Field Study di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3

Populasi lanjut usia (lansia) cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan kualitas hidup manusia di Indonesia. Mengutip hasil Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2018 bahwa penduduk lanjut usia di Indonesia mencapai 24,49 juta jiwa (https://kemsos.go.id/perkuat-layanan-untuk-lansia-mensos-paparkan-4-langkah-penting, diakses 7 November 2019). Selama ini pemerintah melalui Kemensos telah memiliki peranan signifikan dalam membantu para lansia ini. Dalam pelayanan terhadap lansia, Kemensos senantiasa melibatkan masyarakat, yakni Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) termasuk Lantip. Selain itu, program rehabilitasi untuk lansia dilakukan balai Kemensos dengan memperkuat kapasitas panti-panti di milik pemerintah daerah. Layanan juga dilakukan di luar panti dengan family support dan day care.

Dalam hal ini, individu usia lanjut memiliki karakteristik khasnya sendiri. Pengertian usia lanjut secara tepat memang sulit untuk ditetapkan secara persis satu sama lain. Di Jerman, pada tahun 1883 ditetapkan 65 tahun sebagai masa usia lanjut, seperti halnya di Amerika Serikat yang menurut Undang-undang Jaminan Sosial, seseorang dikatakan berusia lanjut bila telah mencapai usia 65 tahun ke atas. Menurut World Health Organisation (WHO), lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas. Lansia merupakan kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya. Kelompok yang dikategorikan lansia ini akan terjadi suatu proses yang disebut Aging Process atau proses penuaan. 

Departemen Kesehatan RI (2006)  membuat pengelompokkan lansia menjadi :
a.    Virilitas (prasenium) yaitu masa persiapan usia lanjut yang menampakkan kematangan jiwa (usia  55-59 tahun)
b.    Usia lanjut dini (senescen) yaitu kelompok yang mulai memasuki masa usia lanjut dini (usia 60-64 tahun)
c.    Lansia berisiko tinggi untuk menderita berbagai penyakit degeneratif (usia >65 tahun)

Proses penuaan adalah siklus kehidupan yang ditandai dengan tahapan-tahapan menurunnya berbagai fungsi organ tubuh, yang ditandai dengan semakin rentannya tubuh terhadap berbagai serangan penyakit yang dapat menyebabkan kematian misalnya pada sistem kardiovaskuler dan pembuluh darah, pernafasan, pencernaan, endokrin dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan seiring meningkatnya usia sehingga terjadi perubahan dalam struktur dan fungsi sel, jaringan, serta sistem organ. Perubahan tersebut pada umumnya mengaruh pada kemunduran kesehatan fisik dan psikis yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi dan sosial lansia. Sehingga secara umum akan berpengaruh pada activity of daily living (Fatmah, 2010). 

Psikologi perkembangan memiliki banyak sekali manfaat yang memang perlu kita ketahui, apalagi untuk para mahasiswa psikologi yang akan berkecimpung dengan pekerjaan yang melibatkan berbagai karakteristik individu. Apabila kita artikan secara umum, psikologi perkembangan merupakan salah satu cabang dalam ilmu psikologi yang di dalamnya lebih banyak membahas mengenai perilaku seseorang dan juga emosional makhluknya. Hal ini juga terjadi mulai dari manusia dilahirkan sampai dengan mati. Sehingga memang tidak mengherankan apabila setiap manusia yang ada juga memiliki respon yang berbeda- beda saat dilakukan perlakukan sama. Pada saat ini, mahasiswa akan dikenalkan dengan individu lanjut usia secara langsung melalui “field study” ke sebuah panti yang terletak di Jakarta sehingga diharapkan mereka dapat mempelajari banyak mengenai individu lanjut usia juga diharapkan kita mampu lebih paham mengenai diri mereka sendiri kelak ketika berada dalam usia tersebut sehingga bisa mengembangkan dan melakukan pembinaan dalam kehidupan yang lebih positif, menunjukan empati dan meningkatkan pengetahuan terkait individu usia lanjut. Kegiatan field study ke panti sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 ini sendiri telah dilaksanakan pada hari senin, 2 Desember 2019 yang langsung di supervisi oleh dosen program studi psikologi yaitu ibu Tia Rahmania, M.Psi, Psikolog.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed