Industri Kreatif saat ini menjadi unggulan dalam peningkatan ekonomi Indonesia. Lulusan Program Studi Desain Produk Industri Universitas Paramadina akan
menjadi desainer produk yang siap turut terlibat aktif dalam memajukan perekonomian. Keterlibatan tersebut dapat melalui profesi-profesi, berikut ini:
- Desainer Maker, profesi ini adalah profesi yang menjadi impian para desainer karena memberikan ruang berkarya yang kreatif dengan dukungan keterampilan
  yang unggul dalam mengolah material. Desainer maker menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tinggi dan memiliki peluang bersaing di pasar internasional.
- Entrepreneur, wirausahawan mandiri yang bergerak di pengembangan maupun pemasaran produk desain, diantaranya dengan menbuka jasa konsultan desain
  maupun membuat toko desain.
- Penulis bidang desain saat ini masih sangat langka, sementara perkembangan industri kreatif tidak akan pernah optimal tanpa para penulis yang memahami
  dunia desain secara utuh.
- Desainer dalam industri, membangun karir sebagai desainer dalam industri merupakan tantangan yang menarik karena memungkinkan untuk bekerja bersama
  dengan bidang teknologi dan rekayasa.
- Desainer dalam lembaga pemerintahan, menjadi salah satu pilihan profesi yang sangat terbuka pada saat ini sejalan dengan kebijakan pemerintah
  dalam mengembangkan industri kreatif, baik industri besar maupun industri kecil menengah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lulusan desain produk industri dapat bergabung dengan asosiasi profesi diantaranya  Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia ( http://adpii.org/ ) dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (http://hdmi-ifda.org/ )

***

Pameran Akademik Prodi DPI dan DKV, Auditorium Nurcholish Madjid 7-10 Desember 2015…

Mengakhiri satu tahun perkuliahan, mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) menggelar pameran karya akademik berjudul “Enigma” di Auditorium Nurcholish Madjid , Universitas Paramadina. Kesadaran untuk terus berkarya dan menghadirkan karya inovatif secara terus menerus ketengah publik, menjadi suatu tantang yang akan terus dijawab oleh mahasiswa DPI dan DKV angkatan 2014. Demikian gambaran gagasan mereka yang direpresentasikan dalam judul pameran akademik mahasiswa 2014 “Enigma”. Kegiatan terdiri dari rangkaian acara : pameran, seminar dan workshop

Setiap tahunnya, mahasiswa (mahasiswa baru) diberi kesempatan untuk melatih kemampuan mereka untuk tampil merepresentasikan diri didepan publik melalui pameran karya akademik. Selanjutnya kemampuan ini harus selalu diasah dalam karya-karya selanjutnya baik dilingkup akademik maupun non-akademik. Mereka dituntut untuk tampil penuh percaya diri dan berhadapan langsung dengan publik yang mengapresiasi karya mereka.

Seluruh rangkaian kegiatan dikelola oleh mahasiswa yang tergabung Rupakapala (HIMA DKV) dan Improdes (HIMA DPI). Selamat berkarya…Bravo Rupakapala dan Inprodes!. (DPI/Desember 2015)

 


Yudisium mahasiswa Prodi DPI Universitas Paramadina

 

“Selamat atas penyelesaian Tugas Akhir“

Selamat kepada mahasiswa Program Studi Desain Produk Industri (DPI) yang telah berhasil menyelesaikan Tugas Akhir (TA). Dengan ini lengkap sudah kompetensi desain produk yang dikuasai. Selamat kepada Triyan Darmawan (DPI 2006) dan Handoko Nur Pribadi Putra (DPI 2010) yang berhasil menempuh sidang tanggal 19 dan 24 Maret 2015 lalu. Semoga persiapan menuju tanggal wisuda dapat berjalan lancar. Triyan Darmawan berhasil menyelesaikan Tugas Akhir dengan judul: “Perancangan Transformasi Meja untuk Mendukung Aktifitas Pengunjung di Café Coffee” ; dan Handoko dengan judul Perancangan Produk Sandal Wudhu Dengan Busa Penyerap”. Keduanya berhasil menyusul rekan mereka: Zahra Rahmani Rahmiyah (DPI 2010) yang terlebih dahulu menyelesaikan TA, dengan judul “Perancangan Desain Ulekan Elektrik” Mereka semua akan di wisuda bulan April ini.

Selamat dan sukses, semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat banyak(DPI/April 2015)

 


 

“Product and Fashion”

Kuliah Umum, MK Fashion dan Asesoris , 14 Desember 2015

Prodi DPI Universitas Paramadina mengundang Tri Anugrah, S.Sn. Trend & Design Researcher at BD+sebagai pembicara dalam kuliah umum MK (mata kuliah) Fashion dan Assesories. Kuliah umum memberikan pengetahuan bagaimana seorang desainer melakukan riset tren berdasarkan pengalaman pembicara. Kuliah umum ini bertujuan agar mahasiswa melakukan riset mengenai trend dengan bbaik dan benar dalam proses desain mereka. Selain itu mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan kompetensi dalam merancang produk-produk yang masuk dalam kelompok fashion dan assesories. Kuliah umum ini juga memberikan masukan penting dalam melihat proses kerja desainer yang mana umumnya adalah entrepreneur dibidang fashion. (DPI/Desember 2015)

 

Eco Park Senayan, Hall J, 14-17 Maret 2015 

“Partisipasi mahasiswa pada pameran “Furniture” tingkat internasional”

Perancangan furniture merupakan salah satu yang menjadi penekanan pada Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina. Untuk itu, partisipasi dalam IFFINA (Indonesian International Furniture Fair) 2015 merupakan suatu keharusan. Dalam setiap keikutsertaannya, prodi DPI dan HIMA menampilkan produk karya mahasiswa terbaru yang dihasilkan dalam perkuliahan. Mereka menampilkan produk-produk furniture dengan material lokal (kayu, rotan, logam, dsb) dengan inovasi pada pengembangan konsep pasar, budaya dan perilaku konsumen. Prodi DPI kembali menampilkan pesan bahwa “para mahasiswa siap berperan aktif dalam mengembangkan produk furniture lokal”. Karya mahasiswa DPI Universitas Paramadina berada di Hall J, pada area “d-Insight”, sebuah area yang dikelola oleh HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia). Area ini diisi oleh berbagai karya desain furniture dari para desainer professional dan mahasiswa desain dari sekolah desain di Indonesia.

Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau Inprodes Paramadina, jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. Tentunya terima kasih kepada ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertaraf internasional ini. (DPI/Maret 2015)

 

 


 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed