Para Dosen Mempersiapkan Mata Kuliah Wajib Design Thinking di

Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina

Jakarta, 5 Desember 2018
Pada Semester Genap 2018-2019, Fakultas Ilmu Rekayasa akan mulai menyelenggarakan Berpikir Desain atau lebih dikenal dengan Design Thinking sebagai Mata Kuliah Wajib. Dalam rangka mempersiapkan Mata Kuliah tersebut untuk menjadi mata kuliah baru yang menyenangkan sekaligus efektif bagi mahasiswa. Dosen-dosen Program Studi Desain Produk, Desain Komunikasi Visual dan Informatika bersama-sama melakukan workshop untuk persiapan tersebut. Satu hari penuh berproses bersama, sangat menyegarkan dan menyenangkan. Mata Kuliah Berpikir Desain yang akan diberikan kepada mahasiswa Semester 2 akan memberikan bekal cara berpikir yang berorientasi pada manusia, kreatif dan solutif. Persiapan matang oleh 21 dosen dari Fakultas Ilmu Rekayasa menjadi sangat penting supaya tujuan tersebut dapat tercapai. Lagipula momen seluruh dosen FIR berkumpul seharian, berproses, berdiskusi dan bercanda bersama membuat para dosen jadi semakin kompak. Maju bersama untuk memperkuat kreativitas bangsa!           

Bogor, 19 Desember 2018
Buanglah Mantan pada tempatnya! ….. Eh, Sampah maksudnya ….. Ini suasana kegiatan Telusur Lebak Pilar 2018, yang mengangkat semangat kebersihan lingkungan berbasis pengelolaan sampah. Pagi hari ini mulai dari jam 06.00 kita “Telusur Lebak Pilar 2018", melakukan aksi bersih di lingkungan Taman Sempur dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebak Pilar di Kota Bogor. Acaranya diawali dengan apel pagi bersama Pak Wali, Pak Rektor dan Bu Camat di Taman Sempur. Semangat sekali para mahasiswa Paramadina meski menempuh berjalanan dengan bis sejak subuh hari dari kampus, terutama karena kita bersama dengan dede-dede dari SMA di Bogor.



Kegiatan Bakti Lingkungan: melakukan aksi bersih di lingkungan Taman Sempur dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebak Pilar “Telusur Lebak Pilar 2018", dilanjutkan dengan Talkshow "Kemitraan dalam Integritas Pelestarian Lingkungan untuk Mendukung SDGs 2030” dengan narasumbernya Bima Arya, Ph.D, Hendriana Werdhaningsih M.Ds, Agil Mulqi, Rahyang Rimba Nusantara, membahas tentang masalah sampah dari hulu ke hilir. Pak Bima Arya bicara tentang penanganan sampah di Kota Bogor dengan kampanye kreatif dan kemitraan dengan komunitas-komunitas peduli lingkungan yang ada di Bogor. Ibu Hendriana memberikan wawasan kreatif tentang peranan desain dalam upaya melakukan ‘reduce, reuse dan recycle’. Kang Aqil menceritakan beragam program cerdik untuk mengajak warga Bogor terlibat dalam penanganan sampah, sedangkan Kak Rahyang memaparkan tentang upaya yang tak kunjung pada selama bertahun-tahun memperjuangkan ‘diet kantong plastik’ hingga akhirnya menjadi peraturan pemerintah di beberapa daerah di Indonesia. Program ini diselenggarakan dengan dukungan Ford Foundation yang bermitra dengan Universitas Paramadina dalam berbagai kegiatan yang mendorong terjalinnya kerjasama antar institusi untuk bersama-sama menyelesaikan ‘wicked problem’ yang ada di sekitar kita.

Hari ini mahasiswa Universitas Paramadina mengikuti Workshop dengan tema “Memaksimalkan Kamera Ponsel untuk Fotografi”, yang terselenggara atas kerjasama Program Studi Desain Produk Universitas Paramadina dengan Homyped. Hadir pada kesempatan ini Ibu Inggil Saldjuningsih Geondono dan Ibu Yenni Rustyowati dari Alur Advertising, mewakili Homyped, Mbak Peny Pujiati, sebagai narasumber.

Mbak Peny memulai kecintaannya pada fotografi sejak beliau mendapat kamera poket dari orang tuanya. Kemudian keahliannya diasah kuliah dan menjadi asisten fotografer di Program Kelas Pagi yang disupervisi oleh photographer Anton Ismael. Mbak Peni kemudian membuka studio fotografi sendiri dan memfokuskan diri pada fotografi komersial dan food photography. 

Workshop berlangsung seru dan para mahasiswa mengikutinya dengan antusias. Kamera handphone merupakan salah satu alat yang menyertai dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga penggunaannya menjadi hal yang penting dalam beraktifitas dan berekspresi maksimal. Salah satu ilmu baru yang diajarkan Mbak Peni adalah cara memaksimalkan HP untuk memotret produk. Untuk mahasiswa desain produk, ilmu ini sangat bermanfaat karena desainer produk harus dapat mempromosikan karyanya melalui foto yang berkualitas.

Serunya lagi ikut workshop ini, selain bisa langsung diterapkan keterampilan juga bisa ikut “Lomba Foto Produk Homyped!”, Hasil karya terbaik dari para mahasiswa yang ikutan dari seluruh Jakarta akan jadi pemenangnya.

Beberapa waktu berselang dari pelaksanaan Workshop bersama Mbak Peni, berita gembira datang! Pemenang Lomba Fotografi Homyped dimenangkan oleh Annisa Islami, mahasiswa Program Studi Desain Produk Universitas Paramadina. Selamat ya Ica!

Video liputan tentang Workshop ini bisa dilihat di kanal Youtubenya Desain Produk Paramadina,
https://www.youtube.com/channel/UC-05cE1SVPK3tmIvflZapLw
Jangan lupa subscribe ya!(16 Oktober 2018)

Jakarta, 1 Desember 2018
Jakarta sebagai Ibukota Negara, kota Metropolitan serta pusat pemerintahan memiliki keragaman budaya yang dihidupkan oleh masyarakatnya yang heterogen. Keanekaragaman suku bangsa yang bermukim dan membentuk budaya di Ibukota membuat Kota Jakarta memiliki ciri berbeda dgn kota lain di Indonesia. Potensi keunikan ini menjadi inspirasi untuk penyelenggaraan Jakarta Souvenir Design Award 2018. Melalui kompetisi ini diharapkan dapat memunculkan ide-ide souvenir bercirikan Jakarta yang mengemukakan inspirasi keragaman dan tentunya dapat mendukung pariwisata Jakarta. Lomba ini dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia. Salah satu alumni Desain Produk Universitas Paramadina, Annisa Widya berhasil lolos ke babak final dan berhak mengikuti proses coaching sebanyak dua tahap oleh para dewan juri yg sudah makan asam garam dunia desain, branding dan pasar. Selain itu Icha juga mendapatkan fasilitas untuk mewujudkan idenya menjadi prototype atas dukungan Dekranasda DKI dan Jakarta Creative Hub. Seluruh karya finalis dipamerkan selama beberapa hari dan pada puncaknya diselenggarakan acara penganugerahan perhargaan oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan.

#lombadesain #desainsouvenir #mahasiswadesain #desainprodukparamadina #desainproduk #prakaryakewirausahaan #guruprakarya #karyakreatif #dekranasdadki

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed