Desain Produk Paramadina …Tampil di “IFMAC”

JIEXPO, Kemayoran, 27-30 September 2017

“Partisipasi mahasiswa pada pameran internasional”

Perancangan furniture merupakan salah satu yang menjadi penekanan pada Program Studi Desain Produk Industri (Prodi DP) universitas Paramadina. Untuk itu, partisipasi dalam “IFMAC (International Woodworking & Furniture Manufacturing Components) 2017” merupakan suatu keharusan dan sudah diikuti sejak empat tahun diselenggarakannya kegiatan ini. Dalam setiap keikutsertaannya, prodi DP dan HIMA Inprodes (Himpunan Mahasiswa desain Produk) menampilkan produk karya mahasiswa terbaru yang dihasilkan dalam perkuliahan.

Prodi DP pada kesempatan kali ini mencoba menampilkan pesan bahwa mahasiswa sebagai calon desainer harus mengerti dan paham mengenai proses kerja yang diterapkan dalam industri manufaktur. Desainer produk harus mampu membuat rekayasa produk yang akan diproduksi secara massal khususnya oleh industri besar dengan mesin produksi berteknologi canggih. Untuk itu, mahasiswa tidak boleh melewatkan kesempatan menghadiri kegiatan ini dan melihat langsung bagaimana mesin-mesin produksi tersebut bekerja. Salah satu alat yang menyita perhatian dalam pameran ini adalah mesin CNC ukir untuk kayu. Mesin ini mampu mengukir kayu dengan baik dan kualitasnya sama dengan buatan tangan-tangan terampil para pengrajin.

Pada pameran kali ini, Prodi DP menampilakan kursi kantor yang dirancang oleh : mahasiswa dan kerjasama mahasiswa dan dosen. Hal yang membanggakan adalah produk ini merupakan hasil kerjasama dengan industri dan telah di daftarkan Hak Kekayaan Intelektualnya (HKI). Karya tersebut adalah karya bersama mahasiswa dan dosen yaitu: karya Ibu Hendriana W, M.Sn dan Bpk Noel F Ardian M.Sn serta mahasiswa Ghina Fajar S. Universitas Paramadina adalah satu-satunya peserta dari perguruan tinggi yang memiliki produk hasil kerjasama yang didukung oleh industri. Hal ini adalah bukti kepercayaan pihak industri akan hasil kerja para mahasiswa dan dosen prodi dalam mengasah dan menerapkan keilmuan desain. Hal ini merupakan pernyataan pula bahwa kualitas mahasiswa kita cukup baik dan dipercaya.

Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk dan Inprodes Paramadina, jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen dan staf atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) atas segala dukungannya dan telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertaraf internasional ini. (DP/September 2017)

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed