Acara Kegiatan Launching Buku Perspektif Bisnis dan Sosial, Perspektif Pemerintah, dan Bunga Rampai
Program Executive Program for Sustainable Partnership

Buku Perspektif Bisnis dan Sosial terdiri atas proses kemitraan yang dilakukan pada Perusahaan Trakindo, Tempo.co, PT Poslog, BTPN, Indonesia Service Dialogue, BMT Sidogiri, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia, Ancora Foundation. Studi kasus merupakan salah satu metode penulisan yang bertujuan untuk menuliskan pengalaman dari perusahaan terkait dengan program kemitraan dengan para stakeholdernya. Dalam konten penulisan studi kasus ini menekankan pada beberapa hal di antaranya yaitu pemaparan profil perusahaan, komitmen perusahaan terhadap program kemitraan, bentuk/model kegiatan kemitraan, mitra yang terlibat dalam program kemitraan, keefektifan dan manfaat program, serta perencanaan program kemitraaan yang akan datang.

Buku Perspektif Pemerintah terdiri atas proses kemitraan yang dilakukan di sektor pemerintah yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian-Pemerintah Kota Bogor, dan Komite Kebijakan Industri Pertahanan. Pada pelaksanaan penulisan studi kasus 3 pemerintahan ini, beberapa program kemitraan yang menjadi pilihan untuk dijadikan subjek penulisan tidak terlepas dari beberapa indikator. Indikator tersebut di antaranya berupa pertimbangan pemilihan perusahaan yang memiliki reputasi bagus dalam menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kapasitas klien secara berkelanjutan melalui pemberian kesempatan untuk berkembang di masa yang akan datang.

Buku Bunga Rampai ini merupakan kumpulan tulisan yang merupakan topik untuk semua bahan ajar pada Program Executive Program for Sustainable Partnership (EPSP). Ada 17 modul yang berisi tulisan dari semua dosen di Universitas Paramadina. Bunga rampai ini nantinya dijadikan buku ajar dalam program EPSP.

Universitas Paramadina yang menjungjung tinggi nilai nilai ke-Islaman, kemodernan, dan ke-Indonesiaan yang disebarluaskan pada  seluruh civitas academica Universitas Paramadina. Nilai nilai tersebut  dituangkan dalam kompetensi mahasiswa dan lulusan yang tercermin dalam kurikulum dan metode pengajaran dilingkungan Universitas Paramadina.

Kewirausahaan merupakan nilai nilai yang diberikan kepada mahasiswa yang melakukan studinya di Universitas Paramadina. Dengan memberikan nilai nilai kewirausahaan tersebut mahasiswa dapat mengambil inti dari pembelajaran tersebut antara lain. Bagaimana pemanfaatan sumber daya yang kian hari makin berkurang, mempunyai sens of business pada setiap perlaku dengan pengamatan indrawinya, mampu menggali karakteristik yang ada pada kewirausahaan tersebut, dan mahasiswa mampu menunjukan secara praktis ide bisni yang dituangkan dalam rencana bisnis dengan menunjukannya pada Bazar hari kewirausahaan pada akhir kuliah kewirausahaan berakhir. Kegiatan bazar tersebut merupakan bagian dari penilaian mata kuliah tersebut.

 

Tujuan Kegiatan

 Tujuan kegiatan Pameran atau Bazar Kewirausahaan mahasiswa adalah:

  1.  Mahasiswa mampu mempraktekan Rencana Bisnis yang dibuat selama mengikuti mata kuliah kewirausahaan.
  2. Mahasiswa mampu mempertahankan Rencana Bisnis yang telah dibuat pada khalayak yang hadir dalam kegiatan tersebut.
  3. Mahasiswa mampu menunjukan bahwa Ide bisnis yang ditunjukan pada khalayak dapat dipertanggung jawabkan dan merumapakan hal yang baru.

 

Dokumentasi Kegiatan Presentasi Business Plan Kewirausahaan