Kegiatan Pembekalan Relawan Psikologi

Pada tanggal 27-28 November 2019 telah dilakukan pembekalan kepada calon Relawan Psikologi (RELASI). Relawan Psikologi (RELASI) merupakan salah satu program yang mulai dibangun pada tahun 2019 dengan tujuan agar mampu terlibat lebih jauh dalam pendampingan khususnya terkait dengan permasalahan kebencanaan baik yang bersifat alam, non alam maupun sosial. Keberadaan pendampingan secara psikologis merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa terelakan ketika berkaitan dengan permasalahan bencana. Para calon relawan ini terdiri dari mahasiswa program studi psikologi lintas angkatan yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk menjadi relawan. Dalam hasil pendaftaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya, sebanyak 17 mahasiswa mendaftarkan diri untuk mengikuti program Relawan Psikologi (RELASI). Dalam prosesnya, para mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri menjadi relawan harus mengikuti tahapan-tahapan yang sudah disiapkan oleh program studi. Tahapan-tahapan ini juga diarahkan sebagai bentuk seleksi terhadap para calon relawan. Seleksi terhadap calon relawan ini sangat penting mengingat bahwa untuk menurunkan para relawan ini di lapangan secara langsung membutuhkan sosok yang tangguh secara mental dan fisik. Untuk itu tahapan yang telah diprogramkan untuk melakukan seleksi sekaligus memperkuat kompetensi para relawan yaitu pembekalan relawan, keterlibatan relawan dalam program Komunitas Katalogue, Pembuatan program Relawan Psikologi (RELASI) tahun 2020.

Pada tahapan pertama, program pembekalan relawan sudah dilaksanakan pada tanggal 27-28 November 2019. Dalam kegiatan selama dua hari ini, para calon relawan diberikan 4 materi. Pada hari pertama, para calon relawan diberikan materi terkait dengan sesi sharing kegiatan komunitas Katalogue dan penguatan karakter seorang relawan serta materi berupa penurunan risiko bencana. Untuk materi terkait sharing kegiatan komunitas Katalogue dan penguatan karakter seorang relawan dibawakan oleh pihak komunitas Katalogue yang diwakili oleh Ellis Yulia, M.Psi, Psikolog dan Winahya Adi Putra, S.Sos. Dalam paparannya, kedua narasumber memberikan gambaran mengenai filosofi komunitas Katalogue, sejarah terbentuknya komunitas hingga kegiatan yang sudah dilaksanakan yang berorientasi pada pendampingan kepada anak-anak yang masuk dalam kelompok marginal maupun pra sejahtera. Jenis kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh komunitas ini yaitu Katalogue Family Day yang berupa kegiatan edukasi menyenangkan bersama orangtua dan anak, Katalogue outing class yang berupa tamasya sambil belajar di luar kelas bersama anak-anak pra sejahtera, Katalogue Ramadhan yang berupa kegiatan berbagi takjil dan edukasi bertema rohani di bulan Ramadhan, serta Katalogue Semangat Nusantara yang berupa kegiatan merajut semangat nusantara ke pelosok wilayah negeri untuk berbagi. Selain sharing informasi tersebut, kedua narasumber juga sharing pengalaman dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan mulai dari pengalaman yang menyenangkan hingga tantangan-tantangan yang harus dihadapi ketika di lapangan sehingga membentuk karakter relawan yang seperti sekarang ini.

Setelah materi sharing dari komunitas Katalogue, materi pembekalan dilanjutkan oleh Dr. Tatok Djoko Sudiarto yang berupa penurunan risiko bencana. Narasumber merupakan Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Paramadina sekaligus Staff Ahli yang seringkali terlibat dalam kegiatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat. Dalam paparannya, narasumber memfokuskan pada berbagai hal yang terkait dengan kebencanaan baik regulasi, pemahaman terkait bencana, manajemen bencana, hingga sharing pengalaman lapangan di wilayah bencana. Dalam pembekalan ini, narasumber juga memfokuskan pada pembahasan peran psikologi dalam manajemen bencana khususnya dalam area pra bencana. Menurut narasumber, penguatan kapasitas individu, kelompok maupun masyarakat pada tahap pra bencana setidaknya akan menjadikan individu maupun masyarakat menjadi tangguh dan memiliki kesiapan yang lebih dalam menghadapi bencana. Ketika kapasitas tersebut dapat ditingkatkan pada tahap pra bencana maka permasalahan yang dapat timbul ketika tahap pasca bencana dapat diminimalisir.

Pada hari kedua pembekalan yaitu pada tanggal 28 November 2019, para calon relawan diberikan dua materi yaitu Observasi, Wawancara dan Psychological First Aid Di Kebencanaan yang dibawakan oleh dosen program studi psikologi Universitas Paramadina yaitu Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog serta Participatory Action Research Sebagai Bentuk Intervensi Kepada Masyarakat yang dibawakan oleh  Handrix Chris Haryanto, M.A. Dalam materi pertama terkait dengan Observasi, Wawancara dan Psychological First Aid, narasumber memberikan materi-materi dasar terkait observasi, wawancara serta psychological first aid yang dikaitkan secara langsung dalam konteks kebencanaan. Selain hal tersebut, narasumber juga melakukan praktik secara langsung dengan pendekatan roleplay terkait dengan teknik observasi dan wawancara yang bisa digunakan untuk bekal menjadi seorang relawan di lapangan nantinya. Untuk materi Participatory Action Research Sebagai Bentuk Intervensi Kepada Masyarakat sendiri difokuskan kepada pentingnya penggunaan intervensi berbasis riset dan melibatkan masyarakat untuk menjadi agen dalam intervensi tersebut. Para peserta dalam hal ini diberikan pemahaman mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan yang dimulai dari membangun diagnosis maupun permasalahan, pelaksanaan participatory poverty asessment, rencana intervensi, pelaksanaan intervensi, evaluasi kegiatan, asesmen akhir, hingga rencana aksi komunitas. Pendekatan Participatory Action Research ini dianggap mampu membangun sebuah intervensi yang bersifat komprehensif dengan melihat pemberdayaan masyarakat dari segala aspek baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya serta menjadikan masyarakat itu sebagai agen dari penggerak intervensi yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi masyarakat sendiri.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed