Hari pertama puasa diisi dengan shooting video tentang Desain Produk di IDDC (Indonesia Development Design Center) Kementerian Perdagangan RI. Tempatnya …… fix keren banget!  Rombongna kecil kita sampai di IDDC jam 09.00 teng dan langsung bedah naskah bareng sambal dari spot-spot yang pas untuk skenarionya. Ide-ide kreatif langsung bermunculan di tempat, dan kita pun makin semangat. Adegan-adegan spontan ngga bisa dihindarkan termasuk munculnya edisi khusus dengan Bapak Harry Maulana, Desainer Produk senior yang sudah malang melintang di berbagai industry yang kebetulan sedang ada di IDDC untuk melakukan konsultasi desain dengan para pelaku UKM. Kapan lagi menyerap ilmu dari suhunya desainer produk. Shooting selesai jam 15.00, barulah terasa lelah dan kantuknya, haha

Video rencananya akan diupload di youtubenya Desain Produk Paramadina menjelang Lebaran. Nantikan yaaaaaa ;)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Studi Desain Produk Universitas Paramadina menawarkan beberapa Program untuk sekolah-sekolah di Jakarta dan sekitarnya. Ada 3 Program yang dapat dipilih: Pengenalan Program Studi Desain Produk untuk Siswa SMA/SMK/MA, Design Thinking Workshop dan 2 Jam Kenali Antikorupsi. Sekolah dapat memilih salah satu dari tiga kegiatan yang ditawarkan atau memilih ketiganya, dengan jadwal yang disepakati antara pihak Sekolah dengan Program Studi Desain Produk.

Seperti kita tahu, saat ini banyak perubahan yang terjadi secara cepat yang disebut ‘Distruption’ menjadi tantangan untuk dunia bisnis dan sendi kehidupan lain secara keseluruhan. Hal tersebut membutuhkan keterampilan dalam berpikir kreatif yang berorientasi kepada manusia (user oriented) dan bertujuan membuat ‘problem solving’ atau pemecahan masalah. Metode tersebut dikenal dengan ‘design thinking’. Selain keterampilan berpikir kreatif, masa depan juga membutuhkan insan yang berintergritas, karena inovasi kreatif tanpa integritas dapat membahayakan bagi keberlangsungan bangsa dan negara Indonesia. Universitas Paramadina telah menyelenggarakan Antikorupsi sebagai Mata Kuliah Wajib yang diikuti seluruh mahasiswa, sejak tahun 2008, dijalankan secara konsisten selama 10 tahun hingga tahun ini dan akan dikembangkan terus serta menjadi kekuatan dalam upaya menwujudkan masyarakat madani Indonesia. Atas dasar itulah kami Program Studi Desain Produk menawarkan program-program seru ini untuk dedek-dedek SMA/SMK/MA! Daftar segera ya

Kontak email:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Follow IG: hendrianawerdhaningsih

 

Desain Produk Indonesia…. “Go to Milan”

“Salone del Mobile Milano”, Milan, Prancis, 17-22 April 2018,

Program Studi DP (Desain Produk) kembali menugaskan dosennya untuk andil dalam kegiatan pameran internasional yang diikuti oleh rekan-rekan desainer profesional yang tergabung dalam HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia). Partisipasi Indonesia kali ini didukung oleh Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dan TALA pengelola kegiatan dan bisnis. Pameran desain furniture “Salone del Mobile Milano” merupakan salah satu yang terbesar dan menjadi kiblat bagi perkembangan desain mebel dan furniture di dunia.

Semoga keikutsertaan dosen kami Ibu Ira H Samri, dapat memberi manfaat bagi perkembangan pendidikan desain produk khususnya desain mebel dan furniture di Indonesia. (DPI/April 2018)

 

 

Indonesia Bebas Sampah 2020: Solusi Masalah Sampah melalui Kreativitas Desain Produk

Paul Connet (2014) menyatakan bahwa waste is a problem of design! Nature makes no waste. It’s a human invention. Waste is all about bad human’s design. Alam tidak membuat sampah. Sampah adalah ‘temuan’ manusia.

Sadarkan kita?

  • Setiap hari orang Indonesia menghasilkan 175.000 ton sampah
  • Sampah yang dihasilkan DKI Jakarta setiap 2 hari  setara dengan ukuran Candi Borobudur atau sama dengan 185 Candi Borobudur dalam 1 tahun, san semua sampah tersebut hanya dikumpulkan dan dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang.
  • Hampir semua TPA di Indonesia sudah penuh dan sangat sulit dicari tempat baru
  • Apakah kamu sudah memilih sampahmu?
  • Seberapa sering kamu menyisakan makanan dan ke mana perginya sisa makanan kita?

Sampah di Indonesia merupakan masalah yang sudah sangat mendesak. Banyak peraturan pemerintah sudah dibuat sebagai upaya pemecahan masalah sampah, namun masalah persampahan belum juga terpecahkan.  

Forum Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1973 (Fortuga) bekerja sama dengan Aliansi Desain Produk Industri Indonesia (ADPII), yaitu organisasi profesi desainer produk industri di Indonesia menggelar kompetisi desain produk untuk pertama kalinya dengan nama Waste Wise Design Competition 2018. Kegiatan ini juga didukung Greeneration Indonesia, organisasi yang khususnya bergerak di bidang pengelolaan sampah perkotaan, dan pengelolaan kebersihan lingkungan hidup pada umumnya. Melalui Waste Wise Design Competition 2018, Fortuga bersama ADPII ingin mencari solusi-solusi produk yang pada akhirnya sampah yang dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menjadi minimal, proses tata kelola sampah menjadi lebih efektif dan efisien untuk masyarakat maupun pengelola TPA.

Pada Jumat, 11 Mei 2018 diadakan Talkshow Peduli Sampah di Indonesia Design Development Centre (IDDC), Jakarta, sekaligus peluncuran Waste Wise Design Competition 2018. Pada talkshow ini Junerosano dari Greeneration Indonesia dan Ibu Sri Bebasari memaparkan kondisi persampahan yang saat ini menjadi ancaman bagi Indonesia, contoh pengelolaan sampah yang dilakukan di dalam maupun luar negeri dan tips sederhana yang dapat dilakukan oleh diri sendiri untuk memulai partisipasi menjadi solusi dari masalah persampahan di Indonesia. Talkshow ini digenapkan oleh paparan Dino Fabrian, Ketua ADPII, tentang peranan desainer produk dalam turut serta menjadi solusi kreatif untuk masalah persampahan serta tentang Waste Wise Design Competition 2018. Talkshow ini dimoderatori oleh Hendriana Werdhaningsih, Ketua Program Studi Desain Produk Universitas Paramadina.

Infomasi lebih lengkap tentang Waste Wise Design Competition 2018, klik aja:

https://wastewisecompetition.com

 

Yuk mulai bantu tangani masalah sampah! Mulailah dari diri sendiri, pilah sampahmu dan buang pada tempatnya!

 

Berita online:

https://nasional.sindonews.com/read/1304972/15/fortuga-adpii-gelar-kompetisi-desain-produk-edukatif-dan-inovatif-1526046276

http://koran-sindo.com/page/news/2018-05-14/0/9/Fortuga_ADPII_Gelar_Waste_Wise_Design_Competition

http://www.greeneration.org/waste-wise-design-competition-2018/

https://wastewisecompetition.com/2018/05/launching-waste-wise-design-competition-talkshow-waste-solution-talks/

http://www.berita2bahasa.com/berita/01/02161205-fortuga-dan-adpii-gelar-waste-wise-design-competition-2018

http://indonesiasatu.co/category/gaya-hidup

https://www.youtube.com/watch?v=AzPPoUxQixk

 

 

 

 

 

 

 

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed