25 Oktober 2018, 09.00 – 15.00 WIB

Pada tanggal 25 Oktober 2018, bertempat di Museum Basoeki Abdullah jl. Keuangan Raya, Cilandak, diadakan kegiatan melukis bersama di dalam acara Spirit Potret Grebek Museum Basoeki Abdullah. Kegiatan acara dimulai pada pukul 09.00, dengan sambutan dari Deputi Gubernur Bidang Pariwisata, dilanjutkan dengan simbolis pemberian peralatan lukis bagi para peserta. Himpunan Mahasiswa DKV Paramadina termasuk sebagai peserta melukis bersama di acara ini, diwakilkan oleh 9 orang mahasiswa dan dosen yang membimbing.

Acara ini dilaksanakan di sepanjang jl. Keuangan Raya, diikuti oleh berbagai komunitas seni dan lembaga pendidikan yang berada di Jakarta. Stand-stand diisi penuh oleh partisipan yang mulai melukis sejak pukul 10.00 pagi. Booth stand lukis Paramadina sendiri berada bersebelahan dengan booth dari Akademi Samali. Peserta kami terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi DKV angkatan 2018 dan angkatan 2014. Partisipasi dalam kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara DKV Universitas Paramadina dengan Museum Basoeki Abdullah.

Tema lukisan yang dipilih oleh HIMA DKV Paramadina adalah potret pendidikan Indonesia, dengan tokoh yang diangkat dalam lukisan yaitu Roehana Koeddoes. Beliau adalah tokoh pendidikan dan jurnalis wanita pertama yang berasal dari tanah Minang. Medium lukis di atas kanvas putih yang berukuran ± 2 x 1 meter, menggunakan cat akrillik yang disediakan oleh pihak museum. Acara selesai sekitar pukul 15.00 sore, setiap peserta mendapatkan merchandise dan sertifikat dari pihak panitia acara Spirit Potret Gerebek Museum.

2 Oktober 2018, 10.00 – 12.00 WIB, Aula Nurcholish Madjid

Pada tanggal 2 Oktober 2018, bertempat di Aula Nurcholish Madjid Universitas Paramadina, diadakan Kuliah Umum Visual Communication and Branding of Asian Games 2018 yang dibawakan oleh Elwin Mok. Elwin sendiri merupakan seorang desainer komunikasi visual yang bergerak di bidang advertising. Pada tahun 2015, beliau dipercaya untuk merubah visual logo Asian Games dan membranding event tersebut secara keseluruhan, termasuk menangani promosi sampai activation dari identitas visual logo tersebut. Kemudian, beliau dipilih sebagai communication director dari tim desain dan branding event olah raga ini. Setelah melalui berbagai proses, pada akhirnya ditentukan tagline ‘Energy of Asia’ sebagai tema Asian Games 2018. Lalu melalui sayembara, terpilihlah desain logo rancangan Jefferson Edri dari Feat Studio, yang merupakan simbolisasi pencaran energi dan terinspirasi dari bentuk Gelora Bung Karno jika dilihat tampak atas.

 

Dengan budget minim, Elwin memilih menggunakan 3 platform media promosi Asian Games 2018. Yaitu media elektronik, media cetak, dan media digital. Dalam media TV, dibuat 3 buah iklan yang ditayangkan sepanjang tahun 2017 sampai 2018. Pada media cetak, dibuat iklan majalah dan iklan media outdoor berupa identitas visual pada beberapa fasilitas umum, seperti trasportasi publik. Di media digital online, selain menggunakan website, Elwin Mok juga menggunakan jasa para Youtuber lokal dan internasional untuk meraih perhatian generasi muda, dengan postingan karya mereka masing-masing di Youtube sebagai buzzer digital. Kerjasama dengan berbagai perusahaan sosial media juga gencar dilakukan, seperti Facebook filter, penggunaan maskot Asian Games 2018 di emoji Twitter, Tik Tok dengan augmented realitynya, aplikasi Waze, dsb.

Tim creative center yang Elwin Mok bawahi, bertanggung jawab untuk mengaplikasikan branding Asian Games di sarana seperti peralatan olahraga, invitation card, venue branding, dsb. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan ketertarikan dan awareness berbagai golongan masyarakat pada event ini dengan activation semisal tagar #SENAMDULS di platform Youtube. Selain itu dibuat pula promo berupa video musik, bekerjasama dengan berbagai artis ternama. Seperti Ariel Noah, Slank, Via Vallen, dsb. Khusus untuk lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen, dibuat dalam berbagai versi bahasa (Arab, Mandarin, Thailand, India, Korea) oleh berbagai artis internasional untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Sebagai implementasi dari Praktika Mata Kuliah Typografi Aplikasi, yang diampu oleh Drs. Agoes Joesoef, Kamis, 20 September 2018, dilaksanakan Kunjungan Studi untuk melakukan Riset dan dialog dengan pihak Teater Koma, Grup teater besar pimpinan Nano dan Ratna Rintiarno, yang pada November 2018 akan melakukan pementasan Mahabrata. Prodi DKV memfasilitasi kegiatan perkuliahan agar mahasiswa mendapat pengalaman langsung, dengan berinteraksi, melakukan pengamatan, serta berdialog dengan kru dan pimpinan projek terkait. Diharapkan mahasiswa mendapatkan banyak masukan dan gagasan dalam melakukan proses kreatif dalam Mata Kuliah berkait. Wujud dalam kunjungan ini akan direaisasikan dalam sejumlah projek desain, dimulai dari poster, buku, dan media publikasi lainnya.

                       

                       

         

Pada tanggal 25 September 2018, Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina, melakukan kunjungan studi (Company Visit) ke studio Metro TV yang beralamat di Jl. Pilar Mas Raya, Kedoya, Jakarta Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan proses produksi media massa digital dan broadcasting yang ada di Metro TV.

 Peserta kunjungan studi yang berjumlah kurang lebih 37 mahasiswa, didampingi oleh 4 dosen sebagai penanggungjawab dan pelaksana acara. Rombongan DKV Paramadina diterima pihak Metro TV dan memulai dengan tour keliling studio pada pukul 10.00 WIB. Para mahasiswa diajak melihat studio terbesar yang dimiliki oleh Metro TV, yang biasa digunakan salahsatunya untuk acara Kick Andy. Setelah menjelaskan tentang properti yang digunakan dalam proses shooting, mahasiswa diperkenalkan pula dengan proses produksi, editing, dan broadcasting.


Mahasiswa juga diajak berkunjung ke ruang kerja redaksi, tempat para jurnalis menulis dan mengawasi berita yang beredar di channel TV lain. Rombongan DKV Paramadina lalu dibawa ke divisi media cetak Media Indonesia dan melihat mesin cetak yang digunakan. Kunjungan ini dilanjutkan dengan pemberian materi dan tanya jawab oleh Henny Puspitasari yang merupakan PR dari Metro TV. Setelah itu kunjungan diakhiri dengan sesi pemberian souvenir kenang-kenangan dari DKV Paramadina pada Metro TV dan foto bersama para dosen dan mahasiswa.

 

Popcon Asia merupakan acara bertemakan Pop-kultur yang diselenggarakan oleh Popcon. Inc. Acara ini didedikasikan untuk membangun kesadaran  dan apresiasi terhadap kreatifitas dan seni popular. Dengan diadakannya acara ini, berbagai kalangan, yaitu pembuat konten (artis) dari berbagai aspek pop-kultur, kurator, dan penggemar dapat dipertemukan.


                                 
Popcon Asia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Sepertiacara pop-kultur lainnya, acarayang bertaraf internasional ini diselenggarakan secara rutin setiap setahun sekali. Popcon Asia 2017 diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 Agustus 2017 bertempat di Hall B, Jakarta Convention Center, Senayan. Beberapa negara yang ikut berpartisipasiadalah Singapura, Perancis, Thailand, Malaysia, Australia, Jepang, Korea Selatan dan Filipina. Meskipun banyak kreator mancanegara yang hadir namun Popcon Asia fokus mengangkat budaya pop-kultur lokal. Pop-kultur meliputi film, animasi, games, komik, toys, ilustrasi dan costume-play (cosplay).


                                     
Pada tahun ini HIMA DKV PARAMADINA berkesempatan untuk turut berpartisipasi sebagai salah satu eksibitor POPCON ASIA 2018. Tidak hanya menjual karya hasil mahasiswa, HIMA DKV juga memamerkan karya-karya bertemakan kearifan lokal dan juga hologram. Ketua Pelaksana pada acara ini adalah Mulia Kurniasih, dibawah Kord Ketua Hima Rupakapala I Nyoman Nadi Prawiro.

                                

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed