UAS Organisasi Internasional dan Kawasan Asia Timur

 

            Selasa, 11 Juli 2017. Masih dalam suasana pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) di Universitas Paramadina, pelaksanaan UAS 2 mata kuliah ini terlihat berbeda. Kelas Organisasi Internasional dan Kawasan Asia Timur adalah dua pilihan mata kuliah yang diajarkan di program studi Hubungan Internasional. Pelaksanaan UAS yang umumnya dilakukan di kelas, tidak berlaku pada semester ini terhadap kedua mata kuliah tersebut. Para mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok, untuk mempresentasikan fakta dan fenomena terkait hubungan internasional yang telah dipelajari sepanjang semester genap ini.

            Dalam mata kuliah organisasi internasional, mahasiswa dituntut untuk dapat mengidentifikasi organisasi-organisasi internasional yang memiliki berbagai program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara-negara tertentu. Kali ini organisasi internasional yang menjadi pilihan adalah the United Nations Development Programme (UNDP), Food and Agriculture Organization (FAO), the Oxfam Indonesia, the World Wildlife Fund (WWF) Indonesia dan Habitat for Humanity Indonesia. Semua organisasi internasional tersebut merupakan organisasi nirlaba yang mengutamakan kelangsungan hidup masyarakat di Indonesia. Dalam mengerjakan mading-madingnya, para mahasiswa juga melakukan wawancara ke kantor organisasi-organisasi tersebut. Hal ini membantu mahasiswa mendapat informasi yang akurat dan melatih kemampuan investigasi mereka.

            Hampir serupa dengan yang dilakukan oleh para mahasiswa Mata Kuliah Kawasan Asia Timur. Mereka merangkum informasi mengenai politik luar negeri negara-negara di kawasan Asia Timur. Setiap kelompok di kelas memilih satu negara Asia Timur yang akan mereka cari tahu politik luar negerinya. Setiap kelompok perlu menjelaskan secara detail fokus politik luar negeri negara yang dipilihnya dan dipresentasikan saat UAS berlangsung. Para mahasiswa perlu memanfaatkan team work demi hasil mading yang memuaskan. Mading yang ditampilkan tidak hanya harus komprehensif, namun juga apik visualisasinya agar menarik perhatian khalayak ramai.

 

            Kegiatan UAS seperti ini dapat melatih para mahasiswa untuk mempresentasikan dengan apik fenomena hubungan internasional yang telah dipelajari. Walaupun tidak dilakukan secara individual, peran setiap orang menjadi penting untuk memastikan hasil karya sesuai instruksi dan arahan yang telah disepakati. Mahasiswa juga melatih diri untuk bertanggung jawab terhadap apa yang sudah dibuat kelompoknya. Semoga di semester-semester selanjutnya, kegiatan UAS seperti ini dapat tetap dilakukan .

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed