psikologi serta mampu melakukan instruksi pelaksanaan serta administrasi dalam tes psikologi yang terkait dengan supervisi secara langsung oleh Dosen Tetap Program Studi Psikologi yaitu ibu Alfikalia, M.Si, Psikolog yang merupakan dosen dengan kepakaran dalam dunia pendidikan.


Dalam praktik yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2018, mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Penelusuran Minat dan Bakat melakukan praktik di SMA Budhi Warman II, Jakarta. Dalam praktik tersebut, mahasiswa melaksanakan pemberian instruksi tes di depan para siswa yang kemudian dilakukan administrasi tes dengan supervisi langsung oleh para asisten dosen dan dosen pengampu.

Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu produk beasiswa yang dikeluarkan oleh Djarum Foundation dalam memberikan kontribusinya pada dunia pendidikan sejak tahun 1984. Dalam website resminya dijelaskan lebih lanjut bahwa “Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia” (djarumbeasiswaplus.org).


Lebih lanjut, keberadaan Djarum Beasiswa Plus pada dasarnya memiliki perbedaan dengan program beasiswa lainnya. Perbedaan ini terletak dari selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, para penerima beasiswa (Beswan Djarum) juga mendapatkan berbagai macan pelatihan soft skill untuk mempersiapkan mereka memiliki karakter seorang pemimpin yang tangguh di masa yang akan datang. Pelatihan yang diberikan kepada para penerima beasiswa ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Selain program-program tersebut, program Community Empowerment juga merupakan salah satu bentuk program tambahan yang diberikan untuk menerapkan berbagai ketrampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada. Tujuan dari rangkaian pelatihan tersebut pada dasarnya juga akan memberikan penguatan pencapaian akademik (hard skill) yang diperoleh.


Menurut data yang ada pada website resmi, lebih dari 10.355 mahasiswa berprestasi telah menjadi penerima program. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan di lebih dari 118 perguruan tinggi unggulan di seluruh 34 provinsi di Indonesia. Para penerima Djarum Beasiswa Plus mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun.


Salah satu mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Paramadina menjadi salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus tahun 2017/2018 yaitu Anggi Avianti Pratiwi, Mahasiswi Angkatan 2015. Anggi menjadi salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus tahun 2017/2018 yang mana telah melewati seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara. Anggi Avianti Pratiwi menjadi salah satu mahasiswa yang dianggap layak setelah lolos dalam seleksi dengan berkompetisi antar mahasiswa se-Indonesia serta mahasiswa internal Universitas Paramadina yang mengikuti seleksi. Program Studi Psikologi Universitas Paramadina mengucapkan selamat untuk Anggi Avianti Pratiwi atas prestasi yang telah diukir, semoga akan menjadi bekal yang positif dan baik agar sukses di masa yang akan datang.

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja manusia tidak pernah lepas dari kondisi yang menimbulkan stres. Masalah dalam kehidupan pribadi, beban kerja, permasalahan dengan lingkungan  maupun kondisi lingkungan fisik (cuaca) dan kemacetan di jalan raya kerap tidak bisa dihindari sehingga membuat kita senantiasa memilki langkah-langkah yang tepat untuk membantu untuk mengelola stres di keseharian. Stres yang diartikan sebagai kondisi dimana manusia merasa  situasi yang dihadapi tidak sesuai dengan kapasitas yang ia miliki sehingga menimbulkan tekanan dan menimbulkan stres. Stres tidak hanya berdampak pada pada kondisi fisik seperti kelelahan, melainkan juga dapat memberikan dampak pada aspek psikologis manusia yakni terhadap fungsi kognitif, emosi dan perilaku.  Oleh karenanya diperlukan adanya pemahaman dan penguasaan yang tepat untuk mengelola stres yang dirasakan. Dalam dunia psikologi dikenal berbagai metode intervensi yang diarahkan untuk mengelola stres misalnya Hipnoterapi, Konseling, Art Therapy, Music Therapy, teknik relaksasi progresif serta Meditasi.

Meditasi merupakan teknik yang paling mudah untuk diterapkan dalam keseharian guna membantu kita mengelola stres. Greenberg (2015) mendefinisikan Meditasi sebagai latihan mental sederhana yang mempengaruhi perbaikan pada kondisi fisik dalam suatu situasi stress. Daniel M. Campagne (2013) mengemukakan bahwa meditasi merupakan salah satu teknik yang banyak dipergunakan dalam banyak budaya, agama maupun tradisi saat ini. Di Indonesia teknik yang paling umum kita kenali yakni Yoga yang juga tampak menjadi bagian dari jenis olahraga yang memiliki banyak ditemui di berbagai kalangan.

Program Studi Psikologi Universitas Paramadina dalam mata kuliah Manajemen Stres yang diampu oleh ibu Desy Syahniar, M.Psi, Psikolog yang merupakan salah satu Alumni Program Studi psikologi Universitas Paramadina, diarahkan tidak hanya sebatas memahami konsep teoritis dari berbagai metode intervensi psikologi untuk mengelola stres melainkan juga diharapkan agara mahasiswa menguasai teknik pengelolaan yang ada dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi diri sendiri maupun bagi lingkungannya. Dalam hal ini, Pemilihan teknik meditasi secara umum dan khususnya yoga sebagai metode yang cukup dikenal dalam keseharian dan sederhana untuk dilakukan tanpa harus dibantu oleh praktisi.


Kuliah Tamu mengenai meditasi dan yoga telah dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018, mendatangkan narasumber bapak Yudhi Widyantoro yang merupakan praktisi dan pelatih dalam bidang meditasi dan yoga. Dalam kuliah tamu ini mahasiswa diberikan materi tentang Gambaran teori Meditasi & Yoga; Stres, Meditasi & Yoga; Bagaimana mengaplikasikan meditasi & yoga dalam keseharian; Praktik meditasi dan yoga.

Pada tanggal 24 April 2018, Program Studi Psikologi mendapatkan kehormatan dengan kedatangan para kolega dosen beserta mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam melakukan studi banding. Kegiatan kunjungan ini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan oleh Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai upaya untuk mengembangkan jaringan dengan mitra dalam lingkup ilmu yang serumpun. Rangkaian kegiatan kunjungan antara lain penandatanganan kerjasama, kuliah umum, sharing mengenai penerbitan jurnal dan sharing organisasi mahasiswa.


Penandatanganan MoU dilakukan oleh Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan Program Studi Psikologi Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina. Dalam MoU tersebut diarahkan pada kerjasama untuk menguatkan kegiatan bersama yang mengarah pada pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta kemahasiswaan. Dalam pelaksanaan studi banding tersebut juga diadakan kuliah umum kepada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan narasumber ibu Alfikalia M.Si, Psikolog (dosen Program Studi Psikologi Universitas Paramadina) yang mengangkat tema “Pengembangan pendidikan inklusi berbasis wirausaha sosial” dan kegiatan ditutup dengan pertemuan antara organisasi mahasiswa yaitu Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) untuk bertukar pikiran atau sharing untuk saling berbagi pengalaman dalam berbagai kegiatan organisasi yang diiharapkan dengan terlaksananya kegiatan kunjungan ini selain untuk menjalin silaturahmi, juga dapat meningkatkan semangat dalam terus mengkaji keilmuan psikologi baik untuk mahasiswa maupun bagi dosen.

Subcategories

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed