WORKSHOP INTERNET & GADGET SEHAT SDIT AL-IZHAR

Internet dan gadget, merupakan dua hal yang saat ini sulit untuk dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Setiap provider berlomba dalam memberikan layanan berselancar dengan nyaman di dunia maya. Selain itu, dukungan aneka fitur menarik yang dikembangkan oleh perusahaan pencipta gadget juga membuat aktivitas ini menjadi lebih tanpa batas. Pengaruhnya pun tidak hanya merabahi manusia dewasa, namun juga rentang usia anak-anak dan remaja.

Pada masa pra-remaja (usia sekolah dasar), salah satu fenomena yang kini menjamur adalah penggunaan gadget dan internet dengan bebas. Bahkan tak jarang orang tua memberikan fasilitas internet dan gadget lengkap bagi putra putrinya. Namun, sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan pengontrolan yang juga ketat untuk membentengi anak-anak dari konten yang belum sesuai dengan usia mereka. Berbagai hal menjadi faktor penghambat tindakan pengontrolan dari orang tua tersebut, diantaranya adalah kurangnya pemahaman orang tua mengenai konten yang diakses oleh putra putri mereka, kurangnya waktu yang dapat digunakan untuk mendampingi anak-anak dalam menggunakan fasilitas gadget dan internet, dan berbagai permasalahan lainnya.

Hal semacam ini tentu menjadi dilema tersendiri bagi orang tua dan guru. Terutama saat anak telah sangat mahir mengoperasikan berbagai gadget dan berselancar dengan santai di dunia maya tanpa batasan akses. Menilik pada fenomena tersebut dan kesadaran yang dimiliki oleh para guru SDIT Al-Izhar Pondok Labu, maka diadakanlah kegiatan pelatihan Pelatihan “Internet dan Gadget Sehat” yang dilaksanakan pada Bulan Februari 2019.Kegiatan ini dilakukan dalam tiga bentuk kegiatan yakni workshop kepada siswa-siswa, diskusi dan sharing dengan orangtua serta guru di sekolah.

Kegiatan yang digawangi oleh Paramadina Psychhology for People bekerjasama dengan Prodi Psikologi dan Prodi Teknik Informatika baik dosen sebagai para pemberi materi serta keterlibatan para mahasiswa dikedua jurusan tersebut sebagai fasilitator kegiatan ini disambut dengan cukup hangat dan antusias oleh siswa-siswi kelas 4 sebagai peserta yang terlibat dalam kegiatan juga mendapatkan sambutan positif dari guru dan orang tua. Para dosen psikologi yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Ibu Alfikalia, M.Si, Ibu Dessy Syahniar, M.Psi, Psikolog, dan Ibu Dinar Saputra, M.Psi, Psikolog. Para mahasiswa psikologi yang dilibatkan dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa lintas angkatan yang sebelumnya sudah diberikan pembekalan untuk menjadi fasilitator kegiatan pelatihan. Pelibatan mahasiswa sebagai fasilitator dalam kegiatan ini tidak terlepas dari tujuan program studi psikologi yang menekankan pada penguatan kompetensi baik bersifat pengetahuan serta praktis. Dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat program studi menjadi salah satu media untuk penguatan tujuan tersebut.

Dalam kegiatan ini para Guru Bimbingan Konseling juga menyatakan bahwa “ Senang sekali karena diskusi yang dilakukan tidak hanya memberikan gambaran mengenai kebiasaan siswa dalam mengakses gadget melainkan juga memberikan pengetahuan kepada guru mengenai digital literarcy yang tentu saja bisa dimanfaatkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari”. Sedangkan orangtua siswa menyatakan bahwa “kami sangat menunggu kegiatan seperti ini dilakukan oleh sekolah, mengingat anak-anak kami cukup melek dengan digital”.

Kegiatan ini memang disasarkan untuk membantu membekali siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan internet dan gadget dengan bijaksana. Dengan demikian setelah mengikuti pelatihan, diharapkan siswa mampu memanfaatkan gadget dan akses internet yang mereka miliki untuk hal-hal positif. Selain itu, siswa juga mampu membentengi diri dari hal-hal negatif yang dapat ditimbulkan oleh gadget dan internet.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed