Kuliah Umum “Self Hypnosis For Mental Health”

Kegiatan kuliah umum yang merupakan rangkaian kedua dari kegiatan Pekan Ilmiah Psikologi 2018 telah dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2018. Dalam kuliah ini narasumber utama yang memberikan materi yaitu Maharani Octy Ningsih, M.Psi, Psikolog, C.Ht. Dalam kuliah umum tersebut, narasumber memaparkan secara menyeluruh bagaimana hipnoterapi sebagai salah satu pendekatan terapi yang seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah psikologis. Hipnoterapi yang dianggap mampu memberikan efek yang dianggap baik dan mudah dilakukan menjadi salah satu alasan mengapa pemilihan terapi tersebut menjadi bentuk terapi yang direkomendasikan. Dalam paparannya yang lain, narasumber menjelaskan bagaimana perbedaan antara sebuah hypnosis dan hypnoterapy itu sendiri yang mana titik penekanannya berada pada tujuan penggunaan yang lebih bermanfaat untuk peningkatan maupun menyelesaikan masalah psikologis yang diderita oleh individu. Peran ketidaksadaran sebagai entitas utama ketika membahasa tentang hypnosis juga menjadi pembahasan yang ditelaah lebih jauh dalam kuliah umum.

Di dalam kuliah umum tersebut, narasumber juga menjelaskan bagaimana efektivitas dari pelaksanaan hypnoterapi ini tidak terlepas dari sejauh mana klien dapat percaya pada terapis serta bersedia untuk mengikuti dan meyakini bahwa hypnoterapi merupakan intervensi yang bisa membantu dirinya. Jika kondisi tersebut belum mampu dibangun dalam diri klien maka hypnoterapi tidak mampu menjadi sebuah intervensi yang bermanfaat dalam upayanya membantu dalam terapi permasalahan psikologis yang dialami oleh klien. Beberapa permasalahan psikologis yang bisa ditangani melalui terapi hypnoterapi ini juga dijelaskan oleh narasumber berdasarkan pada pengalamannya menangai sejumlah klien seperti permasalahan paranoid, peningkatan kepercayaan diri, mereduksi stres serta beberapa permasalahan psikologis lainnya. Narasumber sendiri juga memaparkan bagaimana langkah-langkah yang harus dilaksanakan ketika hypnoterapi harus dilaksanakan pada saat sesi terapi yang diberikan kepada seorang klien.

Selain menjelaskan hynoterapi sebagai sebuah intervensi yang diberikan oleh klien, narasumber juga memaparkan bagaimana self hynosis sebagai salah satu terapi yang bisa dilakukan oleh diri sendiri dalam upayanya mereduksi stres maupun menguatkan pemikiran positif dalam ranah ketidaksadaran individu. Langkah-langkah dalam melakukan self hypnosis sendiri diberikan dengan tahapan yang jelas dan dilakukan sebuah praktik langsung dengan melibatkan seluruh peserta yang hadir bagaimana cara melakukan self hypnosis tersebut. Dengan adanya self hypnosis ini diharapkan individu dapat selalu menjaga kesejahteraan psikologis dalam diri ketika nantinya dihadapkan dengan stressor saat menjalani aktivitas keseharian.

Untuk mendapatkan materi kuliah umum tersebut dapat diunduh pada:

https://drive.google.com/file/d/13hdVQyp3Ho2w9NeinvqmlCzpi8GYJv8S/view?usp=sharing


About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed