Yudisium Prodi DPI

Selamat para lulusan prodi DPI…

Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina menyelesaikan rangkaian pembimbingan mahasiswa TA (Tugas Akhir) sesuai jadwal pada akhir Februari ini. Proses jalannya pembimbingan mahasiswa mulai dari awal hingga persiapan sidang TA menjadi perhatian bagi prodi untuk terus menerus diperbaiki dan ditingkatkan. Peningkatan kualitas karya dan rentang waktu penyelesaian TA merupakan target yang perlu diperhatikan disamping IPK lulusan. Pada Yudisium Prodi DPI, 21 Februari 2017 kali ini terjadi peningkatan dimana seluruh wisudawan berhasil menyelesaikan TA dalam satu semester. 

Selamat kepada Erick Sukmariana (207000282), Audy Hanifa Andrainy (112102010), Yusa Nikmat Turohmah (113102001) yang telah menjalani sidang TA dan dinyatakan lulus. Tema yang diangkat oleh mereka juga sangat relevan dengan kondisi saat ini, yaitu: Erick Sukmariana dengan tema “Tas untuk Pengguna Busway”; Audy Hanifa Andrainy, ”Container Es batu untuk memudahkan penyajian minuman dingin”; Yusa Nikmat Turohmah ”Alat peraga Penyuluhan Kesehatan Gigi pada Anak”. Kami ucapkan selamat kepada para lulusan, semoga sukses dan tetap menekuni dunia profesi Desain Produk.

Apresiasi juga untuk rekan-rekan dosen, staf dan HIMA atas dukungannya. Ini adalah indikasi yang sangat baik seiring usaha prodi untuk meningkatkan manajemen penyelesaian tugas akhir dan program penyelesaian kuliah tepat waktu. Perbaikan kurikulum baru 2015 dan prosedur Tugas Akhir membuahkan hasil yang cukup baik. Semoga prestasi ini bisa memotivasi rekan-rekan lainnya untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu. (DPI/Februari 2017)

Kerjasama Program Studi DPI dengan Industri

Presentasi MK Desain Produk IV 12 Januari 2017...

Kemampuan merancang produk yang inovatif belumlah lengkap jika tidak bisa direkayasa untuk diproduksi secara masal. Kemampuan dalam mengukur dan mengambil keputusan desain berdasarkan aspek produksi bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang mempengaruhi dan terkadang hanya bisa diketahui bila kita terjun langsung ke lapangan. Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina menjalankan program kerjasama dengan industri agar mahasiswa dapat kesempatan belajar langsung mengenai hal tersebut. Salah satu kompetensi utama mahasiswa Desain Produk (DP) adalah perancangan produk untuk diproduksi secara masal “mass product”

Melalui proses presentasi karya oleh mahasiswa dan kurasi oleh tim dari industri rekanan, akhirnya pada semester ini mahasiswa MK (Mata Kuliah) DP IV meloloskan 6 prototype produk kursi kantor. Selamat untuk para mahasiswa yang berhasil menyelesaikan prototype. Kami juga ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada PT Ariza, produsen “office furniture” merek Mubarix, atas kerjasama dan dukungannya pada kegiatan ini. Semoga desain yang dihasilkan dapat sukses diserap pasar. (DPI/Januari 2017)

 

Kerjasama Prodi DPI dalam program ADPII Jakarta

ADPII Jakarta ‘Super Lecture’9 -13 Desember 2016 …

Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina berupaya untuk selalu aktif dalam membangun jejaring dengan para profesional. Pada kesempatan ini Prodi DPI memberi dukungan pada ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) Jakarta, dalam rangkaian kegiatan “Super Lecture” dari tanggal 9-13 Desember 2016. Kegiatan ini menghimpun para desainer produk diseluruh Jabotabek, dimana hadir Prof. Imam Buchori sebagai salah satu pembicaranya. 

Terhubungnya institusi pendidikan dengan para professional selain memberikan wawasan perkembangan profesi, bisnis dan Iptek, serta memberi motivasi bagi mahasiswa sebagai generasi penerus. Pada kesempatan ini ditampilkan karya mahasiswa dari Perguruan Tinggi Desain Produk, termasuk karya Tugas Akhir mahasiswa prodi DPI Universitas Paramadina. HIMA Inprodes (Himpunan mahasiswa Prodi DPI) juga aktif dalam kepanitiaan kegiatan ini yang melibatkan mahasiswa. 

Semoga kelanjutan dari program ADPII ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan Desain Produk dan profesi desainer produk di Indonesia. (DPI/Desember 2016)

   

 

   

 

 

 

Dukungan dalam Kongres HDMI Desember 2016 …

Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina sebenarnya bisa dibilang sebagai tuan rumah dari organisasi profesi HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia). Kompetensi dari kurikulum prodi DPI juga mengarah pada benda pakai yang mana didominasi poleh produk mebel atau saat ini biasa disebut furniture. Aktivitas “Penelitian dan Pengabdian Masyarakat” dosen juga sebagian besar berada dalam lingkup desain furniture.

Para dosen Prodi DPI adalah deklarator dari HDMI yang didirikan tahun 2010 di Universitas Paramadina. Kali ini HDMI Seiring dengan berakhirnya kepengurusan maka HDMI akan mengadakan  Kongres I HDMI dengan tema “Penguatan Desainer Mebel untuk Menghadapi Persaingan Global”. Kegiatan ini akan diadakan pada hari Kamis, 15-16 Desember, bertempat di Gedung Kementerian Perindustrian RI. Kegiatan ini juga didukung oleh HIMA Inprodes (Himpunan Mahasiswa Desain Produk Industri). Diharapkan kegiatan ini dapat semakin memperkuat HDMI sebagai asosiasi profesi desainer mebel dan menjadikan profesi ini sejajar dengan profesi lainnya. (DPI/Desember 2016)

 

 

 

 

Keikutsertaan dalam seminar “Desainers in Automotive Industries”…

Ilmu pengetahuan tidak hanya tersedia dalam bentuk materi perkulihan, justru sangat banyak ilmu pengetahuan yang dapat kita peroleh diluar kampus, salah satunya adalah melalui forum profesional. Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina mendorong mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan ilmiah diluar kampus baik yang sifatnya formal maupun informal. Kegiatan semacam ini juga aktif diikuti para dosen agar selalu “update” terhadap perkembangan iptek dan wacana baru dibidang desain produk.  Salah satu wujudnya adalah keikutsertaan dosen dan mahasiswa DPI dalam kegiatan “Desainers in Automotive Industries” yang diselenggarakan oleh ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) Jakarta, tanggal 10 Desember 2016, di DD Art Building, Bintaro. 

Kegiatan ini berupa seminar dan workshop yang dikemas dalam bentuk talkshow, dengan narasumber para desainer Indonesia yang bergerak dibidang automotif. Sebagai Program Studi yang memiliki mata kuliah Automotif, kegiatan ini sangat bermanfaat dimana banyak hal baru yang kita peroleh melalui diskusi dengan para profesional, akademisi dan mahasiswa yang hadir. Forum seperti ini juga menjadi ajang penting bagi mahasiswa agar terkoneksi dengan dunia luar, baik antara sesama mahasiswa maupun dengan para senior desainer. Kegiatan ini juga memberi gambaran bahwa kemampuan berorganisasi itu penting dan bermanfaat bagi pengembangan diri mereka. 

Semoga forum semacam ini lebih banyak lagi diadakan. Kami juga siap mendukung ide-ide dari mahasiswa/ HIMA untuk mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan para desainer bahkan alumni DPI universitas Paramadina. (DPI/Desember 2016)

  

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed