Puasa Membentuk Muslim Sejati

Oleh Zainul Maarif

Setiap bulan Ramadan semua umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa. Tapi, apakah Anda tahu apa sebenarnya makna puasa? Dalam kitab Al Futuhat Al Makiyah karya Syaikh Ibnu Arabi mendefinsikan puasa sebagai pengendalian dan peningkatan diri. Sebagaimana puasa ditinggikan oleh Allah SWT dari ibadah yang lainnya.

Rasulullah SAW bersabda, lakukanlah puasa karena tidak ada yang setara dengannya. Tidak ada ibadah lain yang setara dengan puasa. Sebagaimana tidak ada sekutu bagi Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada penentuan pahala bagi yang berpuasa. Allah SWT berfirman, puasa itu milik-Ku dan Aku-lah yang akan mengganjarinya. Orang yang berpuasa adalah orang yang dekat dengan Allah SWT. Namun, tidak semua yang berpuasa memiliki derajat yang sama.

Rasulullah pernah bersabda berapa banyak orang yang melakukan puasa tapi hanya mendapati lapar dan dahaga tanpa hasil apapun. Puasa memang menuntut kita untuk tidak minum dan makan. Namun lebih dari itu. Puasa juga menuntut kita untuk mengendalikan diri dari perbuatan dan perkataan yang buruk. Maka Rasulullah SAW pun bersabda, di hari dimana kalian berpuasa janganlah berkata keji dan berkelahi.

Dengan begitu, puasa adalah latihan untuk kita menjadi muslim sejati. Muslim sejati bukanlah orang yang hanya tertulis Islam di KTP-nya. Bukan pula yang hanya menjalankan kelima rukun Islam. Tapi, muslim sejati adalah orang yang perkataan dan perbuatannya baik.

Puasa Ramadan bisa dijadikan latihan untuk membentuk muslim sejati dalam diri kita. Dan diharapkan dapat terus menerus menjadi kebiasaan sehingga kita termasuk orang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

Penulis merupakan peneliti di Universitas Paramadina

sumber:

http://www.beritasatu.com/ramadansatu/jalan-pulang/493697-puasa-membentuk-muslim-sejati.html 

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

Hubungi Kami

Kampus Jakarta
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Indonesia
T. +62-21-7918-1188
T. 0815-918-1190

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cipayung
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9, 
Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880�
T. 0815-818-1186


Kampus Cikarang

District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192�