Selenggarakan "Cerdas Menonton TV," Pemateri Diserbu Peserta

Print

"Kenapa harus cerdas dalam menonton televisi?. Demikian pertanyaan yang diajukan Tuti Jamilah salah seorang peserta sharing Cerdas Menonton Televisi yang diselenggakan oleh program studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina baru baru ini. Bertempat di Aula SDN 1 Ciheuleut, kegiatan tersebut disambut antusias oleh para guru dari SDN 1 Ciheuleut dan SDN 2 Ciheuleut Bogor Jawa Barat. Para guru yang berasal dari dua sekolah tersebut merupakan peserta "Cerdas Menonton Televisi".

Menurut ketua program studi Ilmu Komunikasi, Dr Nurhayani Saragih, kegiatan "Cerdas Menonton Televisi" adalah bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademik Universitas Paramadina.

"Cerdas Menonton Telelevisi merupakan agenda yang rutin dilakukan kampus sebagai bagian dari pengabdian masyarakat,katanya". Ditambahkannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para orang tua dan guru guru untuk memiliki kemampuan dalam menyaring konten konten tayangan televisi yang layak untuk ditonton oleh anak anak.

Dr Suraya dan Dr Rini Sudamanti selaku narasumber, berbagi informasi tentang beberapa tayangan yang dianggap memiliki konten yang tidak sesuai untuk ditayangkan di televisi. Selain itu juga narasumber berbagi tips bagaimana cara melakukan pendampingan kepada anak anak dirumah ketika sedang menonton televisi. Materi yang disampaikan dalam kesempatan itu menarik antusiamisme peserta yang berprofesi sebagai guru dan juga sebagai ibu rumah tangga.

"Kami sebagai guru sangat senang mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana seharusnya kami memantau perilaku menonton anak anak kami. Selama ini kami merasa khawatir dengan isi program tayangan televisi banyak menampilkan adegan yang tidak sesuai dengan usia anak anak". kata Dra Wiwin Wilayah MM, kepala sekolah SDN I Ciheudeut Bogor. Program sejenis diharapkan diselenggarakan secara rutin untuk mengedukasi para orang tua dan guru guru sehingga memiliki kemampuan untuk melindungi anak anak mereka dari efek negatif yang kemungkinan ditimbulkan oleh tayangan televisi.

 

RAI

Joomla SEF URLs by Artio