KULIAH TAMU MANAJEMEN STRES “MEDITASI & YOGA UNTUK MENGELOLA STRES DALAM KESEHARIAN”

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja manusia tidak pernah lepas dari kondisi yang menimbulkan stres. Masalah dalam kehidupan pribadi, beban kerja, permasalahan dengan lingkungan  maupun kondisi lingkungan fisik (cuaca) dan kemacetan di jalan raya kerap tidak bisa dihindari sehingga membuat kita senantiasa memilki langkah-langkah yang tepat untuk membantu untuk mengelola stres di keseharian. Stres yang diartikan sebagai kondisi dimana manusia merasa  situasi yang dihadapi tidak sesuai dengan kapasitas yang ia miliki sehingga menimbulkan tekanan dan menimbulkan stres. Stres tidak hanya berdampak pada pada kondisi fisik seperti kelelahan, melainkan juga dapat memberikan dampak pada aspek psikologis manusia yakni terhadap fungsi kognitif, emosi dan perilaku.  Oleh karenanya diperlukan adanya pemahaman dan penguasaan yang tepat untuk mengelola stres yang dirasakan. Dalam dunia psikologi dikenal berbagai metode intervensi yang diarahkan untuk mengelola stres misalnya Hipnoterapi, Konseling, Art Therapy, Music Therapy, teknik relaksasi progresif serta Meditasi.

Meditasi merupakan teknik yang paling mudah untuk diterapkan dalam keseharian guna membantu kita mengelola stres. Greenberg (2015) mendefinisikan Meditasi sebagai latihan mental sederhana yang mempengaruhi perbaikan pada kondisi fisik dalam suatu situasi stress. Daniel M. Campagne (2013) mengemukakan bahwa meditasi merupakan salah satu teknik yang banyak dipergunakan dalam banyak budaya, agama maupun tradisi saat ini. Di Indonesia teknik yang paling umum kita kenali yakni Yoga yang juga tampak menjadi bagian dari jenis olahraga yang memiliki banyak ditemui di berbagai kalangan.

Program Studi Psikologi Universitas Paramadina dalam mata kuliah Manajemen Stres yang diampu oleh ibu Desy Syahniar, M.Psi, Psikolog yang merupakan salah satu Alumni Program Studi psikologi Universitas Paramadina, diarahkan tidak hanya sebatas memahami konsep teoritis dari berbagai metode intervensi psikologi untuk mengelola stres melainkan juga diharapkan agara mahasiswa menguasai teknik pengelolaan yang ada dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi diri sendiri maupun bagi lingkungannya. Dalam hal ini, Pemilihan teknik meditasi secara umum dan khususnya yoga sebagai metode yang cukup dikenal dalam keseharian dan sederhana untuk dilakukan tanpa harus dibantu oleh praktisi.


Kuliah Tamu mengenai meditasi dan yoga telah dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018, mendatangkan narasumber bapak Yudhi Widyantoro yang merupakan praktisi dan pelatih dalam bidang meditasi dan yoga. Dalam kuliah tamu ini mahasiswa diberikan materi tentang Gambaran teori Meditasi & Yoga; Stres, Meditasi & Yoga; Bagaimana mengaplikasikan meditasi & yoga dalam keseharian; Praktik meditasi dan yoga.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed