Dalam rangka mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat Hibah Dikti Tahun 2018, dosen Paramadina, Ayoeningsih Dyah dan Tasri Jatnika, melakukan presentasi dalam International Conference on Fatwa, yang diselenggarakan di Hotel Santika -Taman Mini Jakarta, 20-22 Juli 2018.
Makalah yang dipaparkan berjudul “THE DEVELOPMENT OF CALIGRAPHY LEARNING MODEL WITH LOCAL NATIONAL LOCAL CHARACTERISTICS AS EDUCATION OF PEACE AND COMMUNITY IN INDONESIA'S GENERATION”. Acara ini resmi dibuka oleh Gubernur DKI, Anis Baswedan di pendopo Balaikota yang dihadiri seluruh peserta dari berbagai negara Asia dan Eropa.

Pameran "Narasi Mitos & Legenda", diselenggarakan di Museum Basoeki Abdullah Jakarta tanggal 27 Juli sampai dengan 10 Agustus 2018, dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan. Pameran bersama ini melibatkan pengajar seni rupa dan desain perempuan  di sejumlah perguruan tinggi dan sekolah menengah di seluruh Indonesia.  Dua  orang dosen DKV Universitas Paramadina yang menjadi peserta yaitu : Gilang Cempaka dan Ayoeningsih Dyah, yang memiliki latar belakang seni rupa.
Tema yang diusung  pameran ini merepresentasikan ulang tema karya Seniman maestro Basoeki Abdullah (Alm), yang banyak melukiskan mitos dan legenda dari Indonesia, diantaranya Jaka Tarub, Nyi Roro Kidul, Jaka Tingkir, Lutung Kasarung, dan Legenda Barong Bali. Para peserta pameran dibebaskan untuk menghadirkan tema-tema mitos tersebut sesuai dengan konsep dan karakter visual masing-masing. Media yang dipakai adalah memakai batik, yang dilukis dengan lilin dingin gutta tamarid (biji asam) dan cat pigmen kain.  Selain pameran, juga akan diselenggarakan workshop batik dengan media gutta tamarid pada tanggal 10 Agustus 2018 di Museum Basoeki Abdullah.

                                                                                     

                                                                   

                                                                  

                                                                 

                                                                 

                                                                 

 

 

Tugas membuat sosial Mapping Untuk Program CSR dari PT Kinerja Maju Sejahtera dengan Universitas Paramadina Jakarta mengarahkan pada analisis potensi pengembangan yang bisa dilakukan di wilayah Kecamatan Pasir Sakti Desa Mekarsari Lampung Timur yang bidang amatannya berupa lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. Sosial mapping ini memberikan gambaran umum wilayah, potensi permasalahan dan isu-isu yang ada berupa security mapping yang bisa menjadi potensi sebagai dasar pengembangan Program CSR PT Kinerja Maju Sejahtera.

 

 

 

Mahasiswa DKV Universitas Paramadina menjadi bagian dari panitia pameran "Narasi Mitos & Legenda", yang diselenggarakan di Museum Basoeki Abdullah Jakarta tanggal 27 Juli sampai dengan 10 Agustus 2018.  Pameran ini melibatkan peserta dosen dari beberapa universitas dan guru dari sekolah menengah di Indonesia. Dua orang dosen DKV Universitas Paramadina yang ikut serta berpameran yaitu : Gilang Cempaka dan Ayoeningsih Dyah.  Mahasiwa DKV dibawah kordinasi HIMA Rupakapala DKV membantu dalam pendisplayan karya dan membuat sample batik.  Pameran ini bukan pameran biasa, wacana yang diusung ialah merepresentasikan ulang tema karya Seniman maestro Basoeki Abdullah (Alm), yang banyak melukiskan mitos dan legenda dari Indonesia.  Media yang dipakai adalah memakai batik, yang dilukis dengan lilin dingin gutta tamarid (biji asam) dan cat pigmen kain.
Kesediaan mahasiswa menjadi panitia pameran tentunya untuk menambah pengalaman dalam keterlibatan pameran, karena pembelajaran bukan hanya dari dalam kelas, namun juga dari luar kelas.

 

Pemerintah Kota Idramayu, memiliki program untuk menjadikan sebagai kota santri. Sejalan dengan hal itu pesantren Candang Pinggan sangat memungkinkan berkontribusi untuk memproduksi suvenir kota Indramayu dalam karya –karya  kaligrafi yang akan diterapkan dalam suvenir berupa Tshirt untuk anak muda. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Mei 2018

 

Konsep Kreatif dan Eksekusi Visual

Tim dosen dan mahasiswa Paramadina bersama santri dan didampingi para nara sumber, pada awalnya mengumpulkan sejumlah ciri khas Indramayu dalam bentuk visual, yang bersumber dari legenda, ragam hias, budaya, kesenian, tradisi, pertanian Indramayu, juga dalam bentuk verbal baik dalam bahasa daerah,  maupun peribahasa Arab. Keduanya divisualkan sehingga menjadi sejumlah figure yang diisi dengan kaligrafi yang berisi kalimat-kalimat khas daerah Indramayu juga peribahasa Arab.

Untuk memasuki bagian cetak gambar lewat screen printing,  desain harus melalui digitalisasi terlebih dahulu, melalui  software tententu, termasuk didalamnya proses pemisahan warna.

 

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed